Detail Jurnal


Judul : Pengaruh Dimensi Kepercayaan (Trust) Terhadap Kepercayaan dalam Membeli Barang Secara Online (Studi Kasus Toko Online Bukalapak.com)
Pengarang : FX. Adi Purwanto
Abstraksi : Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh dimensi kepercayaan (trust) terhadap perilaku konsumen dalam membeli barang secara online pada toko online Bukalapak.com. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel yaitu konsumen yang telah melakukan pembelian barang secara online di toko online Bukalapak.com. Instrumen utama pengumpulan data berupa kuesioner dan diukur dengan skala likert. Peneliti menyebarkan kuesioner melalui google document. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah metode non probabilitas/judgemental sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebesar 120 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM). Variabel prediktor yang mempengaruhi variabel kepercayaan toko online Bukalapak.com, yaitu variabel kemampuan (ability), kebajikan (benevolence), integritas (integrity, ternyata yang pengaruhnya signifi kan adalah variabel kemampuan (ability) dan kepercayaan (trust). Dengan demikian, kemampuan (ability) toko online Bukalapak.com dan kepercayaan (trust) pelanggan merupakan variabel yang sangat penting dalam mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli barang secara online di toko online Bukalapak.com.
Download File   FX. Adi Purwanto

Judul : Studi Sistem Pencahayaan di Caloria Cafe Surabaya
Pengarang : Yolenta Dwi Putri
Abstraksi : Pencahayaan merupakan salah satu faktor penting untuk membangun suasana dalam ruang. Pencahayaan dibagi menjadi dua, yaitu pencahayaan alami dan pencahayaan buatan. Prinsip-prinsip pencahayaan terhadap orientasi bangunan/posisi bangunan terhadap arah radiasi matahari, dan pencahayaan yang di dapat dari berbagai sumber (bukaan sidelighting atau toplighting, maupun lampu), bentuk dan fasad bangunan adalah tujuan penelitian ini. Metode yang digunakan adalah kuantitatif yang menekankan pada aspek pengukuran intensitas cahaya di lapangan. Intensitas cahaya didapat dari luar dan dalam ruang dengan tiga pengkondisian yaitu pada siang hari keadaan lampu menyala dan padam, juga pada malam hari. Hasil yang didapatkan dari pencahayaan Caloria Café adalah 58,21 lux, sedangkan Standar Nasional Indonesia (SNI) kategori kafetaria yaitu, 200 lux. Dengan keadaan tersebut Caloria Café sebaiknya mengikuti standar yang ada agar terciptanya kondisi pencahayaan yang sesuai.
Download File   Yolenta Dwi Putri

Judul : Aplikasi Integer Programming untuk Pemerataan Penggunaan Tenaga Kerja Proyek
Pengarang : Iswanto, Abdullah Shahab
Abstraksi : Pekerjaan dalam bentuk proyek seringkali ditemui pada perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang pembuatan, perawatan dan perbaikan kapal. Dengan persaingan bisnis yang sangat ketat dan kompetitif seperti saat ini, peningkatan kualitas dan efi siensi biaya merupakan langkah-langkah yang harus selalu diupayakan. Perencanaan dan pengalokasian sumber daya yang optimal dalam hal ini merupakan salah satu pilihan yang menjanjikan. Dalam suatu proyek, tiap-tiap aktivitas membutuhkan waktu dan tenaga kerja yang sering kali tidak sama, sehingga pada proyek dengan jumlah aktivitasnya yang banyak, kebutuhan tenaga kerja yang tidak sama dari hari ke hari akan menimbulkan fl uktuasi kebutuhan tenaga kerja dengan dampak yang bisa menyulitkan perencana proyek. Penelitian ini mencoba untuk memformulasikan suatu model matematis Integer Programming yang bisa digunakan untuk membantu perencana proyek menghindari adanya fl uktuasi yang besar pada alokasi sumber daya manusia dengan berupaya meratakan penggunaan tenaga kerja (Resource Leveling) setiap harinya dengan tetap memperhatikan batasanbatasan yang ada. Kriteria keberhasilan dijajagi dengan menghitung total deviasi alokasi tenaga kerja setiap hari dari harga rata-rata yang sudah ditentukan. Model yang dikembangkan diaplikasikan pada proyek pembuatan Tug Boat 2 × 900 HP dan deviasi alokasi tenaga kerja dibandingkan dengan pendekatan heuristik yang biasa digunakan. Alokasi menggunakan model yang dikembangkan menunjukkan total deviasi yang lebih kecil secara signifi kan, dengan alokasi tenaga kerja yang semakin mendekati harga rata-rata.
Download File   Iswanto, Abdullah Shahab

Judul : Pengaruh Variasi Tegangan Generator HHO terhadap Emisi Gas Buang Spark Ignition Engine Fi-125 CC 4 Langkah 1 Silinder
Pengarang : Gatot Setyono, Dwi Khusna
Abstraksi : Gas HHO (Hydrogen Hydrogen Oxygen) merupakan gas hasil dari elektrolisa aquades dengan menggunakan arus listrik. Salah satu masalah yang muncul adalah kenaikan temperatur generator pada saat pemakaian. Penelitian kemudian dikembangkan lagi dengan memvariasikan tegangan listrik untuk mengetahui pengaruh tegangan terhadap temperatur dan unjuk kerja generator HHO. Penelitian ini dilakukan dengan mengaplikasikan generator HHO pada Spark Ignition Engine Fuel Injection 125 cc. Larutan elektrolit yang digunakan adalah Potassium Hydroxide (KOH) 0.8 gram setiap 1 liter aquades. Sumber tegangan berasal dari alternator dan diatur dengan komponen elektronika untuk mengatur dan menyearahkan arus listrik. Variasi yang digunakan yaitu 3 Volt, 6 Volt, 9 Volt, dan 12 Volt. Pengujian engine dilakukan secara full open throttle dan menggunakan water brake dynamometer. Hasil yang didapatkan adalah tegangan 3 Volt menghasilkan temperatur elektrolit setelah pengujian yang paling rendah yaitu 34°C. Tegangan 12 Volt menghasilkan laju produksi gas HHO yang paling tinggi yaitu 3,25 × 10 –6 . Emisi gas buang yang mengalami penurunan terjadi pada CO 11,04% serta HC 12,87%.
Download File   Gatot Setyono, Dwi Khusna

Judul : Textual Analysis of Indonesias Identity in Instagram
Pengarang : Aniendya Christianna
Abstraksi : Budaya tontonan dalam era visual ini membuka peluang bagi ideologi-ideologi tertentu untuk menyusup membangun sebuah pemahaman melalui tampilan foto. Akun instagram berbasis keindahan alam menjadi sebagian kecil wujud hegemoni Barat dalam membangun defi nisi tentang identitas Indonesia. Komposisi, warna dan objek foto yang seragam di antara banyak foto yang diunggah menunjukkan sebuah anomali yang patut untuk dikupas. Identitas Indonesia yang digambarkan oleh Mooi Indie di masa lalu, seolah terulang saat ini dengan tampilan visual yang serupa. Di mana menampilkan pantai, sawah dan gunung yang tenang dengan komposisi yang formal dan simetris. Realitas sosial Indonesia yang kompleks, dinamis dan kadang-kadang carut marut dibingkai sedemikian rupa sehingga menjadi sederhana, terstruktur dan seragam. Aspek-aspek lain yang tidak sesuai akan disamarkan atau bahkan dihilangkan sama sekali. Persamaan visual image antara Mooi Indie dan foto instagram adalah penekanan pada faktor geografi , bukan historis. Pelanggengan stereotip Indonesia diwariskan sejak dahulu hingga sekarang melalui The Next Mooi Indie, perbedaan keduanya hanya pada media, dari lukisan ke foto di media sosial.
Download File   Aniendya Christianna

Judul : Kombinasi Pembobotan dan Orthogonalisasi pada Unsupervised Feature Selection
Pengarang : Muhammad Machmud, Chastine Fatichah, Diana Purwitasari
Abstraksi : Fitur kata pada suatu dokumen terkadang merupakan fi tur noise, redundant, maupun fi tur kata yang tidak relevan sehingga menyebabkan hasil akhir proses pengolahan dokumen menjadi bias. Pada penelitian ini diusulkan seleksi fi tur dengan kombinasi hasil dari Random Projection Gram Schmidt Orthogonalization (RPGSO) dan pembobotan. Dengan metode RPGSO akan didapatkan tingkat kepentingan tiap-tiap fi tur kata untuk semua dokumen berdasarkan pembobotannya. Untuk menguji efektivitas metode yang diajukan, dilakukan proses pengelompokan dokumen untuk jumlah fi tur yang berbeda sesuai urutan yang dihasilkan dari proses RPGSO. Uji coba dilaksanakan terhadap dokumen berita dengan evaluasi menggunakan kriteria F-Measure. Berdasarkan uji coba tersebut, metode kom binasi mampu menghasilkan kelompok dokumen dengan rata-rata F-Measure lebih tinggi 6% dibandingkan dengan menggunakan RPGSO saja.
Download File   Muhammad Machmud, Chastine Fatichah, Diana Purwitasari

Judul : Studi Diagnostik Pelaksanaan Program PUAP di Kabupaten Jember
Pengarang : Insan Wijaya, Syamsul Hadi, Arief Noor Akhmadi
Abstraksi : Efektivitas sebuah program yang telah berjalan selama lebih dari tiga tahun harus diidentifi -kasi melalui kegiatan evaluasi. Hal ini untuk mendiagnosa substansi, masukan, proses dan output dalam implementasi program PUAP di Jember; dan bagaimana perubahan kesejahteraan petani sebelum dan sesudah pelaksanaan program yang diukur dengan perubahan jumlah produksi perusahaan agribisnis. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah dalam penelitian ini, data yang telah dikumpulkan diolah, dianalisis dan disajikan dalam bentuk tabel frekuensi, dan analisis statistik. Selanjutnya, hasil analisis diinterpretasikan dan kesimpulan inferensial. Studi ini menyimpulkan: 1) Substansi program “PUAP” kurang selaras dengan mekanisme yang dibangun dengan indikasi yang ada anomali dalam tujuan program dan indikator hasil sukses dengan mekanisme Program “PUAP” yang hanya menekankan bantuan modal usaha di kegiatan on-farm. Input Program PUAP lengkap sebagai sifat dan ruang lingkup agribisnis proses pelaksanaan program ini 75% tidak sesuai dengan pedoman dari program; 2) pencapaian indikator keluaran selama tujuh tahun terakhir mengalami penurunan jumlah pertumbuhan yang ditargetkan dari 17,38% menjadi -3,20%, Hasil indikator Hasil sebanyak 55%, pencapaian indikator dampak sebanyak 44,76%, dan pencapaian keberhasilan indikator manfaat naik 7,38% dibandingkan dengan sebelum program PUAP; dan Perubahan tingkat produksi di agribisnis telah meningkat rata-rata sebesar 13,99% setelah pelaksanaan program.
Download File   Insan Wijaya, Syamsul Hadi, Arief Noor Akhmadi