Detail Jurnal


Judul : Faktor-Faktor yang Memengaruhi Terjadinya Bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah
Pengarang : Umi Narsih, Muthmainnah Zakiyyah dan Iit Ermawati
Abstraksi : Bayi kurang bulan dan berat lahir rendah adalah satu dari tiga penyakit utama kematian neonatus. Di salah satu rumah sakit di Probolinggo, pada tahun 2011 jumlah kasus BBLR kelompok 0-7 hari sebanyak 370 bayi, bayi hidup sebanyak 341 bayi dan yang mening gal 29 bayi. Pada kelompok 828 hari sebanyak 25 bayi, bayi hidup sebanyak 23 bayi dan yang meninggal 2 bayi. Pada tahun 2012 terjadi kenaikan kasus BBLR pada kelompok 07 hari sebanyak 465 bayi, bayi hidup sebanyak 425 bayi, yang meninggal 40 bayi. Pada kelompok 8-28 hari sebanyak 6 bayi dan semua dalam keadaan hidup. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mempelajari faktor yang mempengaruhi BBLR. Rancang bangun penelitian adalah crossectional. Populasi yang digunakan adalah semua ibu bayi lahir hidup dengan ber at badan lahir rendah usia 028 hari. Teknik pengambilan sampel dengan accidental sampling. Sampel adalah ibu bayi dengan BBLR usia 028 hari yang bersedia diteliti sejak tanggal 1 Januari sampai dengan 30 Juni 2014. Pengumpulan data menggunakan kuesioner serta dianalisis secara univariat, bivariat dan multivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor obstetri, morbiditas, dan paparan zat racun dapat menyebabkan terjadinya bayi dengan berat lahir rendah.
Download File   Umi Narsih, Muthmainnah Zakiyyah dan Iit Ermawati

Judul : Korelasi Penambahan Berat Badan Ibu Selama Hamil dengan Berat Badan Bayi Baru Lahir di RSU Muhammadiyah Ponorogo
Pengarang : Nyila Handayani, Hj. Murniati, Etika Desi Yogi
Abstraksi : Berat badan bayi baru lahir dapat dipengaruhi oleh nutrisi ibu selama hamil dapat dilihat dari penambahan berat badan ibu selama hamil. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara penambahan berat badan ibu selama hamil dengan berat badan bayi baru lahir di RSU Muhammadiyah Ponorogo. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu survey analitik dengan pendekatan cr oss sectional. Populasi pada penelitian ini adalah semua ibu yang bersalin di RSU Muhammadiyah Ponorogo dan memiliki buku KIA pada bulan desember tahun 2015. Sampel berjumlah 31 responden, teknik sampling adalah Accidental Sampling. Instrumen dengan menggunakan buku KIA dan register persalinan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penambahan berat badan ibu selama hamil menunjukkan terdapat hampir setengahnya 13 responden (41,9%) mempunyai penambahan berat badan < 10 kg dan 11 responden (35,4%) mengalami penambahan berat badan 10–12 kg. Berat badan bayi baru lahir yaitu sebagian besar 22 responden (70,9%) adalah BBLN. Hasil uji statistik menggunakan uji Pearson Correlation dengan taraf signifi kansi 0,01 yaitu p = 0,002 sehingga p < α 0,01, maka Ha diterima Dapat disimpulkan terdapat hubungan antara penambahan berat badan ibu selama hamil dengan berat badan bayi baru lahir.
Download File   Nyila Handayani, Hj. Murniati, Etika Desi Yogi

Judul : Ekplorasi Pulse Dorsalis Pedis terhadap Variasi Fasting Plasma Glucose Level sebagai Kandidat Prediktor Early Foot Neuropathy Diabetic
Pengarang : Wiwit Nurwidyaningtyas, Lembah Andriani, Adrianus Paulus Seran
Abstraksi : Pada kasus dibetes, kondisi hiperglikemia dapat mengganggu fungsi seluler termasuk sebagai penyebab kerusakan lapisan endotel yang memungkinkan pelepasan lapisan endotel dari membran basalis. Hal ini akan menyebabkan percepatan aterogenesis pada lower limb yang 2–3 kali leih cepat pada pasien dengan diabetes yang dapat berlanjut pada omplikasi iskemia. Iskemia sendiri ditandai dengan tidak terabanya nadi tungkai sehingga penting bagi perawat untuk melakukan monitoring nadi porterior tibia dan atau nadi dorsalis pedis. Tidak adanya nadi perifer pada tungkai bawah dan bagian telapak kaki menunjukkan buruknya atau penurunan perfusi pada ekstrimitas. Selain itu iskemia juga bisa ditandai dengan munculnya keluhan claudication pain (nyeri selama exercise atau berjalan dan akan hilang dengan istirahat, wana kulit lebih pucat dan capillary refi ll time > 3 detik (Lillian, 2006). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran variasi kadar FPG terhadap nadi dorsalis pedis yang dilakukan pada 40 responden. Hasil analisa data menunjukkan bahwa nadi dorsalis pedis mempunyai hubungan signifi kan dengan FPG yang dibuktikan dengan p.value 0,000, namun nilai koefi sien korelasi yang negatif (-0,523) menunjukkan hubungan yang berbanding terbalik antara dua sub variabel tersebut, dengan kata lain semakin tinggi FPG maka akan menurunkan nadi dorsalis pedis.
Download File   Wiwit Nurwidyaningtyas, Lembah Andriani, Adrianus Paulus Seran

Judul : Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Partisipasi Suami dalam Ber-KB di Desa Tambakrejo Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang
Pengarang : Siti Fatimah
Abstraksi : Keluarga Berencana merupakan suatu tindakan untuk menghindari ataupun mendapatkan kehamilan serta mengatur interval kehamilan istri namun masalah utama yang dihadapi saat ini adalah minimnya pengetahuan dan sikap dari pihak suami dalam pemilihan program KB sehingga menyebabkan rendahnya partisipasi suami dalam ber-KB. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan partisipasi suami dalam ber-KB di Desa Tambakrejo. Desain penelitian yang digunakan adalah correlation dengan pendekatan cross sectional sedangkan teknik pengambilan sampel quota sampling, Jumlah sampel 54 orang. Pengumpulan data dengan wawancara terstruktur menggunakan kuesioner dan dianalisa dengan uji rank spearman. Hasil penelitian didapatkan sebagian besar pengetahuan suami kurang (55,6%) dan sikap responden positif (53,7%) serta suami yang tidak berpartisipasi sebanyak (55,6%). Hasil correlation pengetahuan dengan partisipasi (0,000<0,05) dan correlation sikap dengan partisipasi (0,001<0,05) dan hasil logistic regression adalah erat hubungannya pengetahuan dan sikap dengan partisipasi suami dalam ber-KB sehingga H1 diterima. Pengetahuan suami yang kurang dan sikap suami yang tidak mendukung KB akan menyebabkan rendahnya partisipasi suami dalam ber-KB begitu juga sebaliknya.
Download File   Siti Fatimah

Judul : Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa di MI Islamiyah Kramat Jegu Taman Sidoarjo
Pengarang : Istianah
Abstraksi : Pola asuh merupakan gambaran tentang sikap dan perilaku orang tua dan anak dalam berinteraksi, berkomunikasi selama mengadakan kegiatan pengasuhan. Dalam kegiatan memberikan pengasuh ini, orang tua akan memberikan perhatian, peraturan, disiplin, hadiah dan hukuman serta tanggapan terhadap keinginan anaknya. Berdasarkan survey awal yang dilakukan pada tanggal 25 Maret 2015 di MI Islamiyah Kramat Jegu Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo tahun 2015 dengan memberikan kuisoner terhadap 15 wali siswa kelas IV diperoleh pola otoriter sebanyak 9 (60%) wali siswa dengan kriteria hasil belajar tinggi sebanyak 2 (22,2%) siswa, sedang sebanyak 2 (22,2%) siswa dan rendah sebanyak 5 (55,6%) siswa, pola asuh demokratis sebanyak 6 (40%) wali siswa dengan kriteria hasil belajar tinggi sebanyak 4 (66,7%) siswa dan kriteria sedang sebanyak 2 (33,3%) siswa, tidak didapatkan pola permisif dalam survey. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa masih banyak orang tua yang pola asuhnya otoriter dengan kriteria hasil belajar yang rendah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian analitik secara cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wali siswa yang berjumlah 204 or ang di MI Islamiyah Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo Tahun 2015. Sampel dalam penelitian adalah siswa di MI Islamiyah yang berjumlah 41 siswa Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo Tahun 2015. Hasil dari uji k orelasi spearman didapatkan r artinya bahwa H 0 ditolak H 1 s hitung = 0,445 sedangkan r s tabel = 0,317 sehingga r s hitung > r s tabel atau 0,445 > 0,317 yang diterima. Pada penelitian ini didapatkan ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa di MI Islamiyah Kramat Jegu Taman sidoarjo 2015. Semakin baik pola asuh orang tua yang digunakan semakin baik prestasi belajar yang didapatkan siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa di MI Islamiyah Kramat Jegu Taman sidoarjo 2015.
Download File   Istianah

Judul : Pengaruh Pendidikan Kesehatan tentang Perawatan Tali Pusat Menggunakan Kasa Steril Kering dan Bersih terhadap Pengetahuan Ibu Nifas di RSU Muhammadiyah Ponorogo
Pengarang : Lailana Deviani, Eliya Rohmah, Suprijati
Abstraksi : The purpose of this study was to determine differences of postpartum women knowledge about cord care using sterile dry gauze and clean before and after counseling. Based on the results of preliminary study in Muhammadiyah Hospital of Ponorogo, through interviews with 8 mothers postpartum women. there were fi ve people mentioned in caring of the umbilical cord using alcohol, and the three people mentioned in caring of the umbilical cord using a dry gauze. The type of this research was pre-experimental with one group pretest post test design. The population was puerperal women who cared for the 1 st until 3 rd day in Muhammadiyah Hospital of Ponorogo in February 2016. They were all become the research sample. purposive sampling using as sampling technique. This research was conducted on February 11 to February 17, 2016. The hypothesis tested by statistical tests T-Test Paired with signifi cant p < 0.05. Based the results, before counseling, most respondent have suffi cient knowledge as many as 12 respondents (60%). After counseling the majority of respondents have good knowledge, of 15 respondents (75%). Statistical test results signifi cant value 0.000 < 0.05. This mean that there were an effect of health education about umbilical cord care using sterile dry gauze toward the Knowledge of post partum women In Muhammadiyah Hospital of Ponorogo.
Download File   Lailana Deviani, Eliya Rohmah, Suprijati

Judul : Adanya Anemia pada Kehamilan Trimester III dapat Mengakibatkan Tidak Normalnya Berat Badan Bayi Baru Lahir di Wilayah Kerja Puskesmas Bendo Kabupaten Kediri
Pengarang : Dwi Ertiana, Reni Yuli Astutik
Abstraksi : Ibu hamil cenderung akan mengalami anemia. Rendahnya konsentrasi haemoglobin sebelum kehamilan dan pada saat hamil dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur, Berat Badan Lahir Rendah dan Kecil untuk Usia Kehamilan. Ibu hamil mengalami defi siensi besi sekitar 55% terjadi pada kehamilan trimester III. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis anemia pada kehamilan trimester III terhadap berat badan bayi baru lahir. Desain penelitian yaitu kohort. Lokasi penelitian di wilayah kerja Puskesmas Bendo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Penelitian dilaksanakan tanggal Mei sampai Juli 2016. Populasi penelitian adalah 320 Ibu Hamil Trimester III di Wilayah Kerja Puskesmas Bendo, jumlah sampel 76 responden yang diambil dengan menggunakan teknik proprotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan lembar pengumpul data. Analisa data menggunakan Rho Spearman. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifi kan antara anemia pada ibu hamil trimester III terhadap berat badan bayi baru lahir dengan tingkat pengaruh yang rendah. (p < 0,001, CC = 0,399). Anemia ibu hamil trimester ke III dapat memengaruhi berat badan bayi baru lahir. Ibu hamil diharapkan memperbaiki dan menjaga asupan makanan yang dikonsumsi serta rutin mengonsumsi tablet Fe sehingga dapat mengurangi terjadinya anemia pada kehamilan trimester III.
Download File   Dwi Ertiana, Reni Yuli Astutik

Judul : Profil Penderita TB Paru di UPTD Puskesmas Bringin Kabupaten Ngawi Tahun 2016
Pengarang : Zuyyina Fihayati
Abstraksi : Latar Belakang: Tuberculosis merupakan penyakit infeksi yang mematikan dengan jumlah penderita mencapai jutaan orang di seluruh dunia dan merupakan masalah kesehatan yang penting di dunia. Secara Khusus Tuberculosis termasuk goal dalam delapan goal MDGs. Pengendalian Tuberkulosis (TB) sampai saat ini masih menjadi permasalahan global karena kompleknya penanganannya. Metode: Penelitian deskriptif cross sectional pada penderita Tuberculosis yang berada diwilayah UPTD Puskesmas Bringin Ngawi, jumlah sampel sebanyak 20 orang secara purposive sampling. Hasil: Penderita TB 30% sudah menjalani pengobatan selama 5 bulan dan dinyatakan positip menderita TB berdasarkan pemeriksaan sputum dan gejala klinis serta radiologis. Didapatkan 25% penderita TB yang menderita Diabetes Melitus serta 5% penderita TB yang koinfeksi dengan HIV. Kesimpulan: Prevalensi penderita TB dengan DM (Diabetes Mellitus) sebanyak 25% dan TB koinfeksi HIV (Human Imunnodefi ciency Virus) 5%.
Download File   Zuyyina Fihayati

Judul : Pengaruh Metode BBM Group dalam Meningkatkan Praktek Kepatuhan Terapi minum ARV pada Ibu Rumah Tangga (ODHA) di Jombang
Pengarang : Siti Mudrikatin
Abstraksi : Pemberian intervensi secara komprehensif tentang HIV/AIDS dan ARV perlu di berikan pada ibu rumah tangga (ODHA). Pengetahuan yang benar dan kesadaran mengenai penyakit HIV/AIDS dan pentingnya pengobatan tersebut diharapkan dapat mengurangi ketidakpatuhan ibu rumah tangga (ODHA) dalam terapi ARV. Sehingga diperlukan media untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan praktik kepatuhan mengkonsumsi ARV pada ibu rumah tangga (ODHA). media promosi kesehatan yang dapat digunakan adalah BBM Group dan fi lm. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh BBM Group dan fi lm terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan praktek kepatuhan minum ARV pada ibu rumah tangga (ODHA). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis penelitian adalah quasi- experimental dengan rancangan non equivalent control group. Penelitian ini juga dilengkapi teknik kualitatif berupa need assessment dan uji coba (pretesting) untuk pengembangan BBM Group dan fi lm. Penentuan sampel dilakukan dengan purposive sampling, sampel sebanyak 90 ibu rumah tangga (ODHA) yang terdiri dari masing-masing 30 ibu rumah tangga (ODHA) di Kabupaten Jombang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan pengetahuan, sikap dan praktik yang signifi kan antara sebelum dan sesudah perlakuan, dimana peningkatan pengetahuan, sikap dan praktik pada kelompok perlakuan dengan menggunakan BBM Group dan fi lm di banding tanpa perlakuan pada kelompok kontrol. Saran dalam penelitian ini adalah agar penggunaan BBM group dan fi lm sebagai media promosi kesehatan HIV/AIDS dan ARV untuk menjangkau sasaran ibu rumah tangga (ODHA) yang dikembangkan sesuai dengan karakteristik dan keinginan ibu rumah tangga (ODHA).
Download File   Siti Mudrikatin

Judul : Status Gizi dengan Kejadian Anemia pada Ibu Hamil Trimester III di Puskesmas Jabon, Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang
Pengarang : Ambar Puspitasari
Abstraksi : Pada ibu hamil banyak dijumpai malnutrisi atau kekurangan gizi. Gizi ibu yang kurang ataupun buruk pada waktu konsepsi atau sedang hamil muda dapat menyebabkan kematian atau cacat janin. Mengingat begitu seriusnya akibat yang ditimbulkan oleh anemia dalam kehamilan dan yang paling sering disebabkan karena kekurangan zat besi. Maka permasalahan ini harus diperhatikan dan disertai penanganan yang efektif. Oleh karena itu penulis disini akan meneliti status gizi dengan kejadian anemia ibu hamil trimester III di Puskesmas Jabon Kabupaten Jombang tahun 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifi kasi status gizi ibu hamil trimester III melalui pengukuran LLA dan kejadian anemia melalui pengukuran kadar Hb pada ibu serta menganalisa hubungan antara status gizi dengan kejadian anemia pada ibu hamil trimester III di Puskesmas Jabon Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan metode analitik menggunakan uji chi-Square dengan sampel sebanyak 62 responden ibu hamil trimester III di Puskesmas Jabon Kabupaten Jombang. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa status gizi ibu hamil trimester III melalui pengukuran LLA di Puskesmas Jabon Kabupaten Jombang didapatkan ibu hamil trimester III yang berstatus gizi baik sebesar 62,90% dan yang berstatus gizi kurang sebesar 37,10% dan kejadian anemia melalui pengukuran kadar Hb pada ibu hamil trimester III di Puskesmas Jabon Kabupaten Jombang didapatkan ibu hamil trimester III yang tidak anemia sebesar 61,29% dan yang anemia sebesar 37,71%. Analisa hubungan antara status gizi dengan kejadian anemia pada ibu hamil trimester III di Puskesmas Jabon Kabupaten Jombang didapatkan X hitung sebesar 4,89 dan X 2 tabel sebesar 3,84. Hasil tersebut menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara status gizi dengan kejadian anemia di Puskesmas Jabon Kabupaten Jombang. Saran untuk peneliti berikutnya diharapkan dilakukan penelitian lanjutan yang terkait dengan penelitian ini. Misalnya tentang penyebab anemia pada ibu hamil, kejadian Berat Bayi Lahir Rendah (BBLR) dan gangguan kesehatan yang berkaitan dengan status gizi ibu hamil, pengendalian dari variabel pengganggu dan subyek penelitian lebih diperhatikan, sehingga hasil yang didapat menjadi lebih baik untuk perkembangan ilmu pengetahuan.
Download File   Ambar Puspitasari

Judul : Pengaruh Terapi CD Aktivasi Otak terhadap Prestasi Belajar Siswa
Pengarang : Lilis Maghfuroh, Puntiani
Abstraksi : Anak usia sekolah masih memerlukan bimbingan, perhatian dan bantuan guru atau orang tua untuk menyelesaikan tugasnya dan keinginanya dalam memperoleh prestasi belajar. Terapi CD aktivasi otak dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh CD aktivasi otak terhadap prestasi belajar siswa. Desain penelitian Quasi Eksperimen dengan pendekatan pre dan post desain. Populasi sebanyak 30 siswa dengan sampelnya 28 siswa kelas 4 SDN Selorejo 1 Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan. Metode sampling yang digunakan adalah Simple random sampling. Data penelitian ini diambil dari data prestasi belajar siswa. Hasil analis uji wilxocon dengan hasil tes, p = 0,000 di mana p < 0.05 dan nilai z=0.463 menunjukkan bahwa ada pengaruh CD aktivasi otak terhadap prestasi belajar siswa. Stimulasi yang dihasilkan dari CD aktivasi otak yang didengarkan maka dapat memengaruhi prestasi belajar anak. Diharapkan di sekolah dapat diputarkan CD aktivasi otak 2-3 kali dalam 1 minggu selama 30 menit, tanpa mengurangi waktu belajar maka CD aktivasi otak dapat diputar pada saat jam istirahat.
Download File   Lilis Maghfuroh, Puntiani

Judul : Pengaruh Pemberian Terapi Musik Gamelan terhadap Penurunan Kecemasan pada Ibu Inpartu Kala I di Klinik Darmining Desa Campurejo Kec. Mojoroto Kota Kediri 2015
Pengarang : Titik Juwariah
Abstraksi : Persalinan merupakan suatu proses alamiah yang akan dilewati oleh setiap wanita normal yang telah memiliki pasangan. Tetapi kenyataan yang tidak bisa dipungkiri setiap proses persalinan selalu disertai rasa nyeri yang membuat ibu merasa rasa takut dan cemas untuk menghadapi persalinannya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian terapi musik Gamelan terhadap penurunan kecemasan pada ibu inpartu kala I. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan pendekatan one grouppretest-postest. Populasi adalah semua ibu inpartu yang akan melahirkan di Klinik darmining Desa campurejo Kecamatan Mojoroto kota kediri. Besar sampel adalah sebanyak 20 responden diambil teknik secara Accidental sampling. Variabel independennya adalah terapi musik gamelan dan variabel dependennya adalah kecemasan menghadapi persalinan. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner sebelum pasien di berikan terapi Musik Gamelan dan setelah di beri terapi, kemudian dianalisis menggunakan uji beda Wilcoxon Ranks Test dengan tingkat kemaknaan α = 0,05.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden mengalami kecemasan berat yaitu sebanyak 11 responden (55%), Setelah diberikan terapi musik Gamelan sebagian besar responden mengalami kecemasan ringan yaitu sebanyak 10 responden (50%). Hasil uji statistik Wilcoxon Ranks Test dari perhitungan menggunakan SPSS 16,0 for windows didapatkan hasil 0,001 yaitu lebih kecil dari syarat atau < 0,05, untuk signifi kasinya α = 0,05 >ρ = 0,001 sehingga H 0 ditolak dan H diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh Pemberian terapi Musik Gamelan Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Ibu Inprtu Kala I di klinik Darmining desa Campurejo kecamatan Mojoroto kota kediri.
Download File   Titik Juwariah

Judul : Konsumsi Lemak, Obesitas Abdominal, dan Kadar Kolesterol Darah Karyawan BRI Syariah Kota Kendari
Pengarang : Rita Irma, Sri Yunanci Van Gobel, I Putu Sudarto
Abstraksi : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan konsumsi lemak, Obesitas abdominal dengan kadar Kolesterol darah karyawan BRI Syariah Kota Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian dengan rancangan Cross sectional study dan menggunakan metode pengambilan sampel secara Purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 54,5% (n = 12) karyawan BRI Syariah memiliki pola makan atau kebiasaan makan tinggi lemak dalam kategori lebih. Sebesar 77,3% (n = 17) karyawan BRI Syariah mengalami Obesitas Abdominal. Ada hubungan (P = 0,010) antara kebiasaan konsumsi lemak dengan kadar kolesterol darah pada karyawan BRI Syariah Kota Kendari. Ada hubungan (P=0,011) Obesitas Abdominal dengan kadar kolesterol darah pada karyawan BRI Syariah Kota Kendari.
Download File   Rita Irma, Sri Yunanci Van Gobel, I Putu Sudarto

Judul : Pengaruh Pendidikan Gizi Remaja terhadap Pengetahuan Siswi MTs N Ngunut Babadan Ponorogo
Pengarang : Ela Istiqomah, Hariyanto, Suprijati
Abstraksi : Pentingnya pengetahuan remaja putri tentang gizi remaja menjadi tolak ukur pertumbuhan dan perkembangan remaja selanjutnya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan remaja putri sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan tentang gizi remaja. Jenis rancangan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan rancangan one group pretest postest design, dengan jumlah sampel 32 responden dan menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan uji statistik dua variabel dependent dengan menggunakan Paired T-Test. Signifi kansi ditentukan dengan nilai p < 0,05. Kesimpulkan bahwa hasil perhitungan yang dilakukan menggunakan uji statistic Paired T-Test menunjukkan bahwa ada perbedaan pengetahuan remaja putri sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan tentang gizi remaja di MTs N Ngunut Babadan Ponorogo dengan taraf signifi kan 0,000 < α 0,05.
Download File   Ela Istiqomah, Hariyanto, Suprijati

Judul : Hubungan antara Status Gizi dengan Perkembangan Balita di Paud Sukses Kreatif Mojosantren-Krian
Pengarang : Mufl ikhatul Umaroh
Abstraksi : Status gizi adalah keadaan tubuh sebagai akibat dari konsumsi makanan dan penggunaan zat gizi. Nutrisi adalah salah satu komponen yang penting dalam menunjang keberlangsungan proses pertumbuhan dan perkembangan. Apabila kebutuhan nutrisi seseorang tidak atau kurang terpenuhi maka dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara status gizi dengan perkembangan balita di PAUD Sukses Kreatif Mojosantren-Krian. Desain Penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dan Sampel penelitian ini adalah semua balita yang ada di PAUD Sukses Kreatif Mojosantren-Krian berjumlah 30 responden. Analisis data menggunakan Uji Korelasi Spearman. Berdasarkan hasil analisa melalui uji Korelasi Spearman didapatkan r s hitung = 0,437 Sedangkan r s tabel = 0,368 sehingga r s hitung > r atau 0,437 > 0,368 yang artinya bahwa H 0 ditolak dan H 1 s tabel diterima, berarti ada hubungan antara status gizi dengan perkembangan balita di PAUD Sukses Kreatif Mojosantren-Krian. Di mana balita yang berstatus gizi kurang maka perkembangannya pun akan abnormal. Jadi semakin baik status gizi balita maka semakin baik pula perkembangannya. Sehingga kita sebagai tenaga kesehatan dapat memberikan informasi dan motivasi bagi tempat penelitian untuk melaksanakan program kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan balita terutama dalam upaya preventif dalam mengatasi perkembangan balita sesuai umurnya.
Download File   Mufl ikhatul Umaroh

Judul : Inisiasi Menyusu Dini dan Efikasi Diri Menyusui
Pengarang : Rike Galina Prastia Risti
Abstraksi : Efi kasi diri menyusui adalah keyakinan seorang ibu akan kemampuan untuk menyusui yang mempengaruhi usaha, proses berpikir, dan menanggapi respon saat menemukan kesulitan dalam menyusui. Salah satu faktor positif yang dapat berpengaruh terhadap efi kasi diri menyusui yaitu pengalaman positif dan praktek menyusui pascapersalinan. Inisiasi Menyusu Dini (IMD) merupakan rangsangan awal pemberian Air Susu Ibu (ASI) secara dini dan diharapkan berkelanjutan selama enam bulan pertama. IMD merupakan pengalaman positif yang dapat dialami seorang ibu segera setelah melahirkan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif crossectional yang bertujuan mengetahui ada atau tidak hubungan inisiasi menyusu dini dengan efi kasi diri menyusui yang dilaksanakan pada Bulan AprilMei 2015 di Wilayah Kecamatan Cimahi Selatan Jawa Barat dengan melibatkan 160 responden yang memiliki anak berusia 624 bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IMD berhubungan dengan efi kasi diri menyusui dengan p value sebesar 0,04 dan nilai OR sebesar 2,0 (95%CI=1,0893,817). Ibu dengan pengalaman IMD memiliki efi kasi diri 2 kali lebih tinggi dibanding dengan ibu yang tidak IMD. Setiap tenaga kesehatan seharusnya memfasilitasi proses Inisiasi Menyusui Dini pada ibu dan bayi agar benar-benar meninggalkan kesan mendalam sehingga berdampak pada peningkatan efi kasi diri menyusui.
Download File   Rike Galina Prastia Risti