Detail Jurnal


Judul : Pemodelan Kolektor Surya Plat Datar untuk Pemanas Air dengan Variasi Volume Storage
Pengarang : Sutomo, Suryono Adi Waluyo
Abstraksi : Model matematika dan software desain untuk detail model kolektor surya plat datar telah dibuat dan tervalidasi secara eksperimen untuk konsep kolektor surya plat datar yang berbeda. Peralatan desain ini bisa digunakan khususnya prototipe desain dan virtual untuk kolektor surya plat datar dalam analisis parametrik tertentu. Paper ini mempresentasikan analisis parametrik dari kolektor dan volume storage beserta modeling menggunakan software Mathlab.
Download File   Sutomo, Suryono Adi Waluyo

Judul : Simulasi Pengujian Tahanan Model Kapal
Pengarang : Pramudya Imawan Santosa
Abstraksi : Tahanan total suatu kapal ekuivalen dengan total gaya yang dibutuhkan utnuk mendorong kapal tersebut pada kecepatan tertentu. Salah satu cara untuk memprediksi tahanan kapal adalah dengan melalui uji model. Pertama, model kapal dibuat dengan menerapkan skala model terhadap kapal sebenarnya. Kemudian, model kapal yang sudah jadi ditarik dalam kolam uji (towing tank) untuk mengetahui besarnya gaya tahanan yang timbul. Di dalam tahap perencanaan, proses uji model sering dijadikan tolok ukur untuk mencari bentuk kapal yang optimum dari segi tahanan.
Download File   Pramudya Imawan Santosa

Judul : Studi Prediksi Penentuan Daya Mesin Kapal dengan Metode Pengujian Model
Pengarang : Pramudya Imawan Santosa
Abstraksi : Kemampuan tenaga penggerak atau besarnya daya untuk menggerakkan kapal sesuai dengan kecepatan yang diinginkan merupakan faktor yang penting dalam pengoperasian kapal. Untuk menyempurnakan performa dari tenaga penggerak perlu dilakukan prediksi power yang akurat pada tahap perencanaan awal. Berdasarkan analisa data yang diperoleh dari pengujian di Towing tank maka akan didapat prediksi power yang sesuai.
Download File   Pramudya Imawan Santosa

Judul : Formulasi Konsentrasi Urea dan Asam Asetat pada Pembuatan Nata dari Limbah Nanas
Pengarang : Juwita Ratna Dewi, Endang Rusdiana Sriwaningsih, Gatut Suliana
Abstraksi : Nata merupakan produk hasil fermentasi dari Acetobacter xylinum dengan media air kelapa atau sari buah. Adanya keterbatasan dari bahan baku tersebut maka perlu dilakukan pengembangan produksi nata dengan memanfaatkan limbah atau produk samping. Limbah yang berpotensi untuk diusahakan adalah limbah pengolahan buah nanas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan formulasi terbaik penambahan urea dan asam asetat dalam pembuatan nata dari limbah buah nanas (nata de pina). Penelitian ini dilakukan menggunakan rancangan acak lengkap dengan 5 faktor, A = Urea 0,18% dan Asam Asetat 6,85%; B = Urea 0,23% dan Asam Asetat 6,9%; C = Urea 0,28% dan Asam Asetat 6,95%; D = Urea 0,33% dan Asam Asetat 7,0%; E = Urea 0,38% dan Asam Asetat 7,05%. Perlakuan penambahan urea dan asam asetat dalam pembuatan nata de pina berpengaruh nyata untuk parameter kadar serat kasar dan rendemen. Hasil terbaik diperoleh pada perlakuan A = Urea 0,18% dan Asam asetat 6,85% dengan kadar serat kasar 3,19% dan rendemen 91,53%.
Download File   Juwita Ratna Dewi, Endang Rusdiana Sriwaningsih, Gatut Suliana

Judul : Implementasi Pengolah Citra untuk Navigasi Autonomous Mobile Robot
Pengarang : Suryadhi
Abstraksi : Robot yang bergerak secara otomatis dan memiliki kemampuan untuk memutuskan arah sendiri untuk dilalui, dapat dibuat dengan memberikan penglihatan kepada robot. Penglihatan robot dapat dibuat dengan menyediakan kamera. Arah yang akan dilalui oleh robot dilakukan dengan mengolah gambar yang diambil dengan kamera menggunakan gambar digital. Gambar yang diproses adalah gambar yang memiliki pola tertentu yang telah diberi makna tertentu dalam program sebagai arah. Gambar yang diambil oleh kamera robot secara berkala dikirim ke komputer melalui media nirkabel untuk diproses. Setelah pengolahan citra dilakukan pada hasil komputer akan dikirim ke robot menggunakan nirkabel media. Data dari proses ini komputer akan diproses oleh mikrokontroler dalam robot untuk bergerak maju atau belok kiri atau belok kanan.
Download File   Suryadhi

Judul : Kekuatan Bending Material Laminasi Bambu Betung (Dendrocalamus Asper) sebagai Lapisan Luar untuk Konstruksi Kapal Kayu
Pengarang : Nur Yanu Nugroho, Akhmad Basuki Widodo,Nanang Hariyanto
Abstraksi : Bambu telah cukup lama dikenal sebagai salah satu bahan yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Indonesia sebagai salah satu negara tropis memiliki hasil bambu yang cukup melimpah. Sampai saat ini, penggunaan bambu untuk konstruksi khususnya bidang perkapalan masih relatif sangat kecil. Dengan adanya teknologi laminasi, diharapkan pemanfaatan bambu dapat digunakan untuk struktur konstruksi kapal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kekuatan tekuk (bending) dari masing-masing spesimen laminasi bambu Betung dengan kayu Jati, bambu Betung dengan kayu Kering, dan bambu Betung dengan kayu Bangkirai. Spesimen untuk pengujian tekuk dibuat dengan berbagai variasi, yang terdiri atas: spesimen kayu Jati solid, laminasi 3 lapisan, dan laminasi 5 lapisan. Bentuk dan ukuran spesimen menggunakan standar JIS (Japanese Industrial Standard) untuk pengujian tekuk. Dari variasi spesimen menunjukkan bahwa laminasi bambu Betung mempunyai sifat mekanik dan juga sifat kelelahan bahan yang lebih baik dibandingkan dengan spesimen kayu Jati (solid). Hasil pengujian tekuk menunjukkan bahwa laminasi bambu Betung dengan kayu Bangkirai (5 lapisan) yang diberi pembebanan vertikal mengalami defl eksi sebesar 17,07%, lebih baik dari kayu Jati (solid). Laminasi bambu Betung dengan kayu Jati (3 lapisan), diberi pembebanan horisontal memiliki elastisitas sebesar 15,91% yang lebih baik dibandingkan dengan kayu Jati (solid). Sedangkan untuk tegangan patah, laminasi bambu Betung dengan kayu Bangkirai (5 lapisan) dengan pembebanan vertikal memiliki nilai 19,71%, lebih baik daripada kayu Jati (solid). Dari data pengujian dapat disimpulkan bahwa laminasi bambu Betung (Dendrocalamus Asper) yang menjadi bahan alternatif untuk konstruksi kapal kayu, mempunyai sifat mekanis yang baik jika dibandingkan dengan kayu Jati (Tectona Grandis Lf.) baik secara teknis maupun ekonomis.
Download File   Nur Yanu Nugroho, Akhmad Basuki Widodo,Nanang Hariyanto

Judul : Rancang Bangun Ketel Pemulih Kalor Limbah Penyulingan Minyak Nilam untuk Meningkatkan Proses Pemanasan Ketel
Pengarang : Urip Prayogi, Bagiyo Suwasono
Abstraksi : Inovasi dilakukan pada efi siensi energi panas pada ketel penyulingan dengan memanfaatkan panas buang gas cerobong untuk pemanas mula air umpan ketel melalui sebuah ketel pemulih kalor-limbah pipa-kalor komersial untuk menghasilkan pemanasan ketel yang optimum. Kemampuan ketel uap hasil inovasi: estimasi siklus tekanan kerja boiler pada kondisi optimum dengan interval waktu 150 menit mencapai Popt = 0,89525 ≈ 0,9 kg/cm2, estimasi temperatur uap boiler pada kondisi maksimum dengan interval waktu mencapai 260 menit dengan T1mak = 122° C, estimasi temperatur superheater pada kondisi maksimum, interval waktu mencapai 220 menit dengan T2mak = 160,068 ≈ 160° C, estimasi temperatur uap masuk ke kondensor 1 pada kondisi maksimum, interval waktu mencapai 260 menit dengan T3mak = 134,52 ≈ 135° C, estimasi temperatur uap masuk ke kondensor 2 pada kondisi maksimum dengan interval waktu mencapai 190 menit dengan T4mak = 56,197 ≈ 56° C, estimasi temperatur uap keluar dari kondensor 2 pada kondisi maksimum dengan interval waktu mencapai 200 menit dengan T5mak = 120° C, estimasi temperatur air masuk ke kondensor 2 pada kondisi maksimum dengan interval waktu mencapai 140 menit dengan T6mak = 30,944 ≈ 31° C, estimasi temperatur air masuk ke kondensor 1 pada kondisi maksimum dengan interval waktu mencapai 160 menit dengan T7mak = 55,042 ≈ 55° C.
Download File   Urip Prayogi, Bagiyo Suwasono

Judul : Analisis Risiko Proses Bangunan Kapal Baru pada Industri Galangan Skala Besar
Pengarang : Minto Basuki, Anggi Suardi Widya Trihasta
Abstraksi : Industri galangan kapal adalah salah satu kelompok industri dengan risiko yang tinggi, karena industri ini dari hulu sampai hilir akan sangat tergantung pada industri lain. Kenyataan lain adalah banyaknya keterlambatan dalam proses delivery proyek bangunan baru yang dikerjakan pada galangan kapal di Indonesia. Dalam menjalankan sebuah proyek besar, risiko yang dihadapi juga akan semakin besar. Jika hal tersebut tidak diantisipasi dengan baik, kerugian bahkan mungkin bangkrutnya sebuah perusahaan tak mustahil akan terwujud. Dengan demikian, diperlukan perhitungan probabilitas dari tiap tiap faktor yang berpengaruh dalam pembangunan kapal baru. Data analisis didapatkan dari PT PAL Indonesia nomor pembangunan M 271. Analisa risiko dilakukan berdasarkan data historis dan perhitungan faktor probabilitas yang didapatkan dari data-data selama proses pembangunan kapal. Terdapat 3 faktor utama dan 18 sub faktor utama yang berpengaruh dalam pembangunan kapal baru. Dan 15 sumber risiko yang teridentifi kasi dari proyek kapal dengan nomor pembangunan M 271, baik risiko internal maupun risiko eksternal, yaitu terdiri dari 4 kejadian risiko dari keterlambatan dalam desain dan perencanaan, 4 kejadian risiko dari keterlambatan dalam suplai material atau peralatan dan 7 kejadian risiko dari keterlambatan proses produksi. Faktor procurement menjadi masalah tersendiri yang perlu menjadi perhatian khusus karena sumber terbesar dalam keterlambatan sebuah proyek.
Download File   Minto Basuki, Anggi Suardi Widya Trihasta

Judul : Prediksi Asam Amino pada Plasmid Salmonella typhi yang Resisten terhadap Kloramfenikol
Pengarang : Supiana Dian Nurtjahyani1
Abstraksi : Resistensi Salmonella typhi terhadap kloramfenikol sejak tahun 1972 banyak dilaporkan di seluruh dunia. Faktor resistensi ini dibawakan oleh plasmid yang inkompatibel antara lain kelompok IncH dan sejak tahun 1990 semakin banyak Salmonella typhi yang resisten terhadap obat-obatan yang diberikan secara oral yang dulunya sangat bermanfaat, contohnya: kloramfenikol, ampisilin dan kotrimoxasol. Kloramfenikol secara reversibel melekat pada ribosom 50S pada posisi tempat pengikatan asam amino di mana aminoacyl-tRNA akan mengikatkan asam amino pada daerah pengikatan tersebut, sehingga aktivitas peptidyl transferase dalam proses sintesis protein akan terhambat. Berdasarkan hal tersebut dii atas maka perlu dilakukan prediksi asam amino dari sekuens nukleotida plasmid yang resisten terhadap kloramfenikol. Tujuan penelitian ini adalah untuk memprediksi asam amino pada plasmid Salmonella typhi yang resisten terhadap Kloramfenikol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratoris dengan Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Post test only design. Penelitian ini dilaksanakan di laboratorium Biokimia Fakultas Saintek Unair dan TDC mulai bulan September sampai November 2009. Hasil prediksi asam amino terhadap DNA plasmid yang resisten terhadap kloramfenikol ternyata memiliki homologi 100% dengan hasil multiple alignment asam amino yang telah dipublikasikan di Vietnam dengan Acc. No. J01841. Simpulan dalam penelitian ini prediksi asam amino plasmid Salmonella typhi yang resisten terhadap kloramfenikol memiliki homologi dengan multiple alignment asam amino yang telah dipublikasikan di Vietnam dengan Acc. No. J01841.
Download File   Supiana Dian Nurtjahyani1

Judul : Upaya Peningkatan Efektivitas Belajar Lempar Cakram dengan Media Modifikasi Piring Plastik pada Siswa Kelas VIII MTs. Khadijah Kota Malang
Pengarang : Nur Iffah
Abstraksi : Factors mempengaruhi pembelajaran pendidikan jasmani: masih terjebak dengan kedinasannya rutin dan belum menyadari, memahami makna sebenarnya dari siswa membelajarkan (profesional) sertifi kasi belum menjadi motivasi diri dan konsisten mempertahankan berkelanjutan (internal) dan tingkat kesejahteraan merupakan faktor eksternal (Mutohir. TC, 2002). Terkait dengan kompetensi yang harus dimiliki, dan harus melatih dan mendidik kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan menteri 43/U/1987 jumlah pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan yang bertujuan untuk meningkatkan individu secara organik, intelektual dan emosional secara fi sik aktivitas. Untuk dapat mengembangkan keterampilan motorik dasar sesuai dengan tahap perkembangan dan karakteristik siswa, guru harus melakukan berbagai pendekatan, model pembelajaran kreatif dan inovatif yang diperlukan untuk memberikan nuansa dan warna baru bagi siswa yang berdampak pada meningkatnya minat untuk berpartisipasi dalam belajar dengan menyenangkan. Untuk mendukung hal ini, dan terbatasnya sarana dan prasarana, kurangnya dana dan pengetahuan modifi kasi media yang bukan alasan, hanya hiper dan dorongan untuk lebih kreatif dan inovatif, karena banyak guru meniru satu sama lain, seperti yang diajarkan oleh berlatih olahraga, dalam beberapa kasus memiliki kesamaan, namun ada perbedaan, agar kekaburan semacam, tingkat kesulitan, modifi kasi (ukuran regulasi, jumlah diketahui (Samsudin, 2008:12), sehingga siswa menjadi kurang bahagia, meskipun fasilitas terbatas tersedia hanya satu disc, sedangkan rata-rata siswa di MTs. Khadijah ada 32 siswa, sehingga jumlah cakram dengan siswa tidak sebanding. Tampaknya piring plastik dapat menjadi alternatif, dari segi bentuk, ada kemiripan, itu ketersedia dan harga, sangat mudah untuk datang oleh pasar dengan harga yang sangat murah, maka penelitian yang diperlukan. Disk Tujuan penelitian melemparkan meningkatkan efektivitas pembelajaran dengan modifi kasi media yang hasil disajikan dalam bentuk siklus yang berkelanjutan deskriptif kualitatif yang merupakan karakteristik dari penelitian tindakan.. Dengan mengamati negara untuk mengidentifi kasi objek yang akan diperiksa, maka set berikutnya tindakan pembelajaran. Dalam pelaksanaan diamati lebih lama untuk menerapkan dan Rencana tindakan baru yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas sebelumnya.
Download File   Nur Iffah