Detail Jurnal


Judul : Urban Heat Island di Kota Bandung dan Faktor Pendorongnya
Pengarang : Aris Budhiyanto
Abstraksi : Bandung merupakan salah satu kota besar di pulau Jawa yang terkenal dengan lingkungannya yang sejuk. Namun, beberapa laporan menunjukkan adanya peningkatan suhu yang sangat signifi kan di Bandung terkait dengan perkembangan kota tersebut, sehingga mengakibatkan fenomena urban heat island (UHI). Tujuan dari studi ini adalah mengidentifi kasi faktor utama yang memengaruhi fenomena UHI tersebut. Hasil studi menunjukkan peningkatan kepadatan bangunan rendah menjadi faktor utama penyebab fenomena UHI karena bangunan-bangunan tersebut meningkatkan banyaknya bahan bangunan berat yang menyerap panas pada siang hari dan memancarkannya kembali saat malam hari.
Download File   Aris Budhiyanto

Judul : Analisis Strategi Optimalisasi Fasilitas dan Peralatan Pelabuhan: Studi Kasus Pelabuhan Semayang, Balikpapan
Pengarang : Hasan Iqbal Nur, Irwan Tri Yunianto dan Disembryan Aditya Pamungkas
Abstraksi : Semenjak tahun 2013 muatan petikemas dari Pelabuhan Semayang mulai dialihkan ke Kaltim Kariangau Terminal (KKT). Dengan dialihkannya muatan petikemas tersebut, fasilitas dan peralatan yang dimiliki oleh Pelabuhan Semayang tidak dapat dioperasikan secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah optimalisasi fasilitas dan peralatan Pelabuhan Semayang dengan penentuan jenis layanan muatan. Dalam pemilihan muatan tersebut, digunakan analisis matriks BCG dengan hasil menunjukkan bahwa muatan yang terpilih yaitu muatan barang umum (general cargo) yang berada pada kategori star dengan pangsa pasar 0,919 dan pertumbuhan industri sebesar 3,98%, sedangkan muatan petikemas hanya berada di kuadran question marks dan penumpang di kuadran dog. Berdasarkan hasil analisis hubungan antara kapasitas fasilitas dan peralatan dengan proyeksi arus barang dan penumpang, gudang berkapasitas 858.755 ton per tahun mencapai titik maksimum pada tahun 2032 dengan arus muatan 884.325 ton, sedangkan 2 HMC yang digunakan berkapasitas total 804.825 ton per tahun mencapai titik maksimum pada tahun 2023 dengan arus muatan 824.564 ton. Didapatkan optimalisasi fasilitas dan peralatan Pelabuhan Semayang yaitu dengan pengembangan gudang dengan luas 380 m2, penambahan 1 unit HMC 35 ton, pemanfaatan lapangan penumpukan seluas 2.570 m2 untuk off shore supply base.
Download File   Hasan Iqbal Nur, Irwan Tri Yunianto dan Disembryan Aditya Pamungkas

Judul : Akar Penyebab Sisa Material Besi Beton pada Proyek Konstruksi (Studi Kasus pada Satu Perusahaan Kontraktor Gred 7)
Pengarang : Tirsa Endeli Tumbelaka1, Djwantoro Hardjito2
Abstraksi : Waste material menjadi perhatian khusus dalam proyek konstruksi saat ini. Setiap proyek konstruksi pasti akan menghasilkan sisa material. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari akar penyebab sisa material besi beton pada proyek-proyek konstruksi di Surabaya, dengan studi kasus pada satu perusahaan kontraktor Gred 7. Data penelitian diperoleh melalui pembagian kuesioner dan wawancara terhadap para pelaku konstruksi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat lima akar penyebab sisa material besi beton, di antaranya karena kesalahan dalam perhitungan saat pemesanan material, kurangnya pengetahuan staff yang berdampak pada metode kerja dan perencanaan site, terbatasnya lahan proyek, terjadinya sisa karena kesalahan dalam proses pemotongan, serta kurangnya konsentrasi dan koordinasi antar pihak-pihak terkait.
Download File   Tirsa Endeli Tumbelaka1, Djwantoro Hardjito2

Judul : Uji Kelayakan Metode Load Balance Per-Connection Classifier, Nth, Equal Cost Multi Path, dan Policy-Based Routing menggunakan Mikrotik Routerboard
Pengarang : Khusaini Dwi Cahyono, Mimin F Rohmah, Sugianto
Abstraksi : Pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sangat berpengaruh pada tingkat kebutuhan layanan akses data. Salah satu kendala yang sering dihadapi dalam akses data adalah banyaknya request dari para pengguna jaringan yang dapat menyebabkan overload di salah satu jalur koneksi karena beban trafi k yang ditangani setiap jalur koneksi tidak berimbang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut yaitu dengan menerapkan teknik load balancing yang berfungsi untuk membagi dan menyeimbangkan beban trafi k pada dua atau lebih jalur koneksi yang ada. Penelitian ini menganalisis perbandingan karakteristik dan keunggulan, dari empat metode load balancing yaitu Per Connection Classifi er (PCC), Nth, Equal Cost Multi Path (ECMP) dan Policy-Based Routing (PBR). Metode penelitian yang dipakai yaitu dengan menerapkan keempat metode tersebut menggunakan Mikrotik Routerboard pada suatu topologi jaringan dengan 4 router yang tersambung dengan metode routing OSPF. Pengujian yang dilakukan adalah dengan melakukan download data yang sediakan pada server menggunakan layanan FTP server dengan aplikasi FileZilla. File uji yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan 3 fi le yang memiliki besaran dan jenis fi le yang berbeda yakni .exe (6,5 MB), .mp4 (15,5 MB) dan .zip (25,5 MB). Parameter yang digunakan sebagai pembanding adalah Throughput, delay dan Jitter. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode ECMP adalah metode load balancing yang paling baik digunakan pada topologi jaringan yang memiliki bandwidth yang lebih besar pada salah satu jalurnya dengan rata-rata nilai Throughput 0,684 Mbps sedangkan Nth adalah metode Load balance yang terbaik jika digunakan pada topologi yang memiliki bandwidth yang seimbang dengan nilai rata-rata Throughput 0,448 Mbps.
Download File   Khusaini Dwi Cahyono, Mimin F Rohmah, Sugianto

Judul : Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pasir Silika dengan menggunakan Metode EOQ Probabilistic Model di PT. Liku Telaga
Pengarang : Nailul Izzah, Suparno, Ahmad Kholis
Abstraksi : Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kuantitas order yang optimal dan ekonomis , safety stock , serta reorder point untuk bahan baku pasir silika. Penelitian ini dilakukan di PT. Liku Telaga. Metode yang digunakan adalah EOQ probabilistic model, adapun penyelesaian masalah dilakukan dengan cara pengumpulan data terkait data biaya simpan, biaya pesan, demand produksi, serta lead time kedatangan bahan baku. Dalam perhitungan dengan metode EOQ probabilistic model untuk mencari nilai order yang ekonomis, safety stock dan reorder point. Dari hasil perhitungan didapatkan nilai kuantitas order yang ekonomis sebesar 2018,71 dengan total biaya sebesar Rp 5.993.840.533,56 dan nilai siklus pemesanan sebesar 4 siklus pemesanan atau 89 hari setiap kedatangan dalam 1 tahun serta lead time 69 hari. Untuk nilai safety stock bahan baku pasir silika dengan service level 99,9% didapatkan sebesar 48,62 ton, dengan nilai reorder point sebesar 1.610,78 ton.
Download File   Nailul Izzah, Suparno, Ahmad Kholis

Judul : Analisis Bakteri Escherichia Coli dan Logam Timbal pada Es Batu Minuman Jus Buah di Banjarbaru
Pengarang : Norsita Agustina1, Novi Rahmawanti2, Novrian Dony
Abstraksi : Kualitas es yang digunakan pada minuman jus buah yang banyak dikonsumsi di kala panas masih menimbulkan tanda tanya bagi masyakarat. Minuman yang dikonsumsi berpotensi mengganggu kesehatan apabila mengandung bakteri dan logam berat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kualitas air pada es batu yang digunakan pada minuman jus buah dilihat dari kandungan bakteri E.Coli dan logam Pb (timbal). Sample pada penelitian ini diambil di 5 tempat di kota Banjarbaru. Bakteri E Coli dianalisa dengan menggunakan Plate Count, sedangkan logam Pb di analisa dengan menggunakan Spektroskopi Serapan Atom (SSA). Dari hasil uji didapatkan bahwa 2 sampel mengandung E.coli di atas batas kelayakan konsumsi, sedangkan 3 sampel lainnya memenuhi syarat kelayakan konsumsi. Sedangkan cemaran logam Pb dari ke 5 sample berada di atas batas kelayakan konsumsi.
Download File   Norsita Agustina1, Novi Rahmawanti2, Novrian Dony