Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi
Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII


Workshop Penulisan Spesifikasi Paten Dari Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VII

03 December, 2021

LLDIKTI Wilayah VII menyelenggarakan kegiatan Workshop Penulisan Paten dari Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VII Angkatan I pada hari rabu 1 Desember 2021 di Universitas Merdeka Malang yang diikuti oleh 60 orang peserta secara luring. Kegiatan ini merupakan upaya untuk memotivasi dosen di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VII dalam mengembangkan hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang merupakan implementasi dari Tridharma Perguruan Tinggi.
Kepala LLDIKTI Wilayah VII Prof Dr Ir Suprapto DEA pada sambutannya
menjelaskan bahwa kegiatan ini dapat menambah pengetahuan peserta terkait Paten mulai dari struktur hingga teknis untuk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan karya atau invensi dosen di Perguruan Tinggi.
Materi pertama oleh Ir Muhammad Zainudin M Eng dari Direktorat Paten, Disain Tata Letak Sirkuit Terpadu dan Rahasia Dagang, Ditjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham dan Hak Aasasi Manusia RI yang menjelasakan dasar Drafting Spesifikasi Paten tertuang dalam Undang-Undang Dasar Nomor 13 Tahun 2016 yaitu hak yang diberikan kepada inventor, paten adalah invensi terhadap bidang teknologi, tidak ada paten yang bertahan lama dan paten dapat di berikan kepada pihak lain. Poin kedua terkait pengajuan Spesikasi Paten di mana Paten diajukan dengan membuat permohonan secara tertulis kemudian permohonan tersebut diperiksa sesuai persyaratan yang sudah di tetapkan.
Materi kedua oleh Moh. Fahrial Amrullah SH MH dari Universitas Merdeka Malang yaitu Spesifikasi Paten Berbasis Laporan Penelitian, yang dapat disimpulkan bahwa tujuan Penulisan Spesifikasi adalah untuk mengungkapkan invensi secara tertulis dan untuk melindungi invensi.