Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi
Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII


Pendampingan Penyusunan Instrumen Akreditasi Program Studi Angkatan IV Bagi Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VII

29 November, 2021

Senin (29/11/21) Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII mengadakan kegiatan Pendampingan Penyusunan Instrumen Akreditasi Program Studi Angkatan IV Bagi Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VII bertempat di Hotel Neo + Sidoarjo. Peserta berjumlah 70 orang yang terdiri dari 35 PTS, mereka adalah pengelola dan penyusun instrumen akreditasi di perguruan tinggi masing-masing. Pendampingan ini diharapkan mampu memberikan pemahaman yang lebih detil tentang penyusunan instrumen akreditasi program studi kepada pimpinan perguruan tinggi.
Sekretaris LLDIKTI Wilayah VII, Dr Widyo Winarso, M Pd dalam paparannya memberikan himbauan kepada PTS sebelum satu atau dua tahun menjelang berakhirnya akreditasi program studi segera mengajukan reakreditasi agar tidak mengalami kendala yang mengakibatkan masa berlaku akreditasinya kadaluarsa. Berdasarkan data yang dimiliki oleh LLDIKTI Wilayah VII tahun 2021 yang terakreditasi dengan instrumen 9 kriteria, terdapat 18 program studi terakreditasi unggul, 64 program studi terakreditasi baik sekali, dan 165 program studi terakreditasi baik.
Sebagai Narasumber antara lain adalah Dr Amelia Santoso, MT dari Universitas Surabaya, Dr. Ainur Rofieq, M Kes, dari Universitas Muhammadiyah Malang dan Dr Nur Fadjrih Asyik, S E M Si Ak CA. dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surabaya (STIESIA). Narasumber kegiatan pendampingan ini merupakan asesor BAN-PT yang sudah memiliki pengalaman melakukan penilaian instrument akreditasi program studi, sehingga diharapkan peserta mendapatkan pemahaman secara komprehensif terhadap instrument tersebut.