Detail Jurnal


Judul : Efektivitas Game Quiz terhadap Pengetahuan tentang PHBS pada Siswa Kelas 4 SD
Pengarang : Tri Ratnaningsih
Abstraksi : Perilaku hidup bersih dan sehat di Sekolah adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikkan oleh peserta didik, guru dan masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh Game Quiz terhadap pengetahuan tentang perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah SDN Carat 1 Gempol Pasuruan. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimental dengan rancangan One group pretest - postest design. Jumlah populasi sebanyak 43 responden, teknik sampling yang digunakan yaitu Simple random sampling, diambil sampel 25% dari total responden, sampel 11 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner perilaku hidup bersih dan sehat tatanan sekolah. Hasil Uji Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan bahwa p (0,003) < α (0,05), sehingga Ho ditolak artinya terdapat pengaruh Game Quiz terhadap pengetahuan tentang perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah. Game quiz dapat meningkatkan pengetahuan siswa tentang perilaku hidup bersih dan sehat, karena cara ini lebih kreatif dan efektif dalam mengingatkan kemampuan kognitif anak secara sempurna. Sehingga metode ini sangat cocok untuk diberikan dan diterapkan pada anak usia sekolah.
Download File   Tri Ratnaningsih

Judul : Pengaruh Pemberian Birth Massage terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Persalinan Kala I Fase Aktif
Pengarang : Rafhani Rosyidah, Evi Rinata, Nuril Masrukah
Abstraksi : Persalinan merupakan saat yang sangat dinantikan ibu hamil untuk dapat merasakan kebahagiaan yang didambakan. Namun, persalinan kadang diliputi oleh rasa takut dan cemas terhadap rasa nyeri saat persalinan. Birth massage adalah salah satu cara untuk mengurangi nyeri persalinan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh pemberian birth massage terhadap penurunan intensitas nyeri persalinan kala I fase aktif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pre-eksperimental design dengan menggunakan pretest–posttest design. Populasi yang digunakan yaitu semua ibu bersalin kala I fase aktif di BPM Nuril Masrukha Candi Sidoarjo tanggal 24 November 2016–24 Januari 2017 yang memenuhi kriteria inklusi. Jumlah sampel sebanyak 33 ibu bersalin. Data dianalisis menggunakan uji Paired Sample T Test dengan tingkat kesalahan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan rerata skor nyeri persalinan sebelum pemberian birth massage adalah 7,24 ± 0,87 dan rerata skor nyeri persalinan setelah pemberian birth massage adalah 4,94 ± 0,75. Dari uji statistik didapatkan nilai p = 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian birth massage dapat menurunkan intensitas nyeri persalinan kala I fase aktif.
Download File   Rafhani Rosyidah, Evi Rinata, Nuril Masrukah

Judul : Efektivitas Terapi Akupuntur terhadap Perubahan Tekanan Darah Penderita Hipertensi
Pengarang : Eka Nur So’emah
Abstraksi : Hipertensi merupakan penyakit yang dapat menyerang siapa saja, Hipertensi mengakibatkan jantung bekerja keras hingga terjadi kerusakan yang serius. Salah satu tindakan non-farmakologis yang bisa digunakan untuk mengatasinya yaitu dengan terapi akupuntur yang merupakan pengobatan Cina kuno, dilakukan dengan menusukkan jarum-jarum kedalam kulit pada titik-titik di bagian tubuh tertentu. Penelitian ini bertujuan membuktikan efektivitas terapi akupuntur terhadap perubahan tekanan darah pada penderita hipertensi di Yayasan Terapi Zona Mojokerto. Desain yang digunakan pre experimental dengan pendekatan one group pretest-posttest. Sampel sebanyak 22 responden diambil dengan menggunakan non probability sampling. Uji Paired T-Test menunjukkan bahwa p(0,000) < α (0,05), sehingga Ho ditolak artinya terapi akupuntur efektif dalam merubah tekanan darah pada penderita hipertensi. Akupuntur melihat hipertensi sebagai akibat adanya ketidakseimbangan antara Yin dan Yang, yaitu adanya hiperaktivitas Yang Hati dan hipoaktivitas Yin Ginjal atau adanya cairan dan kelembaban yang berlebihan. Akupuntur menghantarkan dan memperlancar Qi (energi vital). Menurut teori neurohumoral efek akupunktur dimediasi melalui sistem saraf. Pacuan oleh saraf simpatis mampu meningkatkan tekanan darah dan frekuensi denyut jantung sedangkan pacuan oleh saraf parasimpatis mampu menurunkan tekanan darah dan frekuensi denyut jantung.
Download File   Eka Nur So’emah

Judul : Dukungan Keluarga pada Ibu Bekerja dengan Keberhasilan ASI Eksklusif
Pengarang : Nurul Azizah, Yanik Purwanti
Abstraksi : ASI merupakan nutrisi terbaik bagi bayi baru lahir karena mengandung berbagai komponen antibodi, nutrisi yang lengkap dan mudah dicerna oleh bayi baru lahir dibandingkan dengan susu formula. Pemberian ASI pada bayi sangat mudah diberikan jika ibu setiap saat berada di samping bayi, kondisi tersebut sangat berbeda dengan yang dialami oleh ibu yang bekerja. Dukungan keluarga serta kerabat, merupakan salah satu faktor pemicu keberhasilan ASI eksklusif, terutama pada ibu bekerja. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dukungan keluarga pada ibu bekerja dengan keberhasilan ASI eksklusif. Desain penelitian menggunakan survei analitik, dengan teknik pengambilan sampel retrospektive sampling, jumlah sampel sebanyak 30 responden. Setelah data terkumpul dianalisis menggunakan chi-square dengan tingkat kemaknaan p < 0,05, untuk mengidentifi kasi variabel perancu terhadap keberhasilan ASI eksklusif pada ibu bekerja. Hasil penelitian didapatkan sebagian besar responden yang mendapatkan dukungan baik dari keluarga berhasil memberikan ASI eksklusif terhadap bayinya, saran untuk memperbanyak cakupan ASI eksklusif terhadap ibu bekerja yakni dengan memberikan dukungan dari segi emosi, penilaian, instrumen dan informasi kepada ibu bekerja baik dari pihak keluarga dan institusi tempat ibu bekerja.
Download File   Nurul Azizah, Yanik Purwanti

Judul : Hubungan Perilaku Ibu dalam Toilet Training dengan Keberhasilan Toilet Training
Pengarang : Siti Indatul Laili, Nur Indriyanti
Abstraksi : Keberhasilan anak dalam toilet training selain dari kesiapan anak baik fi sik, psikologis dan emosi anak, perlu adanya perilaku yang baik dalam toilet training dari orang tua terutama ibu. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan perilaku ibu dalam toilet training dengan keberhasilan toilet training. Desain penelitian ini menggunakan cross sectional. Populasi penelitian ini seluruh ibu dan anak usia 4–5 tahun di PAUD Al-Madinah Kabupaten Banyuwangi berjumlah 23 responden. Sampel penelitian ini adalah seluruh ibu dan anak usia 4–5 tahun di PAUD Al-Madinah Kabupaten Banyuwangi yang diambil dengan total sampling. Alat ukur yang digunakan questioner untuk menilai perilaku ibu dan lembar observasi untuk menilai keberhasilan toilet training. Waktu penelitian 11–13 juni 2016. Analisa data menggunakan Tabel silang distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 13 (56,5%) ibu berperilaku baik dalam toilet training dan 13 (56,5%) anak berhasil toilet training. Perilaku ibu yang baik dalam toilet training akan menentukan keberhasilan toilet training anak usia 4–5 tahun.
Download File   Siti Indatul Laili, Nur Indriyanti

Judul : Hubungan Pola Komunikasi Keluarga dengan Tingkat Depresi Lansia di Desa Kebondalem Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto
Pengarang : Amar Akbar
Abstraksi : Depresi merupakan gangguan perasaan dengan ciri-ciri antara lain: semangat berkurang, rasa harga diri rendah, menyalahkan diri sendiri, gangguan tidur, dan makan. Penderita kelihatan tidak senang, lelah, tidak bersemangat, apatis, bicara dan gerakgeriknya pelan, terdapat anoreksia, isomnia, dan konstipasi. Dukungan keluarga berupa komunikasi sangat diperlukan sebagai salah satu sistem pendukung pada lansia dalam menghadapi depresi penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola komunikasi keluarga dengan tingkat depresi pada lansia. Pada penelitian ini desain yang digunakan analitik korelasi menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah 770 lansia mengambil sampel secara purposive sampling sebanyak 70 responden. Metode pengumpulan data lembar kuesioner. Pengolahan data melalui tahapan Editing, Coding, Scoring, dan Tabulating. Menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian pola komunikasi keluarga responden adalah baik sebanyak 39 keluarga (55,7%).Tingkat depresi sebagian besar tingkat depresi yang dialami oleh lansia dalam kategori sedang sebanyak 49 orang (70%). 0,007 < α 0,05 4 kesimpulannya terdapat hubungan antara komunikasi keluarga dengan tingkat depresi pada lansia. Diharapkan hasil penelitian ini dapat membantu lansia untuk selalu berkomunikasi dengan keluarga agar setiap masalah dapat diselesaikan dengan baik dan tentunya dapat mengurangi terjadinya depresi pada lansia.
Download File   Amar Akbar

Judul : Peran Orang Tua dengan Kemandirian Toileting pada Anak Retardasi Mental di SDLB Negeri Seduri Kabupaten Mojokert
Pengarang : Lida Khalimatus Sa’diya, Nike Afi ana
Abstraksi : Retardasi mental merupakan suatu keadaan yang ditandai dengan fungsi kecerdasan yang berada di bawah rata-rata dan mengalami kesulitan dalam beradaptasi maupun melakukan berbagai aktivitas di lingkungan. 58,33% anak belum mampu melakukan kegiatan toiletingnya secara mandiri. Anak masih membutuhkan bantuan dari orang tua dalam kegiatan toiletingnya. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan peran orang tua dengan tingkat kemandirian toileting pada anak retardasi mental di SDLB Negeri Seduri. Desain penelitian analitik, jenis korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi semua orang tua dan anaknya yang bersekolah di SDLB Negeri Seduri Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto sebanyak 62 responden. Sampel semua orang tua dan anaknya yang bersekolah di SDLB Negeri Seduri. Teknik sampling non probability sampling tipe total sampling. Data diambil menggunakan kuesioner. Di analisis menggunakan cross tabulation. Hasilnya didapatkan dari 35 responden (100%) mempunyai peran orang tua positif dengan tingkat kemandirian anak dalam kategori mandiri sepenuhnya sebanyak 22 responden (62,8%). Sedangkan dari 27 responden (100%) mempunyai peran orang tua negatif tingkat ketergantungan anak kategori sedang sejumlah 13 responden (48,1%). Kesimpulannya terdapat hubungan antara peran orang tua dengan tingkat kemandirian toileting pada anak retardasi mental di SDLB Negeri Seduri.
Download File   Lida Khalimatus Sa’diya, Nike Afi ana

Judul : Hubungan Kelembaban Udara Dalam Rumah dengan Kejadian ISPA pada Anak Usia Toddler
Pengarang : Enny Virda Yuniarti, Nurindah Triwahyuningsih
Abstraksi : Kelembaban udara merupakan salah satu faktor pemicu terjadinya ISPA karena kelembaban udara yang tinggi dapat Memengaruhi daya tahan tubuh seseorang dan dapat meningkatkan kerentanan tubuh terhadap penyakit menular khususnya pada sistem pernafasan. Tujuan Penelitian yaitu untuk mengetahui hubungan kelembaban udara didalam rumah dengan kejadian ISPA pada Anak usia toddler di Puskesmas Sooko Kabupaten Mojokerto. Desain penelitian menggunakan analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasinya didapat selama 1 bulan yaitu seluruh anak usia toddler yang menderita ISPA di Puskesmas Sooko Kabupaten Mojokerto sebanyak 39 anak dengan teknik consecutive sampling. Variabel independen yaitu kelembaban udara dan variabel dependennya tentang kejadian ISPA. Data diambil menggunakan alat ukur higrometer dan cheklist. Setelah terkumpul dilakukan pengolahan data dan menggunakan uji Koefi sien Kontingensi dengan hasil ρ = 0,661 > α 0,05. Hasil penelitian menunjukkan H diterima artinya tidak ada hubungan antara kelembaban udara dengan kejadian ISPA pada anak usia toddler. Untuk menurunkan angka kejadian ISPA berulang saat kelembaban udara didalam rumah baik dan saat kelembaban udara di dalam rumah buruk diperlukan penanganan dini serta diperlukan kebersihan rumah yang optimum pada saat anak mulai terkena ISPA, sehingga anak tidak sampai terkena ISPA berulang.
Download File   Enny Virda Yuniarti, Nurindah Triwahyuningsih

Judul : Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kemandirian Personal Hygiene Lansia di Desa Putih Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri
Pengarang : Nurhidayah
Abstraksi : Kemandirian Personal hygiene Lansia mengandung pengertian yaitu kemampuan yang dimiliki lansia untuk tidak tergantung pada orang lain. Dimana salah satu factor yang memengaruhi kemandirian personal hygiene lansia adalah dukungan keluarga. Dukungan keluarga sangat penting dalam meningkatkan kemandirian personal hgiene lansia karena dapat meningkatkan derajat kemandirian personal hygiene lansia . Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan dukungan keluarga dengan kemandirian personal hygiene lansia di Desa Putih Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri. Desain dalam penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan Cross Sectional . Responden penelitian adalah lansia di Desa Putih Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri sebanyak 50 orang dan diambil secara Purposive sampling, variabel independent adalah dukungan keluarga dan variabel dependent adalah kemandirian personal hygiene lansia. Data dikumpulkan dengan kuesioner kemudian di analisa menggunakan uji Spherman rho dengan tingkat kemaknaan ≤ 0,05. Hasil penelitian pada lansia di Desa Putih Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri sebagian besar kurang mendapatkan dukungan keluarga sebanyak 45 responden (90%), tetapi mereka dapat mandiri dalam melakukan personal hygiene sebanyak 27 lansia (54%). Hasil uji statistik spearman Rho dengan tingkat kemaknaan α < 0,05 didapatkan ρ = 0,351 dengan tingkat yang artinya tidak ada hubungan antara dukungan keluarga dengan kemandirian personal hygiene lansia di Desa Putih Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri. Kesimpulan dukungan keluarga bukan merupakan factor utama dalam kemandirian personal hygiene lansia. Tapi kemandirian personal hygiene merupakan kesadaran dari setiap individu masing-masing.
Download File   Nurhidayah

Judul : Efektivitas Penanganan Dismenore dengan Kompres Hangat dan Obat Anti Nyeri pada Remaja Putri
Pengarang : Umi Narsih, Homsiatur Rohmatin, Agustina Widayati
Abstraksi : Dismenore merupakan salah satu masalah yang mengganggu aktivitas yang dialami oleh sebagian besar remaja putri. Hasil studi pendahuluan dengan metode wawancara yang dilakukan terhadap 10 orang remaja putri di salah satu pondok pesantren Kabupaten Probolinggo pada bulan September 2015, menginformasikan bahwa semuanya (100%) mengalami dismenore dengan lama 2–3 hari. Untuk meringankan dismenore, para remaja putri melakukan berbagai macam penanganan, antara lain: istirahat, tidur, kompres hangat bagian bawah perut, dan penggunaan obat-obatan. Tujuan penelitian adalah menganalisis keefektifan penanganan dismenore dengan kompres hangat dan obat anti nyeri yang dilakukan oleh para remaja putri. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dan desain one group pre and post test design with group control. Populasi yang digunakan adalah remaja putri di salah satu pondok pesantren Kabupaten Probolinggo. Teknik sampling menggunakan purposive sampling, diperoleh sampel 30 orang remaja putri. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan alat ukur Numeral Rating Scale (NRS) serta dianalisis menggunakan t-test, dan paired t-test. Hasil penelitian menginformasikan bahwa dengan terapi kompres hangat terjadi penurunan tingkat nyeri sebesar 5,6, sedangkan dengan terapi anti obat, terjadi penurunan tingkat nyeri sebesar 6,7. Terapi kompres hangat dan obat anti nyeri dapat secara efektif mengatasi nyeri dismenore, walaupun obat anti nyeri lebih efektif dibandingkan kompres hangat. Bagaimanapun juga, kompres air hangat mampu mengurangi rasa nyeri dismenore secara subjektif.
Download File   Umi Narsih, Homsiatur Rohmatin, Agustina Widayati

Judul : Analisis terhadap Upaya Kepemilikan Jaminan Kesehatan di Wilayah Kecamatan Gubeng Kelurahan Mojo Surabaya
Pengarang : Muhadi
Abstraksi : Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) adalah jaminan berupa perlindungan kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan. Jaminan tersebut diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau bagi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) telah dibayarkan oleh pemerintah. Jumlah kepesertaan BPJS Kesehatan di Regional 7 Jawa Timur hingga November 2015 mencapai 21,4 juta orang dari total penduduk hampir 38 juta orang. Artinya, jumlah kepesertaan di wilayah ini telah mencapai 56,31%. Jumlah kepesertaan JKN di Jatim sampai dengan triwulan I 2016 sebanyak 22.622.049 peserta. Tujuan umum penelitian ini adalah analisis terhadap upaya kepemilikan jaminan kesehatan wilayah RW. 02 Kelurahan Mojo Kecamatan Gubeng Surabaya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deksriptif analitik. Sebanyak 89 responden di gunakan Pendekatan waktu digunakan untuk penelitian ini menggunakan rancang bangun cross sectional study. Karakteristik umum responden di Wilayah RW. 02 Kelurahan Mojo Kecamatan Gubeng Surabaya yaitu sebagian besar tamat pendidikan SLTA atau SMA, kebanyakan berprofesi sebagai karyawan swasta. Rata-rata responden berpenghasilan di Bawah UMR yaitu bawah Rp. 3.050.000,-. Masih Banyak Responden yang belum memiliki kartu jaminan kesehatan. Persepsi responden sebagian besar mendapatkan kerumitan ketika mendaftar menjadi peserta. Responden kebanyakan memilih alasan biaya sebagai pertimbangan utama. Sebagian besar risiko sakit tergolong kecil baik di lingkungan tempat tinggal maupun kerja.
Download File   Muhadi

Judul : Pengaruh Teknik Mozaik terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah
Pengarang : Lilis Maghfuroh, Nurul Khotimah
Abstraksi : Anak prasekolah adalah anak usia 3-6 tahun yang belum menempuh sekolah dasar. Diusia ini anak mengalami banyak perkembangan, salah satunya adalah perkembangan motorik halus. Pada survei awal, hampir sebagian anak mengalami perkembangan motorik halus suspect. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik mozaik terhadap perkembangan motorik halus anak prasekolah di TK Dharma Wanita Achmad Yani Desa Bungur Kecamatan Kanor Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan one-group pra-post test design dengan pendekatan one group pre test and post test design. Populasi adalah seluruh siswa anak TK Dharma Wanita Achmad Yani Desa Bungur Kecamatan Kanor Bojonegoro sebanyak 49 anak pada bulan Februari sampai Maret 2016 dan besar sampel sebanyak 44 dengan teknik simple random sampling. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Sign Rank Test dengan tingkat kemaknaan p < 0,05 menggunakan program SPSS V.16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh bermakna teknik mozaik terhadap perkembangan motorik halus anak prasekolah diketahui bahwa nilai Z: -3.000 dan p = 0,003 di mana p < 0,05 maka ada pengaruh teknik mozaik terhadap perkembangan motorik halus anak prasekolah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik mozaik dapat sering dilaksanakan di rumah atau di sekolah guna meningkatkan perkembangan motorik halus anak.
Download File   Lilis Maghfuroh, Nurul Khotimah

Judul : Hubungan Tingkat Religiusitas dan Tingkat Pengetahuan tentang Alat Kontrasepsi dengan Inisiasi Berperilaku Pacaran Permisif pada Remaja di SMAN 1 Rambipuji - Jember
Pengarang : Widia Shofa Ilmiah, Fifin Maulidatul Azizah, Nina Sukma Amelia
Abstraksi : Remaja banyak mengalami maturity gap dan berbagai permasalahan seperti perilaku seksual, kehamilan tidak diinginkan, infeksi menular seksual dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti pada 22 Januari 2016 diketahui pada tahun 2015 terdapat 1 orang yang melakukan seks pranikah yang mengakibatkan kehamilan tidak diinginkan; dan Januari 2016 terdapat 2 orang siswa karena korban pemerkosaan. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat religiusitas dan tingkat pengetahuan tentang alat kontrasepsi dengan inisiasi berperilaku pacaran permisif pada Remaja Kelas III IPS di SMAN 1 Rambipuji Jember. Penelitian ini menggunakan desain analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh remaja kelas III IPS sejumlah 92 orang. Sampel penelitian ini yaitu sebagian remaja kelas III IPS sejumlah 75 orang. Teknik sampling penelitian ini yaitu proporsional random sampling dengan uji statistik regresi logistik berganda. Kesimpulan penelitian ini yaitu Tingkat Religiusitas tidak memiliki pengaruh terhadap Inisiasi Berperilaku Pacaran Permisif dengan nilai P value 0,999 > α 0,05 dan nilai Odd Rasio 0,000. Sedangkan variabel Tingkat Pengetahuan tentang Alat Kontrasepsi memiliki pengaruh terhadap Inisiasi Berperilaku Pacaran Permisif dengan P value 0,048 dan nilai Odd Rasio 4,879 yang artinya variabel Tingkat Pengetahuan tentang Alat Kontrasepsi memiliki peluang 4,879 kali memengaruhi Inisiasi Berperilaku Pacaran Permisif. Institusi pendidikan sebaiknya lebih sering memberikan pendidikan kesehatan pada remaja secara berkala tentang permasalahan kesehatan pada remaja termasuk perilaku berpacaran yang sehat melalui UKS dan BK sehingga remaja dapat berperilaku sehat dan menjalankan reproduksinya secara bertanggung jawab.
Download File   Widia Shofa Ilmiah, Fifin Maulidatul Azizah, Nina Sukma Amelia

Judul : Hubungan Akses Pelayanan Kesehatan dan Pemilihan Penolong Persalinan
Pengarang : Sri Astutik, Wiwin Nur Siam, Kurnia Ramadhani, Edi Susanto
Abstraksi : Saat ini pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan masih belum mencapai target. Di Kecamatan Klabang Kabupaten Bondowoso pada tahun 2014 hanya mencapai 76,06%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan akses pelayanan kesehatan dengan pemilihan penolong persalinan di wilayah kerja Puskesmas Klabang Kabupaten Bondowoso pada tahun 2015. Desain penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian yaitu semua ibu yang sudah melahirkan di wilayah kerja Puskesmas Klabang tahun 2015, dengan jumlah sampel sebesar 103 orang. Analisis data menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan 73,8% responden memilih penolong persalinan pada petugas kesehatan, dan 26,6% ibu memilih dukun. Hasil uji chi-square menunjukkan variabel akses menuju fasilitas kesehatan berkorelasi signifi kan dengan pemilihan penolong persalinan (p = 0,000; OR = 40,83). Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifi kan antara akses pelayanan kesehatan dengan pemilihan penolong persalinan.
Download File   Sri Astutik, Wiwin Nur Siam, Kurnia Ramadhani, Edi Susanto

Judul : Atraumatic Care Menurunkan Kecemasan Hospitalisasi pada Anak Prasekolah di Ruang Anggrek RSUD dr. Soegiri Lamongan
Pengarang : Lilis Maghfuroh
Abstraksi : Hospitalisasi dapat menyebabkan kecemasan pada anak usia prasekolah. Kecemasan anak dapat disebabkan oleh petugas kesehatan, lingkungan baru, dan perpisahan dari keluarga selama dirawat di rumah sakit. Pelayanan Atraumatic care bertujuan untuk mengurangi kecemasan anak atau orang tua selama proses hospitalisasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan atraumatic care dengan kecemasan anak usia prasekolah di ruang anggrek RSUD dr. Soegiri Kabupaten Lamongan. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi analitik dengan pendekatannya cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah consecutive sampling, populasi sebanyak 38 responden dan jumlah sampel didapatkan sebanyak 35 responden. Penelitian ini dilakukan di ruang anggrek RSUD dr. Soegiri Kabupaten Lamongan. Hasil analis uji spearman rank dengan hasil tes, p = 0,000 di mana p < 0,05 dan rs = 0,836 dengan Z hitung = 4,874 di mana Z hitung > Z tabel (1,96) menunjukkan bahwa ada hubungan Atraumatic care dengan kecemasan anak usia prasekolah saat proses hospitalisasi di ruang anggrek RSUD dr. Soegiri Kabupaten Lamongan. Semakin baik penerapan Atraumatic care yang diberikan maka semakin kecil risiko kecemasan yang dialami anak prasekolah saat proses hospitalisasi. Diharapkan perawat dapat memberikan pelayanan Atraumatic care dengan optimal serta meningkatkan kemampuan untuk memahami perilaku anak yang mengalami hospitalisasi.
Download File   Lilis Maghfuroh

Judul : Analisis Efektivitas Hypnobirthing dengan Aromatherapy terhadap Penurunan Nyeri Persalinan Kala I
Pengarang : Vidia Atika Manggiasih, Yulia Puspitasari
Abstraksi : Nyeri selama persalinan dapat memengaruhi proses persalinan, menimbulkan kecemasan pada ibu, menyebabkan timbulnya hiperventilasi, dan peningkatan tekanan darah yang pada akhirnya dapat menyebabkan terjadinya partus lama serta mengganggu kesejahteraan janin. Penanganan dan pengawasan nyeri persalinan terutama pada kala I fase aktif sangat penting, karena ini sebagai titik penentu apakah seorang ibu bersalin dapat menjalani persalinan normal atau diakhiri dengan suatu tindakan dikarenakan adanya penyulit yang diakibatkan nyeri yang sangat hebat. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan manfaat aroma terapi terhadap penurunan tingkat nyeri ibu pada persalinan kala I fase aktif di Poliklinik Ar Rahman Pasuruan Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif observasional. Populasi dalam penelitian ini adalah Ibu yang menjalani persalinan kala I fase aktif di Poliklinik Ar Rachman Pandaan Pasuruan. Berdasarkan hasil uji statistik menggunakan perhitungan Wilcoxon, diketahui bahwa ρ-value < 0,05 yaitu dengan nilai 0,001 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H 0 ditolak dan H diterima yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifi kan pemberian aromatherapy lavender terhadap intensitas nyeri persalinan kala I Kesimpulan dari penelitian ini 1 adalah aroma terapi mempunyai manfaat untuk menurunkan tingkat nyeri persalinan kala I fase aktif. Rekomendasi dari penelitian ini adalah untuk bidan dan ibu bersalin dapat menerapkan metoda aroma terapi dalam mengatasi nyeri pada persalinan kala I fase aktif.
Download File   Vidia Atika Manggiasih, Yulia Puspitasari