Detail Jurnal


Judul : Fenomena Penggunaan Emoticon pada Facebook dan Blackberry Messenger sebagai Alternatif Komunikasi Non-Verbal
Pengarang : Rr. Arielia Yustisiana Christina Maya Iriana Sari
Abstraksi : Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan sebuah fenomena dalam teknologi media sosial yang berhubungan dengan komunikasi non-verbal yang menggunakan aplikasi emoticon. Media sosial yang digunakan adalah Facebook (FB) dan Blackberry Messenger (BBM). Dalam kedua media sosial tersebut terdapat aplikasi emoticon. Ada dua permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu: mendeskripsikan maksud emoticon dan faktor-faktor penentu emoticon yang dipakai pada media sosial (FB dan BBM) untuk mengungkapkan emosi pengirim kepada penerima pesan. Kajian teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan tersebut adalah komunikasi yang dibagi menjadi dua: komunikasi non-verbal dan visual, semiotika dan media sosial, yaitu FB dan BBM. Data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan dari sumber data yaitu percakapan atau chat pengguna media sosial FB dan BBM. Metode padan referensial dan metode padan pragmatis digunakan untuk menganalisis emoticon yang digunakan oleh pengguna media sosial FB dan BBM. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa emoticon yang sering digunakan untuk mengungkapkan emosi pengirim kepada penerima dan sebaliknya. Terdapat tiga faktor penentu emoticon yang dipakai pada media sosial (FB dan BBM) untuk mengungkapkan emosi pengirim kepada penerima pesan, yaitu faktor kedekatan hubungan personal, faktor situasi atau keadaan sosial tuturan dan efi siensi komunikasi.
Download File   Rr. Arielia Yustisiana Christina Maya Iriana Sari

Judul : Pemanfaatan Aplikasi Open Source untuk Scientifi c Repository Perguruan Tinggi
Pengarang : Ilham Arnomo
Abstraksi : Penelitian ini merupakan hasil pendekatan experimental tentang pemanfaatan aplikasi berbasis open source untuk scientifi c repository perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan tentang aplikasi Senayan Library Management System dapat dimanfaatkan sebagai aplikasi scientifi c repository pada perguruan tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan experimental, di mana peneliti langsung melakukan uji coba instalasi aplikasi Senayan Library Management System dan aplikasi Eprints (sebagai pembanding aplikasi yang sejenis) hingga tahap analisa user interface dari kedua aplikasi berbasis open source tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Senayan Library Management System mempunyai kesamaan pada fi tur dan user interface yang tersedia pada aplikasi Eprints. Sehingga telah dapat dibangun sebuah sistem pengelolaan karya ilmiah dan hasil penelitian berbasis web yang dapat di akses secara online melalui koneksi internet, yang mana dapat memudahkan untuk mempublikasikan dan menyebarluaskan karya ilmiah dengan mudah, cepat dan murah. Dan juga memudahkan bagi pengguna yang bertujuan untuk mencari referensi ilmiah secara mudah, cepat dan murah.
Download File   Ilham Arnomo

Judul : Persepsi Konsumen dalam Pembelian Rumah Sederhana di Perumahan Pondok Benowo Indah Surabaya
Pengarang : Djojo Diharjo Dwi Prasetyo Yudo
Abstraksi : Tipe rumah yang dibangun oleh developer tampaknya belum seluruhnya sesuai dengan keinginan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kondisi eksisting perkembangan profi le konsumen; mendiskripsikan persentase respons perubahan atau penambahan bentuk rumah dan fasilitas apa saja yang diinginkan oleh konsumen; mendiskripsikan presepsi konsumen dalam menilai kualitas produk rumah dan fasilitas umum yang tersedia; menganalisis pengaruh variabel kualitas produk rumah dan fasilitas umum secara simulan dan parsial terhadap persepsi kualitas perumahan; menganalisis hubungan antara profi le konsumen dengan respons konsumen dalam melakukan perubahan bentuk rumah dan menganalisis hubungan antara persepsi kualitas Perumahan Pondok Benowo Indah Surabaya dengan respons konsumen dalam melakukan perubahan bentuk rumah. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan bentuan kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan stratifi ed random sampling berdasarkan tipe rumah dengan sampel 45 pemilik rumah. Metode analisis yang digunakan adalah tabulasi dengan nilai skor skala likert, analisis model regresi linier berganda, analisis chi square dan korelasi spearman rank. Hasil penelitian menyatakan bahwa kualitas produk rumah, lingkungan dan fasilitas umum secara bersama-sama berpengaruh signifi kan/nyata terhadap persepsi kualitas perumahan, secara parsial kualitas produk rumah dan fasilitas umum berpengaruh positif terhadap persepsi kualitas perumahan, sedangkan keadaan lingkungan tidak mempengaruhi persepsi kualitas perumahan; pendidikan berpengaruh negatif terhadap persepsi kualitas perumahan; pendidikan tidak berpengaruh nyata terhadap respons konsumen dalam melakukan perubahan rumah; pendapatan seseorang berpengaruh negatif terhadap persepsi kualitas perumahan; pendapatan konsumen tidak berpengaruh terhadap respons konsumen dalam melakukan perubahan rumah; persepsi kualitas perumahan berpengaruh positif terhadap respons konsumen dalam melakukan perubahan rumah.
Download File   Djojo Diharjo Dwi Prasetyo Yudo

Judul : Improvement of Electric Power Quality Due To Non Liniear Load in Industry Using Model of Passive Filter, Series Active Filter, and Three Phase Hybrid Active Filter
Pengarang : Agus Kiswantono Amirullah
Abstraksi : Tujuan penelitian adalah meningkatkan kualitas daya listrik akibat beban non linier di industri menggunakan model fi lter pasif, fi lter aktif seri, dan fi lter hibrid tiga phasa. Ada dua mode operasi beban yaitu rangkaian terhubung pada beban non-linier seimbang dan tidak seimbang. Rangkaian fi lter dimodelkan secara matematis dengan teknik kendali arus menggunakan pulse width modulation (PWM) dan Teori Dual Instantaneous Reactive Power. Parameter penelitian adalah THD tegangan dan arus sumber, arus dan tegangan tidak seimbang, perbaikan faktor daya rangkaian terhubung beban non-linier (seimbang dan tidak seimbang) berdasarkan Standar IEEE-519, ANSI/IEEE 241-1990, dan Standar PLN. Hasil penelitian adalah rangkaian sistem pada empat kondisi kompensasi terhubung beban non-linier tidak seimbang, menghasilkan THD rata-rata arus lebih rendah dibandingkan sistem terhubung beban non-linier seimbang. Penggunaan fi lter aktif seri mampu menurunkan THD arus sesuai Standar IEEE 519– 1992. Pada kondisi sistem sama, rangkaian terhubung beban non-linier tidak seimbang, menghasilkan nilai arus tidak seimbang lebih besar, dibandingkan sistem terhubung beban non-linier seimbang. Rangkaian terhubung beban non-linier tidak seimbang, mampu menghasilkan nilai faktor daya sedikit lebih tinggi dibandingkan beban non-linier seimbang. Nilai THD tegangan sistem berbeban non linier seimbang dan tidak seimbang untuk semua kondisi tanpa dan menggunakan kompensasi, nilainya relatif kecil dan berada di bawah level 1% serta sudah memenuhi batas harmonisa tegangan sesuai Standar IEEE 519–1992. Nilai tegangan tidak seimbang kondisi tanpa dan menggunakan fi lter pada dua mode relatif stabil. Sistem terhubung dua mode beban non linier mampu meningkatkan nilai harmonisa arus dan arus tidak seimbang, tapi tidak berdampak signifi kan pada perubahan harmonisa tegangan dan tegangan tidak seimbang.
Download File   Agus Kiswantono Amirullah

Judul : Uji Antioksidan Antosianin Buah Murbei dengan Ekstraksi Sonikasi dan Maserasi
Pengarang : Anitarakhmi Handaratri, Leenawaty Limantara
Abstraksi : Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan optimasi proses ekstraksi antosianin buah murbei sehingga diperoleh kondisi optimum yang dapat menghasilkan kadar antosianin tinggi, efi siensi proses ekstraksi dan menerapkan pengujian kadar antosianin dan antioksidan, sehingga nilai ekonomi tanaman meningkat. Penelitian ini menggunakan ekstraksi secara maserasi dan ultrasonik. Waktu yang digunakan dalam proses ekstraksi adalah antara 5 – 40 menit. Ekstraksi antosianin dengan cara ultrasonik memberikan hasil 99,91 mg/L dalam waktu 5 menit sedangkan dengan cara maserasi didapatkan kandungan antosianin tertinggi sebesar 95,85 mg/L dalam waktu 20 menit. Hasil uji antioksidan dengan DPPH, uji vitamin C, dan H2O2 menunjukkan bahwa aktivitas antioksidan tertinggi setelah proses maserasi berturut turut adalah 86,47%, 19,36%, dan 28,79%. Sedangkan dengan cara sonikasi berturutturut adalah 98,33%, 21,12%%, dan 58,79%.
Download File   Anitarakhmi Handaratri, Leenawaty Limantara

Judul : Klasifikasi Sinyal Jantung Menggunakan Jaringan Syaraf Backpropagation
Pengarang : Hindarto, Izza Anshory, Ade E fi yanti
Abstraksi : Penyakit jantung adalah penyakit yang sangat berbahaya. Bahkan saat ini di Indonesia diperkirakan 20 juta atau sekitar 10% dari penduduk Nusantara menderita penyakit jantung. Kondisi tersebut membuat penyakit kardiovaskular pembunuh nomor satu di Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, jumlah pasien jantung di dunia sangat banyak, diperkirakan ada setidaknya satu miliar orang. Penelitian ini dirancang dengan tujuan untuk mengklasifi kasikan sinyal jantung, data diambil dari Physiobank yaitu MIT-BIH Arrhythmia Database dan MIT-BIH normal Sinus Rhythm Database, data diproses dengan mengambil metode ekstraksi fi tur Fast Fourier Transform. Hasil metode ekstraksi fi tur yang digunakan akan dipilih sebelum digunakan untuk proses klasifi kasi. Klasifi kasi digunakan menggunakan Backpropagation Neural Network. Dari hasil penelitian ditemukan, yaitu metode ekstraksi fi tur Fast Fourier Transform dengan mengambil root mean square (RMS) dan Power Spectrum dari proses FFT memperoleh tingkat akurasi klasifi kasi 93%.
Download File   Hindarto, Izza Anshory, Ade E fi yanti

Judul : Analisa Pengaruh Temperatur Tempering terhadap Sifat Mekanik Baja AAR-M201 Grade E
Pengarang : Tubagus N. Rohmannudin, Imam A. Suryana, Rochman Rochiem
Abstraksi : Coupler adalah salah satu komponen dalam kereta api yang berfungsi untuk menyambungkan antar gerbong kereta. Komponen ini terbuat dari low alloy cast steel yang sesuai dengan spesifi kasi dari AAR-M201 grade E. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh temperatur tempering terhadap mikrostruktur dan sifat mekanik baja AAR-M201 Grade E. Proses perlakuan panas yang dilakukan adalah hardening pada temperatur 925C selama 3 jam, quenching menggunakan media pendingin air, kemudian dilanjutkan dengan tempering pada variasi temperatur 550, 600, dan 650C selama 3 jam, dengan media pendingin udara. Pengujian yang dilakukan adalah metalografi , uji tarik, uji kekerasan, dan uji impak. Hasil yang didapatkan, baja AARM201 Grade E mempunyai struktur mikro bainit, perlit, dan ferrit setelah dilakukan proses hardening, dan menjadi bainit temper setelah dilakukan tempering. Hasil sifat mekanik yang paling optimal didapat saat temperatur tempering yang digunakan adalah 600C, menghasilkan nilai kekuatan tarik 828,88 MPa, kekuatan luluh 735,64 MPa, elongasi 11%, reduksi area 31,35%, kekerasan 27 HRc, dan kekuatan impak sebesar 34 Joule pada temperatur -40C. Sifat mekanik yang dihasilkan hampir seluruhnya memenuhi standar AAR, kecuali nilai elongasi.
Download File   Tubagus N. Rohmannudin, Imam A. Suryana, Rochman Rochiem

Judul : Re-Measuring Penggunaan Cream Sepatu dengan Root Cause Analysis dan Metode Taguchi di Departemen Fullshoe PT. AB
Pengarang : Silviana Rosalika Wiwik Sulistiyowati
Abstraksi : PT. ABC is a shoe factory that produce shoes for countries that have 4 seasons such Europe and America. PT. ABC imported special supporting material to produce high quality shoes in the world and that supporting material is uniform with other unit. Special supporting material named cream is chemical for fi nishing process to make shoes more value added. Base on observation data waste for cream is the biggest lost costing because of high temperature and unprecise composition. Analysed from data consumption cream antiqua superdye color 22 week 41 until 48 in 2015 found the side-effect high temperature for material cream in full shoe department PT. ABC. Criteria good quality cream is soft texture, colour mix well and easily applicable. This research use two methods, they are Root Cause Analysis to fi nd out the root cause of the problem for waste cream and no have same problem in the future. Second is Taguchi method to improve the quality of cream, reduce unnecessary process and to optimize for using cream. The outcome for this research is to decrease the consumption of cream, before is 14 kg over consumption and after re-measuring still found 3 kg over consumption for 8 weeks. The summary is this research succeed reducing until 11 kg for over consumption on cream.
Download File   Silviana Rosalika Wiwik Sulistiyowati

Judul : Penentuan Komposisi yang Tepat Pembuatan Kerupuk Menggunakan Fault Tree Analysis dan Taguchi
Pengarang : Deta Surya Agusta Atikha Sidhi Cahyana
Abstraksi : Kualitas merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah industri yang memproduksi suatu produk. Di Indonesia ada banyak sekali industri yang memproduksi makanan tradisional, salah satunya adalah industri pembuatan kerupuk. Kerupuk adalah makanan khas Indonesia yang mudah sekali dijumpai dalam berbagai tempat makan dan restoran. Untuk membuat kerupuk yang berkualitas baik dengan rasa yang enak dibutuhkan proses produksi yang baik serta komposisi yang tepat dalam pembuatannya. Metode yang bisa digunakan untuk menganalisa permasalahan dalam proses produksi adalah metode Fault Tree Analysis (FTA). Metode ini bertujuan menterjemahkan secara grafi k kombinasi-kombinasi dari kesalahan pada suatu sistem. Untuk mendapatkan komposisi yang tepat salah satu metode yang bisa digunakan Metode Taguchi. Di mana metode ini menghitung berapa banyak komposisi yang dibutuhkan dari setiap bahan baku agar produk yang dihasilkan menjadi lebih baik. Dengan proses analisa dapat disimpulkan bahwa komposisi optimum untuk kerupuk bawang adalah 600 gram tepung terigu, 650 mililiter air, 50 gram bawang, dan 4 gram garam.
Download File   Deta Surya Agusta Atikha Sidhi Cahyana

Judul : Sistem Otomasi Pengering Pakaian Berbasis Mikrokontroller Arduino
Pengarang : Aris Noviant Putra
Abstraksi : Disaat musim penghujan datang dan perubahan cuaca yang tidak menentu kegiatan menjemur pakaian mungkin akan terganggu karena tidak ada panas sinar matahari. Jika tidak ada panas matahari maka tidak bisa menjemur pakaian dan terpaksa menjemur di dalam ruangan dengan waktu yang lama. Untuk mengatasinya dibuat pengembangan sistem sebelumnya dengan tujuan mengefi siensikan proses penjemuran pakaian. Dibuat pengembangan sistem otomatis lemari pengering pakaian untuk mengeringkan pakaian secara mudah dan efi sien dengan menggunakan mikrokontroler arduino UNO sebagai kontrol utamanya dan menggunakan sensor suhu serta kelembaban DHT22 serta sensor water level untuk mendeteksi tetesan air dari pakaian yang basah. Ketika tombol power ditekan makaproses pengeringan akan menyala. Di dalam lemari pengering terdapat 2 heater, jika water level terkena air maka heater kedua menyala untuk membantu mempercepat proses pengeringan. Suhu panas dikontrol oleh sensor DHT22 antara 30° - 49° C agar kain pakaian tidak rusak akibat suhu pengeringan. Saat kadar air mencapai 35% maka mikrokontroler akan membunyikan buzzer dan mematikan kipas dan kedua heater tanda proses pengeringan pakaian telah selesai. Daya total saat pengujian 335 watt, kemudian didapat hasil pengeringan paling cepat yaitu 2 jam 55 menit dengan bahan uji 8 kaos jersey berbahan kain hyget.
Download File   Aris Noviant Putra

Judul : Interpretasi Zona Alterasi dan Mineralisasi Berdasarkan Data Geolistrik Resistivitas dan Induksi Polarisasi di Daerah Mekar Jaya, Sukabumi, Jawa-Barat
Pengarang : Sapto Heru Yuwanto
Abstraksi : Daerah Mekar Jaya sebagian besar batuannya telah mengalami alterasi terutama pada batuan intrusi diorit dan intrusi andesit serta batuan piroklastik. Alterasi yang banyak dijumpai adalah alterasi propilitik (kloritisasi), alterasi argilik (argilisasi) dan beberapa alterasi silisik (silisifi kasi). Mineralisasi banyak terdapat pada batuan yang telah mengalami alterasi dan pada urat-urat kuarsa. Survei geolistrik yang berkaitan dengan eksplorasi mineral logam adalah gabungan dari dua metode, metode resistivitas dan metode induksi polarisasi (IP) dengan tujuan untuk mengetahui indikasi (dugaan) zona alterasi dan mineralisasi yang ada di bawah permukaan. Berdasarkan data anomali nilai resistivitas, daerah penelitian sebagian besar tersusun oleh batuan yang telah mengalami alterasi, alterasi argilik dicirikan dengan nilai resistivitas < 80 Ohm.m, alterasi propilitik dicirikan dengan nilai resistivitas 80–300 Ohm.m, alterasi silisifi kasi dicirikan dengan nilai resistivitas > 400 ohm.m dan tubuh intrusi (batuan kristalin) dicirikan dengan nilai resistivitas > 1000 Ohm.m. Berdasarkan data anomali chargeabilitas, zona mineralisasi daerah telitian dibagi dalam tiga zona, zona mineralisasi lemah dicirikan dengan nilai chargeabilitas 50–100 m.sec, zona mineralisasi sedang dicirikan dengan nilai chargeabilitas 100–200 m.sec dan zona mineralisasi kuat dicirikan dengan nilai chargeabilitas > 300 m.sec. Pola penyebaran alterasi – mineralisasi daerah penelitian secara horizontal relatif berarah Barat Laut – Tenggara, sesuai dengan arah kemenerusan singkapan urat-urat kuarsa di permukaan.
Download File   Sapto Heru Yuwanto

Judul : User Centered Design untuk Mebel Multifungsi Fasilitas Olahraga Balita
Pengarang : Mariana Wibowo Cressinta Chyntia Kwan
Abstraksi : Usia balita merupakan tahap awal dari pertumbuhan dan perkembangan anak. Pada fase ini, anak bergerak aktif dan dinamis. Anak tidak hanya bermain dan belajar, tetapi juga berolahraga untuk meningkatkan performa anak dalam kehidupan sehari-hari khususnya di ruang tinggal. Mebel multifungsi menjadi solusi yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut serta mempermudah orang tua dalam pengawasan. Simulasi lokasi objek menggunakan 2 jenis ruang tinggal yaitu rumah tinggal dan apartment dengan ukuran berbeda. Pengumpulan data berupa survey lapangan, survey aktivitas pengguna, dan studi literatur kemudian dianalisis dan disusun dalam programming yang menjadi dasar usulan olah bentuk mebel multifungsi untuk fasilitas olah raga balita diruang tinggal terbatas. Dengan pendekatan user centered design, konsep yang digunakan playful rubik. Konsep ini memiliki persamaan dengan target perancangan yang ingin dicapai; sistem modular, fl eksibel, dan fun pada mebel. Banyaknya jenis olahraga anak dikelompokkan dalam 3 set mebel modular compact masing-masing mebel berukuran kelipatan 30 30 cm, di mana tiap set terdapat 3 fungsi mebel olahraga disertai wadah penyimpanan (storage) dengan sistem klasifi kasi. Olah bentuk mebel berjumlah 9 buah mebel utama untuk fasilitas olahraga dengan fasilitas pendukung berupa matras tiap set serta storage.
Download File   Mariana Wibowo Cressinta Chyntia Kwan

Judul : Perjanjian Elektronik untuk Transaksi Onlineshop
Pengarang : Aprilo G. Goemansalangi, Ayu Dwi Novitasari, Vinsensius Tommy Wijaya Japola, Yohanes Takdir
Abstraksi : Tingginya dan semakin cepatnya kemajuan teknologi membuat berbagai hal dilakukan dengan mudah, dengan cara belanja melalui transaksi onlineshop yang berkembang cukup tinggi. Perkembangan cara berbelanja yang modern seperti ini tidak diiringi dengan peraturan yang menyesuaikannya pula, sehingga kelemahan dan dampak buruk dari cara berbelanja onlineshop ini cukup tinggi. Perjanjian untuk mengurangi risiko yang terjadi dalam transaksi onlineshop bertujuan untuk membantu para pihak agar mendapat hak-haknya dan melakukan kewajibannya sesuai perjanjian dan terhindar dari berbagai kasus yang dapat merugikan. Perjanjian dapat dilakukan dengan cara perjanjian di bawah tangan yang termuat cara-cara pembayaran, obyek barang dan dilengkapi identitas para pihak. Hal tersebut tentu dapat memberikan kepastian terhadap para pihak.
Download File   Aprilo G. Goemansalangi, Ayu Dwi Novitasari, Vinsensius Tommy Wijaya Japola, Yohanes Takdir

Judul : Perancangan dan Pengembangan Produk Meja Baca Adjustability
Pengarang : Hery Murnawan Wiwin Widiasih
Abstraksi : Ergonomi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang hubungan kenyamanan dan efektivitas sebuah alat kerja dengan manusia sebagai pemakainya. Maksud dan tujuan dari disiplin ergonomi adalah mendapatkan suatu pengetahuan yang utuh tentang permasalahan interaksi manusia dengan teknologi dan produknya sehingga dimungkinkan adanya suatu rancangan sistem manusiateknologi yang optimal. Penelitian mengenai meja ergonomis sudah banyak dilakukan. Obyek penelitian ini adalah meja baca pemusik di mana dalam kondisi eksisting masih belum fl eksibel. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan merancang produk inovatif dari meja baca tersebut di mana dapat disesuaikan tinggi meja dengan penggunanya.
Download File   Hery Murnawan Wiwin Widiasih

Judul : Perencanaan Cetak Tekan pada Proses Produksi Casing Hard Disk
Pengarang : Iswanto
Abstraksi : Casing hard disk merupakan salah satu komponen yang penting pada komputer. Bentuknya yang kecil dan rumit serta memerlukan ketelitian yang tinggi dan permukaan yang halus, diperlukan proses produksi yang pas untuk membuatnya. Proses produksi dengan cetak tekan dipilih karena sangat cocok dengan kriteria tersebut. Pada pembahasan perencanaan cetak tekan pada proses produksi casing hard disk ini diarahkan pada bagaimana cara pembuatan produk dengan metode cetak tekan khususnya perhitungan teknis pada sistem penginjeksian logam dalam rongga cetak yang meliputi perhitungan luas penampang lubang celah pengisian, kecepatan udara pada ventilator, besarnya waktu penginjeksian, kecepatan aliran pengisian, tekanan penginjeksian serta kecepatan injeksi. Dalam mekanisme penginjeksian terdiri dari tiga tahap, yaitu: yang pertama pengisian logam cair kedalam rongga penginjeksian, yang kedua proses penginjeksian kedalam rongga cetakan dan yang ketiga adalah proses pemampatan. Baru kemudian produk dikeluarkan dari cetakan setelah mengalami proses pendinginan.
Download File   Iswanto

Judul : Perancangan Sistem Informasi Kehadiran Dosen di Fakultas Teknik UMSIDA Berbasis Arduino Uno Atmega 328
Pengarang : Mustakim
Abstraksi : Pada perkembangan teknologi modern saat ini segala sesuatunya hampir diarahkan pada suatu system otomatis, sehingga teknologi kontrolpun menggunakan system otomatis juga. Pada badan usaha atau suatu institusi pendidikan sering terdapat bentuk pengumuman secara manual dengan tulisan tangan maupun dengan menggunakan kertas hasil print out dari komputer, hal ini kurang efektif dan efi sien sehingga perlu adanya perbaikan secara otomatis supaya informasi kehadiran Kaprodi Teknik Elektro dan Dekan Fakultas Teknik bisa di ketahui oleh mahasiswa saat ada pada ruangannya masing-masing. Dalam penelitian ini dibuat suatu sistem otomatis kehadiran Kaprodi dan Dekan di kantor Teknik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, untuk mempermudah para mahasiswa untuk mengetahui Kaprodi Teknik Elektro dan Dekan Fakultas Teknik apakah sedang di dalam ruangan atau tidak di dalam ruangan. Dalam perancangan alat ini, Arduino UNO Atmega 328 sebagai pengolah data sekaligus menyimpan data-data binery, modul relay untuk pengontrol otomatis, led dot matrix sebagai output data dan sensor gerak PIR tipe HC-SR501 sebagai input untuk mengetahui keberadaan Kaprodi dan Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Sistem kerja dari alat ini yaitu jika sensor gerak PIR mendeteksi gerakan di dalam ruangan tersebut maka akan secara otomatis pada papan pengumuman akan menyala, dan jika di dalam ruangan tersebut kosong informasi tersebut akan mati.
Download File   Mustakim

Judul : Pengaruh Doping Ion Co2+ terhadap Strukur dan Dielektrisitas pada Senyawa Nanokristal Spinel ZnFe2-XCoxO4 yang di Sintesis Melalui Metode Kopresipitasi
Pengarang : Idon Joni
Abstraksi : Senyawa Franklinite (ZnFe2O4) menjadi material yang menarik untuk dikaji disebabkan material ini memiliki aplikasi yang sangat luas. Dalam rangka pengembangan metode sintesis bahan, maka dalam penelitian ini digunakan metode kopresipitasi yang dapat menghasilkan ukuran nano material dengan waktu dan proses relatif mudah dan cepat. Pada penelitian ini, ZnFe2O4 di doping dengan ion Co2+ dalam bentuk ZnFe2-XCoxO4 dengan menggunakan metode kopresipitasi. Prosesnya dilakukan dengan cara melarutkan bahan dasar ZnCl2 (99,9%), FeCl3.6H2O (99,9%), CoCl2.6H2O (99,9%) didalam aquades di dalam magnetic stirrer selama 30 menit. Larutan yang dihasilkan dimasukkan NH4OH (99,9%, 6,5 M) 5ml setiap 5 menit. Karakterisasi struktur Kristal menggunakan XRD dan dielektrisitas menggunakan kapasitansi digital tipe AD 5822. Pembentukan fasa diidentifi kasi dengan program PCW, struktur Kristal dianalisis dengan program Celref. Selanjutnya ukuran butir Kristal dihitung menggunakan persamaan Scherrer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nano kristal ZnFe2-XCoxO4 telah berhasil disintesis dengan ukuran butiran kristalnya berkisar 15,46 nm sampai 23,85 nm. Hasil analisis Fase dan parameter kisi menunjukkan semakin besar doping Co2+ maka semakin besar pula parameter kisi, volume Kristal dan semakin kecil dielektrisitasnya.
Download File   Idon Joni

Judul : Respons Petani terhadap Usaha Tani Padi Orgaik di Desa Sruni Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember
Pengarang : Syamsul Hadi R. Achmad Ediyanto
Abstraksi : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respons petani terhadap penerapan teknologi pada usaha tani padi organik; menganalisis faktor sosial ekonomi yang memengaruhi respons petani terhadap usaha tani padi organik, dan menganalisis pengaruh penerapan sistem pertanian organik terhadap tingkat produksi padi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif melalui teknik survei. Analisis data yang digunakan adalah analisis skoring dengan pendekatan skala likert melalui uji proporsi dan analisis regresi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) responden memiliki respons yang tinggi terhadap penerapan sistem organik pada usaha tani padi; 2) Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penerapan usaha tani padi organik adalah faktor pengalaman berusaha tani, frekuensi kunjungan petugas penyuluh lapangan, peluang pasar, persepsi jaminan ketersediaan sarana produksi dan pasar oleh pemerintah berpengaruh nyata, sedangkan faktor pendidikan formal dan luas lahan garapan usaha tani padi tidak berpengaruh nyata; dan 3) Penerapan usaha tani padi melalui sistem pertanian organik sangat berpengaruh terhadap tingkat produksi.
Download File   Syamsul Hadi R. Achmad Ediyanto