Detail Jurnal


Judul : Strategi Bioklimatik pada Rumah Sederhana Sehat di Lingkungan Permukiman Padat. (Bioclimatic Strategy on Healthy Affordable House in High Density Neighbor - hood Environment)
Pengarang : Failasuf Herman Hendra
Abstraksi : Rumah sederhana sehat yang nyaman, terjangkau dan ramah lingkungan merupakan rumah idaman bagi setiap orang, tidak terkecuali dengan masyarakat perkotaan yang tinggal di lingkungan permukiman padat. Penelitian ini merupakan studi kasus lapangan dengan purposive sampling dari populasi rumah sederhana di permukiman padat dimana penghuni mempunyai kreativitas dalam merespons iklim lingkungan tempat tinggalnya guna mendapatkan kenyamanan dengan menggunakan pendekatan bioklimatik. Strategi bioklimatik juga memberikan arahan dalam konfigurasi elemental bangunan secara efisien yang memungkinkan embodied energy konstruksi rendah sehingga proses membangun relatif terjangkau. Aplikasi strategi bioklimatik menghasilkan alternatif model arsitektur rumah sederhana sehat dengan konfigurasi attic atap besar serta ruang dalam yang berjenjang secara vertikal. Disamping itu, rancangan bangunan ramah lingkungan, struktur -konstruksi ringan dan selubung bangunan penuh rongga memungkinkan respirasi berjalan lancar. Pada akhirnya performa termal bangunan yang baik menjadikan rumah sehat.
Download File   Failasuf Herman Hendra

Judul : Regenerasi dan Respons Gerak Planaria. (Regeneration and Movement Respons of Planarian)
Pengarang : Susintowati
Abstraksi : Planaria mampu melakukan regenerasi dan mempunyai respons gerak yang sangat unik. Planaria umum digunakan sebagai model analisis regenerasi sel-sel hewan lainnya khususnya untuk analisis regenerasi sel-sel mesenkimal. Penting untuk diketahui kemampuan planaria menutup jaringan luka hingga terbentuknya blastema, dan mengetahui kecepatan regenerasi setelah amputasi berdasar perbedaan daerah luka. Selain itu juga mengetahui respons gerak planaria terutama fototaksis, kemotaksis, dan rheotaksis. Regenerasi daerah anterior (kepala) lebih mudah/cepat dibandingkan daerah posterior (cauda). Respons gerak planaria terpengaruh oleh circadian rhytm, warna cahaya dan daerah tubuh yang terkena cahaya.
Download File   Susintowati

Judul : Optimalisasi Pemanfaatan Hasil Pemurnian Garam Krosok secara Mekanis untuk Produk Pangan. (Optimalization of Result of Salt Purification Use Mechanically for Food)
Pengarang : Wahyu Sulistyowati, Titiek Indhira A, Bagiyo Suwasono, Nodi Marefanda
Abstraksi : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik garam yang dihasilkan dengan metode mekanisasi di mini plant pemurnian garam kerjasama UHT dan Kementrian Kelautan Perikanan yang berlokasi di Paciran, Lamongan. Garam tersebut ber- merk Samudra. Hasil penelitian mendapatkan bahwa garam merk Samudra sebagai garam hasil uji coba dengan proses mekanis memiliki karakteristik yaitu kadar air 2,52%, aw 0,671, derajat putih 63,80%, NaCl 95,89%, dan kandungan logam dan unsur yang masih di bawah ambang batas SNI. Karakteristik tersebut menyamai garam konsumsi untuk banyak parameter, dan lebih baik daripada garam krosok hasil produksi tradisional. Harga garam Samudra relatif lebih rendah dari garam konsumsi hasil produksi di industri. Dengan demikian proses pemurnian yang diuji di mini plant layak untuk diterapkan di daerah lain, sehingga produksi garam dalam negri dapat ditingkatkan.
Download File   Wahyu Sulistyowati, Titiek Indhira A, Bagiyo Suwasono, Nodi Marefanda

Judul : Pengaruh Kelembapan Udara terhadap Kualitas PengecatanTangki Muat Minyak Mentah pada Kapal Tanker. (Humidity Effect on Quality Painting of Crude Oil Tank Load on Tanker Ship)
Pengarang : Nur Yanu Nugroho
Abstraksi : Kualitas hasil pengecatan di dalam tangki ruang muat (cargo tank) pada kapal tanker yang berada di atas building berth sangat dipengaruhi oleh kelembapan udara (humidity). Apabila faktor kelembapan tersebut tidak diperhatikan secara khusus selama proses pengecatan di dalam tangki muat dapat menyebabkan kurang maksimalnya hasil pengecatan, sehingga dapat menimbulkan cacat setelah selesai proses pengecatan. Tingkat kelembapan pada tangki ruang muat pada saat pengecatan dilakukan, dapat diukur dengan menggunakan alat bantu humidifier machine. Sehingga tingkat kelembapan pada waktu proses pengecatan dapat memenuhi standar untuk hasil pengecatan yang maksimal. Standar yang digunakan untuk menjaga kualitas pengecatan dapat mengacu pada Japanese Shipbuilding Quality Standards (JSQS). Kelembapan udara di dalam tangki ruang muat jika tidak diperhatikan dengan benar selama proses pengecatan, sering menimbulkan cacat setelah selesai proses pengecatan. Jenis cacat yang sering terjadi pada pengecatan akibat kelembapan udara adalah cacat jenis blushing. Dengan menjaga kelembapan udara sesuai standar, maka jenis cacat ini dapat dihindari, dan kualitas pengecatan dapat dicapai secara maksimal.
Download File   Nur Yanu Nugroho

Judul : Rancang Bangun Alat Kontrol Kelembapan dan Suhu Kumbung Jamur Tiram Berbasis Fuzzy Logic. (Design of Fuzzy Logic Based Controllers for Humidity and Temperature of Oyster Mushroom’s Growing Room)
Pengarang : Suryadhi, M. Taufiqurrahman
Abstraksi : Kelembapan dan suhu bagi kelangsungan hidup jamur tiram sangatlah tinggi. Dibutuhkan kelembapan dan suhu yang tepat agar jamur tiram tumbuh secara maksimal. Selama ini petani jamur tiram dalam upaya pengontrolan masih menggunakan cara manual dan masih menggunakan feeling, jadi pertumbuhan jamur kurang maksimal. Dengan pengontrolan secara otomatis menggunakan perangkat elektronik dengan mudah didapatkan besaran suhu dann kelembapan yang ideal untuk pertumbuhan jamur meskipun kondisi suhu dan kelembapan disekitar lingkungan berubah-ubah. Alat kontrol yang dibuat menggunakan mikrokontroller ATMega 16 dan komputer sebagai interface. Adapun sensor suhu dan kelembapan yang digunakan adalah sensor SHT-11. Mikrokontroller ATMega 16 membaca keluaran sensor suhu dan kelembapan apakah sesuai dengan suhu dan kelembapan yang diinginkan untuk pertumbuhan jamur. Kalau belum sesuai maka mikrokontroller akan mengaktifkan lampu, kipas serta pompa spray secara otomatis sampai suhu dan kelembapan yang diinginkan tercapai. Adapun metode sistem kendali yang digunakan adalah Fuzzy Logic. Proses pengendalian dengan fuzzy logic ini dilakukan oleh komputer dan mikrokontroler. Output dari sensor suhu dan kelembapan dijadikan sebagai rule base input dan hasil keputusan yang diambil akan digunakan untuk mengendalikan lampu, kipas dan pompa spray agar suhu dan kelembapan kumbung jamur tetap berada pada kondisi ideal untuk pertumbuhan jamur.
Download File   Suryadhi, M. Taufiqurrahman