Detail Jurnal


Judul : Implementasi Teknologi CNC dalam Desain Arsitektur
Pengarang : Bramasta Putra Redyantanu
Abstraksi : Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi ragam jenis pemanfaatan teknologi CNC (Computer Numerical Control) dalam dunia desain arsitektur. Teknologi komputasi semakin lama semakin berkembang, tidak terkecuali dalam pabrikasi komponen yang berbasis digital. Berbagai olahan bentuk dan pola yang dahulu sulit sekali diterapkan dalam realita, dewasa ini sangat terbantu oleh teknologi berbasis komputer dengan sistem kontrol numerikal. Sistem kerja komputer ini dapat dikontrol dengan sistem angka numerik yang akurasinya terbilang cukup tinggi. Eksplorasi dalam desain pun sangat terbantu dan semakin meluas, termasuk dalam dunia arsitektur. Berbagai ide menarik, baik dalam analisis, proses, simulasi, sampai pada penerapannya pada desain dapat diakomodasi dengan mudah. Ragam implementasi ini dieksplorasi, dengan memakai studi kasus dari beberapa penerapan yang ada dalam dunia arsitektur sendiri. Tujuan dari studi ini adalah mendokumentasikan variasi aplikasi dari penggunaan teknologi CNC ke dalam proses dan implementasi desain, dengan melihat kelebihan pada masing-masing bagiannya.
Download File   Bramasta Putra Redyantanu

Judul : Studi Fasa Sigma terhadap Sifat Mekanik dan Ketahanan Korosi Baja Duplex S329
Pengarang : Dian Mughni Fellicia, Budi Agung Kurniawan, Sutarsis, Gafriansyah Rabbani
Abstraksi : Baja tahan karat duplex memiliki sifat kekuatan dan ketahanan korosi yang tinggi sehingga sering digunakan pada lingkungan kerja yang membutuhkan kekuatan tinggi dan korosif. Pada temperatur 600o-1000oC, terjadi penggetasan presipitasi akibat terbentuknya fasa sigma yang menurunkan sifat keuletan, ketangguhan dan ketahanan korosi. Penghilangan fasa sigma ini, dapat dilakukan dengan cara proses solution annealing. Pada penelitian ini telah dilakukan proses solution annealing dengan variasi temperatur dan waktu tahan pada baja duplex S329 yang telah mengalami presipitasi. Peningkatan temperatur solution annealing dan waktu tahan dapat menurunkan kekerasan dan meningkatkan kekuatan impak. Hal ini disebabkan jumlah fasa sigma mengalami penurunan. Kekerasan dan kekuatan impak baja duplex S329 dengan solution annealing 1050oC untuk seluruh waktu tahan mampu mengembalikan kekerasan dan kekuatan impak sesuai dengan sifat mekanik awal baja duplex S329.
Download File   Dian Mughni Fellicia, Budi Agung Kurniawan, Sutarsis, Gafriansyah Rabbani

Judul : Pengaruh Variasi Penambahan Bahan Bakar Pertalite dengan Ethanol terhadap Performa Mesin SI (Spark Ignition) Fi-125cc 4 Langkah 1 Silinder
Pengarang : Gatot Setyono, Dwi Khusna
Abstraksi : Ethanol memiliki karakteristik yang mirip dengan Pertalite dengan nilai RON (Research Octane Number) sebesar 90. Dalam penelitian ini ingin mengetahui karakteristik performa mesin yaitu torsi, daya, konsumsi bahan bakar spesifi k dan tekanan efektif rat-rata pada Spark Ignition Engine FI-125cc 4 langkah 1 silinder menggunakan bahan bakar dengan campuran Ethanol dan Pertalite. Pengujian yang pertama dengan menguji karakteristik campuran bahan bakar Pertalite dan Ethanol setelah itu melakukan pengujian performa mesin dengan variasi campuran ethanol sebesar 5%, 10%, 15%, dan 20% dan variasi putaran mesin 2000, 2500, 3000, 3500, 4000, 4500, 5000, 5500 rpm. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa semakin banyak Ethanol yang ditambahkan dengan Pertalite sebesar 15% akan menghasilkan performa mesin yaitu torsi, daya, konsumsi bahan bakar spesifi k, tekanan efektif rata-rata dan efi siensi thermal yang optimal sebesar 8,7% terhadap Pertalite murni pada putaran mesin 3000-3500 rpm, sebaliknya jika penambahan Ethanol terlalu besar yaitu 20% akan menurunkan nilai kalor sehingga energi yang dapat dilepaskan bahan bakar juga semakin menurun, mengakibatkan performa mesin yang dihasilkan juga semakin menurun.
Download File   Gatot Setyono, Dwi Khusna

Judul : Ekstrasi Ciri Normal dan Arrhythmia Sinyal Jantung Menggunakan Metode Wavelet
Pengarang : Hindarto, Izza Anshory, Ade Efi yanti
Abstraksi : Banyak metode yang digunakan peneliti untuk mengekstrasi dan mengklasifi kasi sinyal jantung, pada penelitian ini wavelet haar digunakan untuk ekstrasi ciri sinyal jantung dan jaringan syaraf tiruan Backpropagation untuk klasifi kasi sinyal jantung. Data pada penelitian ini diambil dari data Physiobank yaitu MIT-BIH Arrhythmia Database dan MIT-BIH normal Sinus Rhythm Database. Data tersebut diproses dengan menggunakan metode wavelet Haar untuk ekstrasi cirinya dan hasil dari metode ekstrasi fi tur akan digunakan sebagai inputan proses klasifi kasi. Proses klasifi kasi yang digunakan menggunakan metode jaringan syaraf tiruan Backpropagation. Hasil penelitian ditemukan, bahwa dengan ekstrasi fi tur menggunakan wavelet haar dan klasifi kasi menggunakan Backpropagation diperoleh tingkat akurasi klasifi kasi sebesar 93%.
Download File   Hindarto, Izza Anshory, Ade Efi yanti

Judul : Marketing Strategy Design Based On Online Consumer Behavior for Anime Action Figure at Multi Toys N Game Surabaya
Pengarang : I Made Ronyastra, Vicio Rizky Damar, Gunawan
Abstraksi : Multi Toys N Game is a store whose main business is selling action fi gures both offl ine and online which is currently under a heavy competitions from similar store. In order to win the competition, it needs a marketing innovations that should be based on the factors that can infl uence the customers, especially the online customers that will give it a better profi t. The research revealed that characteristic of the buyer are male (86%), aged 19-24 (67%), student (60%), and with monthly expense of less than 3 million rupiah (71%). Most of the buyers are member of hobby community from where they are easily infl uenced in buying new action fi gures. 56% of the buyers actively using internet and social media on daily basis. The most popular product lines are nendoroid (51%), followed by gundam (48%). These behavior are then used to design marketing innovations to improve the online buying experience for its customers. The improvement should be made to cover at least three areas: price positioning, product range availability, and payment process options.
Download File   I Made Ronyastra, Vicio Rizky Damar, Gunawan

Judul : Konsep Desain Warung Makan di Perumahan Kampung Pahlawan VII sebagai Pemenuhan Kebutuhan Konsumsi Wisatawan Religi Makam Malik Ibrahim Gresik (Studi Kasus: Warung Makan di Rumah Bapak Muchsin)
Pengarang : Ika Ratniarsih, Cindhi Dwi Permatasari
Abstraksi : Kota Gresik merupakan salah satu kota transit yang memiliki tempat bersejarah yang dapat dijadikan sebagai daya tarik wisata. Salah satunya adalah kompleks makam Malik Ibrahim yang terletak di desa Gapurosukolilo. Lokasinya bersebelahan dengan perumahan penduduk Kampung Pahlawan VII, dimana berpotensi menjadi peluang usaha dan dapat memenuhi kebutuhan fasilitas bagi wisatawan religi yang melewati Kampung tersebut. Peluang usaha ini dimanfaatkan penduduk Kampung Pahlawan VII dengan mengubah fungsi ruang depan pada rumah tinggal menjadi fasilitas umum antara lain warung makan, hal tersebut memberikan dampak bagi penghuni rumah antara lain batas zonifi kasi antara rumah tinggal dan warung makan yang masih belum baik secara visual. Penggunaan metode penelitian deskriptif, survey lapangan dan pustaka bertujuan untuk mengidentifi kasi dan mencari informasi secara actual dan tepat mengenai karakteristik objek studi/ objek pengamatan. Fungsi rumah tinggal yang berubah menjadi fasilitas umum warung makan milik Bapak Muchsin yang berada di Kampung Pahlawan VII nomor 50 Gresik sebagai obyek pengamatan. Dengan pertimbangan potensi lokasi fasilitas umum yang dekat dengan kompleks makam Malik Ibrahim maka penentuan konsep desain komunikatif, religi dan lokalitas budaya yang diterapkan pada tata ruang dan aspek elemen interior, diharapkan dapat menjadi solusi batas zonifi kasi bagi penghuni rumah dan pemenuhan fasilitas bagi wisatawan religi.
Download File   Ika Ratniarsih, Cindhi Dwi Permatasari

Judul : Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Bahasa Isyarat Menggunakan Webcam
Pengarang : Mimin F Rohmah, Ronny M Akbar, Dewi Puji P
Abstraksi : Tuna Rungu adalah kelainan pada pendengaran yang mengakibatkan seseorang tidak dapat mendengar sebagian suara maupun tidak bisa mendengar suara sama sekali dari sekitarnya. Kelainan tunarungu bisa disebabkan dari seseorang itu sejak lahir maupun kehilangan pendengarannya karena kecelakaan yang dialami. Dengan kelainan pendengaran yang dialami para penderita juga otomatis kesulitan dalam berbicara atau berkomunikasi dengan orang sekitar. Bahasa isyarat merupakan salah satu alat komunikasi sesama penyandang tuna rungu. Masalah yang terjadi adalah apabila penyandang tuna rungu ini melakukan komunikasi dengan orang normal karena tidak semua orang mengerti bahasa yang dimaksud oleh para penyandang tuna rungu ini. Maka dari permasalahan ini, penulis mencoba memberi solusi dengan merancang aplikasi pengenalan bahasa isyarat yang ditujukan kepada anak-anak usia dini yang mengalami permasalahan dalam pendengaran. Dalam aplikasi ini pemakai/user tinggal memasukkan input-an berupa gerak tangan sesuai dengan simbol-simbol Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) yang kemudian gambar akan ditangkap (capture) oleh sistem yang diproses kemudian diterjemahkan dalam huruf alphabet. Diharapkan aplikasi ini juga memberi semangat buat anak-anak penyandang tuna rungu karena bisa mendapatkan pola belajar yang baru.
Download File   Mimin F Rohmah, Ronny M Akbar, Dewi Puji P

Judul : Faktor Sosial Ekonomi yang Berpengaruh terhadap Produksi dan Keuntungan Usahatani Buah Jeruk Manis dan Naga di Kabupaten Banyuwangi
Pengarang : Syamsul Hadi
Abstraksi : Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1) faktor-faktor sosial ekonomi yang berpengaruh terhadap produksi usahatani buah jeruk manis dan buah naga, dan 2) faktor-faktor yang berpengaruh terhadap tingkat keuntungan usahatani buah jeruk dan buah naga. Jenis dan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan survei yang dilakukan pada Bulan Desember tahun 2016 sampai dengan Bulan Februari Tahun 2017 di tujuh wilayah kecamatan di Kabupaten Banyuwangi bagian selatan melalui teknis depth interview terhadap 42 orang responden petani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Faktor luas lahan, dan harga-harga input produksi berpengaruh nyata terhadap produksi usahatani buah jeruk manis dan buah naga, sedangkan faktor jumlah populasi tanaman, umur tanaman, pupuk, pestisida, tenaga kerja, pengalaman petani, dan tingkat pendidikan berpengaruh tidak nyata, dan 2) Faktor biaya produksi, harga output, dan jumlah produksi berpengaruh nyata terhadap keuntungan usahatani buah jeruk manis dan buah naga.
Download File   Syamsul Hadi

Judul : Pengaruh Non Value-Added Activity terhadap Manufacturing Cycle Effectiveness (MCE) Proses Produksi Kapal
Pengarang : Muhammad Riyadi
Abstraksi : MCE adalah tolak ukur untuk mengetahui seberapa efi sien suatu aktivitas mengonsumsi sumber daya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifi kasi dan menganalisis pengaruh non value added activities dan value added activities terhadap nilai MCE proses produksi konstruksi lambung kapal di PT. PAL Indonesia. Indikator non value added activities diketahui dari perhitungan Jam Orang (JO). Analisis permasalahan dilakukan dengan menggabungkan 7 waste dengan 7 management tools yang disebut VALSAT. Hasil penelitian menunjukkan perhitungan MCE paling rendah terdapat pada tahap SSH sebesar 28 persen dan dapat dikatakan sangat jauh dari MCE ideal. Pada tahap SSH ini terdapat 72 persen yang mengandung aktivitas non value added activities dan pemborosan JO yang paling tinggi terdapat pada aktivitas waiting time, sebesar 32,02 persen. Berdasarkan hasil analisis, pengurangan non value added activities secara keseluruhan meningkatkan nilai MCE, sehingga perlu dilakukan reduksi storage dan delay untuk mengurangi non value added activities dan menekan waktu Cycle Time agar nilai MCE setiap tahap proses produksi menjadi lebih efektif.
Download File   Muhammad Riyadi