Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi
Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII


Monitoring dan Evaluasi Administrasi Pelasanaan Hibah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dan Penyelesaian Amandemen Kontrak Penelitian TA 2021

23 September, 2021-G-

Yth. Pemimpin Perguruan Tinggi
di lingkungan LLDikti Wilayah VII


Dalam rangka menindaklanjuti surat Plt. Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan Badan Riset dan Inovasi Nasional nomor: B/40/B.B3/RA.00/2021 tanggal 14 Juni 2021 perihal pemberitahuan pemindahan Program BOPTN Penelitian ke Kemendikbudristek; dan surat Direktur Sumber Daya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kemendikbudristek nomor: 3153/E4/KD.00/2021 tanggal 10 September 2021 perihal Kewajiban Unggah Catatan Harian, Laporan Kemajuan dan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja (SPTB), maka Lembaga Layanan Pendidikan Wilayah VII akan melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Administrasi Pelasanaan Hibah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dan Penyelesaian Amandemen Kontrak Penelitian Tahun Anggaran 2021.
Kegiatan akan dilaksanakan dalam 5 wilayah (daftar nama Perguruan Tinggi dan jadwal terlampir) dengan agenda sebagai berikut:

I. Penyelesaian amandemen kontrak Penelitan TA 2021.
Dokumen/draft amandemen kontrak penelitian dapat diakses melalui tautan http://bit.ly/adendumL7, dan mohon Saudara segera menandatangani amandemen kontrak Penelitian dengan tahapan sebagai berikut:

1. Memeriksa kesesuaian data amandemen kontrak yang diberikan Perguruan Tinggi ke LLDikti;
2. Mencetak berkas amandemen kontrak menggunakan kertas A4 80 gram;
3. Pemimpin Perguruan Tinggi menandatangani dan cap/stempel pada berkas amandemen kontrak penelitian (mohon dipastikan semua berkas lengkap tertandatangani dengan stempel Perguruan Tinggi);
4. Tanda tangan pada bagian bermeterai, wajib menggunakan meterai dengan nilai Rp. 10.000,- (sepuluh ribu rupiah);
5. Amandemen kontrak yang telah ditandatangani, diserahkan kembali untuk divalidasi kelengkapannya oleh Tim LLDikti (sesuai jadwal terlampir).

II. Monitoring unggah dokumen penelitian TA 2021
Monitoring unggah dokumen sebagai kewajiban peneliti dengan menunjukkan bukti unggah dokumen pada laman Simlitabmas melalui login operator dan/atau login dosen Perguruan Tinggi (mohon membawa laptop). Adapun dokumen yang akan di verifikasi sebagai berikut:
1. Laporan kemajuan
2. SPTB
3. Catatan harian
III. Fasilitasi pengembalian dana Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang tidak digunakan/dibatalkan ke kas negara
IV. Konsultasi kendala administratif Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
V. Verifikasi bukti pencairan dana penelitian dari Perguruan Tinggi ke peneliti untuk skema:
a. Penelitian Tahun Tunggal Penelitian Dasar dan Pembinan Kapasitas TA 2021
b. Penelitian Tahun Tunggal Penelitian Terapan dan Pembinan Kapasitas TA 2021
c. Penelitian Tahun Jamak Penelitian Dasar dan Pembinan Kapasitas TA 2021
d. Penelitian Tahun Jamak Penelitian Terapan dan Pembinan Kapasitas TA 2021
VI. Pengembalian kontrak Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat TA 2021 (kontrak sebelum amandemen).

Sehubungan dengan hal itu, mohon Saudara menugaskan Ketua LPPM pada kegiatan tersebut. Akomodasi dan transportasi ditanggung oleh Perguruan Tinggi masing-masing. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sub Koordinasi Akademik dan Risbang LLDIKTI Wilayah VII telp. (031) 5925418, 5925419, 5947473 ekstensi 121 pada jam dan hari kerja.

Atas perhatian dan kerja sama yang baik, kami mengucapkan terima kasih.