Detail Jurnal


Judul : Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Proses Berpikir Intuitif Pada Materi Ruang Vektor. (Developing Learning Equipment Based on Intuitive Thinking Process on The Vector Space Subject)
Pengarang : Suroso, Fatriya Adamura
Abstraksi : Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yaitu pengembangan perangkat pembelajaran yang didasarkan pada proses berpikir intuitif. Masalah yang dibahas pada penelitian ini adalah proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran yang berdasarkan proses berpikir intuitif materi ruang vektor pada mata kuliah aljabar linear dan keefektifan pembelajaran yang menggunakan perangkat pembelajaran berdasar proses berpikir intuitif efektif ditinjau dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor jika digunakan pada materi ruang vektor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan perangkat pembelajaran yang berdasarkan proses berpikir intuitif materi ruang vektor pada mata kuliah aljabar linear, memperoleh perangkat pembelajaran yang berdasarkan proses berpikir intuitif materi ruang vektor pada mata kuliah aljabar linear dan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran yang menggunakan perangkat pembelajaran berdasarkan proses berpikir intuitif materi ruang vektor pada mata kuliah aljabar linear. Penelitian dilakukan dengan mengembangkan perangkat pembelajaran yang berdasarkan proses berpikir intuitif kemudian melakukan uji coba terhadap perangkat tersebut untuk mengetahui efektivitas. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini adalah modifikasi model Thiagarajan, Semmel dan Semmel dalam Suhadi (2003) yang dikenal dengan Four-D Model (model 4-D) yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Pencapaian kriteria perangkat pembelajaran berdasarkan proses berpikir intuitif pada materi ruang vektor yang baik ditentukan berdasarkan aktivitas mahasiswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, tes hasil belajar, dan respons siswa terhadap pembelajaran dapat dilihat pada tabel berikut.
Download File   Suroso, Fatriya Adamura

Judul : Jemari Mathematic Smart (Jimath) Game sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Berhitung Perkalian di Kelas III Sekolah Dasar. (Mathematic Smart Fingers (Jimath) Games as efforts in improving the ability of students in Class III Count Multiplication Elementary School)
Pengarang : Benny Handoyo, Dyani Primaningsih
Abstraksi : Penelitian ini merupakan eksperimentasi Jemari Mathematic Smart (JIMATH) game dalam usaha meningkatkan kemampuan berhitung perkalian bilangan bulat siswa kelas 3 sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji adanya pengaruh penerapan Jemari Mathematic Smart (JIMATH) game terhadap kemampuan siswa dalam berhitung perkalian bilangan bulat. Penelitian ini dilakukan di SDN I Klagenserut (kelas kontrol), dan SDN I Grobogan (kelas eksperimen.). Untuk memperoleh data tentang kemampuan siswa dalam berhitung perkalian bilangan bulat maka digunakan beberapa instrumen. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, angket, lembar pre dan pos tes. Data yang telah terkumpul, kemudian dianalisis dengan statistik inferensial menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data, verifikasi hipotesis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai hasil uji t adalah 4,17 dan nilai titik pada t-table adalah 2,00. Ini artinya nilai t-test lebih besar dari nilai t-kritik pada level signifikansi 5 % dan tingkat kebebasan 66. Akhirnya peneliti menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari pelaksanaan JIMATH game terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam berhitung perkalian bilangan bulat.
Download File   Benny Handoyo, Dyani Primaningsih

Judul : Meningkatkan Kualitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII dalam Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Model NHT (Numbered Heads Together) di SMPN 5 Kepanjen Malang. (Improving the Quality of Student Learning Mathematics Class VIII in Using Cooperative Learning Model NHT (Numbered Heads Together) in SMPN 5 Kepanjen Malang)
Pengarang : Abdul Hamid, Anton Prayitno
Abstraksi : Penelitian ini bertujuan menguji keefektifan pembelajaran kooperatif model NHT (Numbered Heads Together) dalam meningkatkan kualitas belajar matematika siswa kelas VIII di SMPN 5 Kepanjen Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang di maksud untuk memberi informasi bagaimana tindakan yang tepat untuk meningkatkan kualitas belajar matematika siswa kelas VIII dalam menggunakan pembelajaran kooperatif model NHT (Numbered Heads Together) di SMPN 5 Kepanjen Malang pada pokok bahasan relasi, fungsi dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan model NHT (Numbered Heads Together) untuk meningkatkan kualitas belajar matematika siswa kelas VIII di SMPN 5 Kepanjen Malang. “Berhasil” setelah dilakukan dalam 2 siklus dengan indikator keberhasilan ≥ 69.
Download File   Abdul Hamid, Anton Prayitno

Judul : Improving Writing Skill Through Facilitative Error Correction Feedback of the Third Semester English Students at IKIP Budi Utomo Malang
Pengarang : Marsuki
Abstraksi : The research aims at describing the improvement of the students’ English writing skill using the facilitative error correction feedback of the third semester English students at IKIP Budi Utomo Malang in academic year 2011/2012 who encountered problems in writing. Based on the preliminary study, it was found that the students had low writing skill with the mean score 61.16. Therefore, the technique was chosen and expected to improve their writing. The research problem to do is ‘How can the facilitative error correction feedback improve the writing skill of the third semester English students at IKIP Budi Utomo Malang ?”. It is a classroom action research containing cycle conducted in the four stages: planning, implementation, observation-evaluation, and reflection to solve the students’ problem. It was done in a cycle consisting of five meetings. The instruments used to collect data were observation checklist, field notes, test, and questionnaire sheet. Based on the data analysis, it was found that the facilitative error correction feedback could improve the writing skill of the English third semester students effectively. They could make progress in their writing. It proved that the mean score of post-test (77.19) was higher than pre-test (61.16). In addition, they were motivated, interested in and enjoyed learning writing.
Download File   Marsuki

Judul : Penanggulangan Kemiskinan Melalui Penyelenggaraan Pendidikan dan Kesehatan Mandiri. (Reducing Poverty Through Self-Organization and Health Education)
Pengarang : Oliandes Sondakh
Abstraksi : Sejak krisis moneter di Indonesia pada tahun 1997, pemerintah Indonesia telah meluncurkan program P2KP (Program Pengentasan Kemiskinan di Perkotaan) guna membantu pengentasan kemiskinan. Dengan strategi ini, masyarakat, termasuk mahasiswa, diharapkan untuk bertindak secara independen dalam upaya untuk mengurangi kemiskinan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana mahasiswa memandang program pendidikan dan kesehatan yang diselenggarakan secara mandiri oleh masyarakat dapat mengatasi masalah kemiskinan dan pengembangan sumber daya manusia di Indonesia. Penelitian ini menggunakan rancangan survey, yaitu teknik pengumpulan data dengan mengambil data dari responden. Adapun analisis yang dipergunakan, yaitu analisis regresi (Regression Analysis) yang merupakan analisis yang dipergunakan untuk menguji pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat dengan skala pengukuran interval atau rasio dalam suatu persamaan linier. Secara umum, hasil penelitian menunjukkan bahwa para mahasiswa memandang program pemerintah dalam menggalakkan peran serta masyarakat secara mandiri (swadaya) dalam upaya penanggulangan kemiskinan sudah cukup baik. Dengan adanya persepsi yang positif ini dapat disimpulkan bahwa apabila dilibatkan dan “didaya- gunakan”, mahasiswa akan menyambut dengan positif gagasan ini, sehingga diharapkan percepatan dalam penanggulangan kemiskinan dapat semakin dicapai. Bagi pihak-pihak yang terkait, seperti universitas dan organisasi kemahasiswaan dapat mengajak peran serta mahasiswa sebagai bagian dari program “Tri Dharma Perguruan Tinggi” untuk pengabdian masyarakat.
Download File   Oliandes Sondakh

Judul : Teaching Literature Within Curriculum
Pengarang : Dian Arsitades W
Abstraksi : Literature basically belongs to the nature of teaching. Henceforth, teaching literature has come up to the field of education. Thanks to the work of literature that has colored the educational curriculum so far. Teaching literature can be said as a reflection of learning the world through the literary work. It is seen that teaching literature aims to make students humanized. This also develops the students’ awareness of how literature can function as discourse-, whose text- is also an access to the knowledge of world both in fiction and in reality. This also belongs to the context of teaching the work of art reflected in text. Here, students can share the benefits or the use of literary work-so called-utile, as well as the pleasure-so called-dulce-so that students share or take a good advantage of knowing and being human who sometimes lives in the complicated world. Nonetheless, in teaching literature, teacher and students find it difficult to work on the text served in the curriculum. As a matter of fact, they (teacher and students) also share the complexity of how to appreciate and comprehend the work of literature if the implementation of its national curriculum is still debatable.
Download File   Dian Arsitades W

Judul : Perlindungan Hukum terhadap Nasabah Penyimpan Dana oleh Lembaga Penjamin Simpanan. (Legal Protection of Deposits Customers to Pass Deposit Guaranty Program by Deposit Guaranty Institution)
Pengarang : Ratnaningsih
Abstraksi : Pada prinsipnya pembentukan Lembaga Penjamin Simpanan untuk mencegah bank runs, turunnya kepercayaan deposan serta dapat meminimalkan krisis pada bank. Upaya yang dilakukan Pemerintah sesuai amanat UU No. 10 Tahun 1998, maka dibentuk Lembaga Penjamin Simpanan berdasarkan atas Undang-Undang No 24 Tahun 2004 tentang Lembaga Penjamin Simpanan. Ada 2 pembahasan untuk menjawab rumusan permasalahan dalam penulisan artikel ini yang pertama tentang urgensi perlindungan hukum terhadap nasabah penyimpan dana pada lembaga perbankan, dan perbaikan pengaturan lembaga penjamin simpanan agar dapat memberikan perlindungan hukum kepada nasabah penyimpan dana. Penulisan ini menggunakan tipe penulisan hukum yuridis normatif. Latar Belakang lahirnya Undang-Undang No. 24 Tahun 2004 tentang LPS karena didasari urgensi perlindungan hukum terhadap nasabah penyimpan dana pada lembaga perbankan diperlukan sebagai upaya menjaga kepercayaan masyarakat terhadap bank, sebagai upaya menghindari financial distress, dan urgensi yang terpenting adalah untuk upaya menjaga stabilitas ekonomi nasional, secara khusus untuk menjaga gejolak moneter dan menekan tingkat inflasi. Pengaturan Undang-Undang No. 24 Tahun 2004 tentang Lembaga Penjamin Simpanan kurang dapat memberikan perlindungan hukum terhadap nasabah penyimpan dana apabila bank mengalami kegagalan. Dengan adanya persyaratan bahwa simpanan tersebut tercatat di bank, dan nasabah tidak menerima bunga diatas nilai simpanan yang dijamin.
Download File   Ratnaningsih

Judul : Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Kewirausahaan pada Mahasiswa D-IV Kebidanan Angkatan 2010 di STIKES Husada Jombang. (View of the Relationship Between Learning Motivation Entrepreneurship Lecture Learning Outcomes in D-IV Midwifery Students Force 2010 in STIKES Husada Jombang)
Pengarang : Ambar Puspitasari
Abstraksi : Belajar di sekolah tinggi diarahkan pada suatu cita-cita tertentu, sehingga memberikan motivasi tertentu pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar mata kuliah Kewirausahaan pada mahasiswa D- IV Kebidanan angkatan 2010 di STIKES Husada Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah semua mahasiswa D-IV Kebidanan angkatan 2010 di STIKES Husada Jombang yang berjumlah 55 orang, dengan random sampling 48 responden. Variabel bebas terdiri dari motivasi belajar. Variabel terikat adalah hasil belajar mata kuliah kewirausahaan. Instrumen menggunakan kuesioner dan lembar nilai ujian semester mata kuliah Kewirausahaan, kemudian di analisis dengan menggunakan Korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil koefisien korelasi (rxy) menunjukkan bahwa rhitung lebih besar dari pada rtabel (0,639 > 0,284) maka terdapat hubungan positif. Kemudian untuk menguji signifikasi harus membandingkan nilai thitung dengan ttabel. Dari hasil perhitungan didapatkan nilai thitung 5,633 sedangkan ttabel 2,012 (dilihat pada rtabel, N=48). Karena 5,633 lebih besar dari 2,012 atau (5,633 > 2,012), maka terdapat hubungan yang signifikan, H0 ditolak. Yang berarti motivasi belajar mahasiswa mata kuliah Kewirausahaan pada mahasiswa D-IV Kebidanan angkatan 2010 di STIKES Husada Jombang yang memiliki hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar. Kesimpulan penelitian, motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar. Disarankan kepada semua dosen menggunakan materi, metode dan evaluasi belajar yang lebih bervariasi dan menarik sehingga hasil belajar yang dicapai mahasiswa lebih baik.
Download File   Ambar Puspitasari