Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi
Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII


Pembinaan Mahasiswa KIP Kuliah On Going Perguruan Tinggi di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VII Angkatan I

29 November, 2021

Sidoarjo-Dalam rangka meningkatkan prestasi Mahasiswa penerima KIP Kuliah (KIP-K) On Going, LLDIKTI Wilayah VII menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Mahasiswa KIP Kuliah On Going Perguruan Tinggi di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VII Angkatan I pada hari Jumat 26 November 2021 di Hotel Premier Place secara Luring yang di ikuti oleh 100 orang peserta dari 50 perguruan tinggi di Jawa Timur.
Sekretaris Lembaga LLDIKTI Wilayah VII Dr Widyo Winarso, M Pd menyatakan ada tiga point kompetensi utama yang di perlukan oleh mahasiswa dan para lulusan di perguruan tinggi untuk menyongsong dunia kerja yaitu penguatan literasi, karena melalui literasi mahasiswa dapat mengeksplor apa yang ada didalam dirinya. Kedua adalah kreatifitas yang dapat menghasilkan sebuah karya, dan poin ketiga selain prestasi akademik mahasiswa harus mampu menunjukkan prestasi yang dipublikasikan kedalam artikel ilmiah, jurnal maupun media massa.
Selanjutnya terkait pada pembiayaan KIP-K yang difokuskan untuk pembiayaan SPP mahasiswa, kini penerimaan besaran jumlah yang diperoleh oleh mahasiswa dilihat berdasarkan dari Akreditasi Program Studinya dan yang kedua saat ini pada KIP-K biaya hidup mahasiswa dilihat pada indeks kemahalan suatu daerah, sehingga bagi mahasiswa penerima KIP-K akan mendapatkan nominal yang berbeda sesuai dengan daerah masing-masing. Harapan Dr Widyo Winarso, M Pd agar hasil yang di dapat dari KIP-K yaitu untuk pembiayaan biaya hidup agar kelola dengan baik oleh mahasiswa.
Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemaparan oleh Tim Narasumber yaitu Dr Rimbawan dari Institut Pertanian Bogor, Ir Henik Sukorini, M Pd Ph d dari Universitas Muhammadiyah Malang dan Dra Wiwin Purnomowati, M Si dari Universitas Widya Gama Malang. Diharapkan nantinya mahasiswa penerima KIP-K ini menjadi Mahasiswa berprestasi (Unggul Berkarakter), serta mampu mengembangkan kreatifitas dan memacu jiwa kewirausahaan mahasiswa yang memiliki dampak bagi masyarakat.