Detail Jurnal


Judul : Sistem Pakar Diagnosa Dini Penyakit Diabetes
Pengarang : Ade Eviyanti1, Hindarto2, Sumarno3
Abstraksi : Diabetes Mellitus adalah salah satu penyakit degeneratif , dan merupakan salah satu penyakit di dalam sepuluh besar penyakit di Indonesia. Pada tahun 1995 tercatat jumlah penderita Diabetes Mellitus di Indonesia lebih kurang 5 juta jiwa. Penyakit Diabetes telah menjadi penyebab kematian terbesar di dunia dan jumlahnya dari tahun ke tahun semakin bertambah. Sesungguhnya diabetes bukanlah suatu penyakit yang sama sekali tidak bisa disembuhkan apabila dapat dideteksi secara dini dan diobati dengan tepat maka kemungkinan besar diabetes bisa disembuhkan dengan sempurna. Sistem pakar merupakan sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli. Dengan menggunakan Metode forward chaining yaitu metode pencarian atau teknik pelacakan ke depan yang dimulai dengan informasi yang ada dan penggabungan rule untuk menghasilkan suatu kesimpulan atau tujuan, sehingga penyakit Diabetes dapat dideteksi sejak dini. Penelitian ini berhasil mengimplementasikan sebuah sistem pakar dengan menggunakan metode Forward Chaining yang dapat mengatasi nilai persentase derajat kepercayaan penyakit Diabetes yang diperoleh dari hasil konsultasi dengan pasien. Sistem ini dapat membantu dokter atau masyarakat awam sekalipun dalam mengambil keputusan ketika mendiagnosa penyakit diabetes.
Download File   Ade Eviyanti1, Hindarto2, Sumarno3

Judul : Uji Aplikasi Direct Analysis Method (DAM) pada Analisis Struktur Gedung Komposit
Pengarang : Ir.Sudarto, M.T1, Doddy Herman Kurnianto, S.T,. M.T2
Abstraksi : Direct Analysis Method (DAM) is a new method of analysis of the steel structure of the AISC- 2010. This study aims in the long term to provide atlternatif. The new structural analysis method that is applicable as well to enrich the scholarship for academics. Specifi c target in this study is the acceptance of the method of Direct Analysis Method (DAM) AISC-2010 as a practical and applicable analytical methods in the analysis of composite building structure, as an alternative method in the structural analysis. In this research, the analysis of the structure model of the existing building; on the case study will be conducted as a representative model of the building. The analysis is done by modeled in the form of 3-dimensional structure with the help of structural analysis program ETABS. The analytical method used is the Direct Analysis Method (DAM). Frame output of this analysis will be compared with the theoretical structure analysis method that never existed before and has been widely used by the public. Among methods of ASD, LRFD-AISC 2005 for the steel structural elements, and SNI-2378-2002 for concrete structural elements. Analysis by DAM method showed a positive correlation with the method of analysis of existing structures. And proved that DAM can also be used as a method of analysis of composite building structures.
Download File   Ir.Sudarto, M.T1, Doddy Herman Kurnianto, S.T,. M.T2

Judul : Pengaruh Kompos Limbah Tebu terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Melon (Cucumis Melo L.) pada Dataran Rendah
Pengarang : Ana Amiroh
Abstraksi : Peningkatan produksi melon selain ditentukan oleh tehnik budidaya yang tepat juga ditentukan oleh faktor tanah. Pemanfaatan dataran rendah sebagai lahan budidaya memiliki beberapa kelemahan pada sifat fi sik, kimia dan biologi, sehingga perlu adanya usaha untuk memperbaiki kondisi tersebut, salah satunya ialah dengan penambahan bahan organik berupa kompos limbah tebu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan mencari dosis kompos limbah tebu yang terbaik untuk pertumbuhan dan hasil tanaman melon pada tanah dataran rendah. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 taraf perlakuan dan 4 ulangan. Setiap ulangan terdiri dari 4 sampel tanaman, sehingga jumlah seluruhnya ada 80 tanaman. Perlakuan yang dimaksud adalah sebagai berikut: Tanpa kompos limbah tebu, 450 g/polybag kompos limbah tebu, 800 g/polybag kompos limbah tebu, 1500 g/polybag kompos limbah tebu, dan 2000 g/polybag kompos limbah tebu. Variabel yang diamati adalah: Berat kering bagian atas tanaman (gram), volume akar (cm3), diameter buah (cm), berat buah (gram), ketebalan daging buah (cm) dan kadar gula buah (Brix%). Berdasarkan hasil penelitian, pemberian kompos limbah tebu sebanyak 2000 g/polybag, memberikan rerata tertinggi pada variabel pengamatan volume akar (15,5 cm), berat kering bagian atas tanaman (21,45 g), berat buah (950,25 g), dan diameter buah (12,00 cm), akan tetapi berbeda tidak nyata terhadap pemberian kompos limbah tebu sebanyak 1500 g/ polybag pada variabel berat buah dan diameter buah, dengan demikian dari hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa efesiensi pemberian kompos limbah tebu terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman melon pada tanah dataran rendah ialah sebanyak 1500 g/polybag kompos limbah tebu.
Download File   Ana Amiroh

Judul : Penerapan Metode Peramalan sebagai Alat Bantu untuk Menentukan Perencanaan Produksi di PT. SKK
Pengarang : Widhy Wahyani1, Achmad Syaichu2
Abstraksi : Pada PT. SKK., bahan baku yang ada sering kali tidak bisa mendukung kelancaran proses produksi, tenaga kerja dan fasilitas produksi yang ada tidak sesuai dengan yang dibutuhkan. Begitu juga dengan kapasitas produksi, output yang dihasilkan tidak bisa memenuhi permintaan supplier yang bersifat naik turun (fl uktuatif). Akibatnya, produktivitas perusahaan menurun karena banyaknya permintaan (order) yang ditolak oleh perusahaan. Maka tujuan diakannya penelitian ini adalah mengestimasikan (meramalkan) permintaan pasar dimana bisa dijadikan dasar untuk membuat suatu perencanaan produksi, dengan menentukan berapa jumlah produk yang akan dihasilkan, kapan dan berapa jumlah bahan baku yang harus disediakan untuk mendukung kelancaran proses produksi, mendayagunakan sumberdaya yang terbatas secara efektif, dan meningkatkan kapasitas produksi guna memenuhi naik turunnya (fl uktuatif) permintaan, sehingga produktivitas perusahaan dapat ditingkatkan. Setelah dilakukan peramalan melalui bantuan perangkat lunak Software QM for Windows khususnya untuk Metode Regresi Linier diperoleh nilai yang lebih kecil, dimana untuk masing – masing itemnya adalah sebagai berikut: untuk MAD = 8.812, MSE = 146.237.392, Bias = 0, untuk periode berikutnya diramalkan permintaannya sebesar 63.291,6 unit. Sedangkan jika menggunakan metode Exponential Smoothing diperoleh nilai-nilai sebagai berikut: untuk MAD = 13.374,1484, MSE = 235.115.376, Bias = -549,8485, untuk periode berikutnya diramalkan jumlah permintaannya adalah sebesar 54.922,2266 unit. Sebagaimana diketahui bahwa nilai dari Metode Regresi Linier lebih kecil dibandingkan dengan metode Exponential Smoothing yang memiliki nilai ukuran akurasi kesalahan yang lebih kecil baik secara manual maupun dengan menggunakan software QM for Windows.
Download File   Widhy Wahyani1, Achmad Syaichu2

Judul : Kajian Manajemen Risiko Proyek “Pavingisasi” Jalan Raya (wilayah studi; Proyek jalan raya di kabupaten Bojonegoro)
Pengarang : Nova Nevila Rodhi
Abstraksi : Sejak tahun 2009 Pemerintah Daerah Bojonegoro telah melaksanakan salah satu konsep pembangunan daerah berkelanjutan, yaitu program pavingisasi jalan raya. Di mana paving tidak hanya digunakan untuk kawasan-kawasan tertentu, tapi digunakan untuk perkerasan jalan raya. Program tersebut telah meraih award SDI (Sustainable Development Inisiative) dalam rangkain acara APEC (Acia pacifi c Economic Copration) yang diselenggarakan di Nusa Dua – Bali Indonesia oktober 2013. Namun belakangan diketahui banyak jalan raya dengan pavingisasi mengalami kerusakan dini. Tujuan makalah ini adalah untuk mengidentifi kasi faktor risiko, analisa dan mengetahui renspon risiko dalam penggunaan paving block dalam perkerasan jalan raya. Dari hasil analisa diketahui bahwa risiko tertinggi yang menyebabkan terjadinya penurunan umur efektif adalah Perencanaan yang kurang cermat, Metode pelaksanaan yang kurang tepat, Pengawasan dan pengendalian yang kurang akurat, dan Stakeholder yang tidak kooperatif yang mana respon yang tepat untuk risiko-risiko tersebut adalah avoidance.
Download File   Nova Nevila Rodhi

Judul : Strategi Bioklimatik pada Rumah Sederhana Sehat di Lingkungan Permukiman Padat
Pengarang : Failasuf Herman Hendra
Abstraksi : Rumah sederhana sehat yang nyaman, terjangkau dan ramah lingkungan merupakan rumah idaman bagi setiap orang, tidak terkecuali dengan masyarakat perkotaan yang tinggal di lingkungan permukiman padat. Penelitian ini merupakan studi kasus lapangan dengan purposive sampling dari populasi rumah sederhana di permukiman padat dimana penghuni mempunyai kreativitas dalam merespons iklim lingkungan tempat tinggalnya guna mendapatkan kenyamanan dengan menggunakan pendekatan bioklimatik. Strategi bioklimatik juga memberikan arahan dalam konfi gurasi elemental bangunan secara efi sien yang memungkinkan embodied energy konstruksi rendah sehingga proses membangun relatif terjangkau. Aplikasi strategi bioklimatik menghasilkan alternatif model arsitektur rumah sederhana sehat dengan konfi gurasi attic atap besar serta ruang dalam yang berjenjang secara vertikal. Disamping itu, rancangan bangunan ramah lingkungan, struktur-konstruksi ringan dan selubung bangunan penuh rongga memungkinkan respirasi berjalan lancar. Pada akhirnya performa termal bangunan yang baik menjadikan rumah sehat.
Download File   Failasuf Herman Hendra