Detail Jurnal


Judul : Improving Writing Skill Through Facilitative Error Correction Feedback of the Third Semester English Students at IKIP Budi Utomo Malang (Meningkatkan Kemampuan Menulis dengan Menggunakan Metode Umpan Balik Koreksi Kesalahan Fasilitatif terhadap Mahasiswa Semester Tiga Jurusan Bahasa Inggris di IKIP Budi Utomo Malang)
Pengarang : Marsuki
Abstraksi : Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis bahasa Inggris dengan menggunakan metode ‘umpan balik koreksi kesalahan fasilitatif’ terhadap mahasiswa jurusan bahasa Inggris semester tiga di IKIP Budi Utomo Malang pada tahun akademik 2011/2012. Mereka mengalami masalah dalam matakuliah menulisnya. Berdasarkan pengamatan awal, ditemukan bahwa nilai rata-rata menulisnya rendah yaitu 61.16. Oleh karena itu, metode ‘umpan balik koreksi kesalahan fasilitatif’ dipilih dan diharapkan dapat meningkatkan prestasi keterampilan menulisnya. Masalah penelitian ini adalah ‘Bagaimanakah metode ‘umpan balik koreksi kesalahan fasilitatif’ dapat meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa bahasa Inggris semester tiga di IKIP Budi Utomo Malang’? Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang memiliki ciri-ciri adanya siklus dan empat fase yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan-penilaian, dan refleksi untuk menyelesaikan masalah menulis mahasiswa. Hanya satu siklus yang terjadi dan terdiri dari lima pertemuan dalam penelitian ini. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan, catatan lapangan, tes dan angket. Berdasarkan analisis data ditemukan, bahwa metode ‘umpan balik koreksi kesalahan fasilitatif’ dapat meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa bahasa Inggris semester tiga IKIP Budi Utomo Malang dengan efektif. Terbukti nilai rata-rata ujian akhir (77.19) lebih baik daripada nilai rata-rata ujian awalnya (61.16). Disamping itu, mahasiswa dapat termotivasi, tertarik dan menikmati belajar menulis.
Download File   Marsuki

Judul : Penerapan Sanksi Pidana dalam Mencegah Terjadinya Perdagangan Orang Application of Criminal Sanctions in Preventing Trafficking in Persons
Pengarang : Dian Ety Mayasari
Abstraksi : Perdagangan orang merupakan salah satu tindak pidana dengan korbannya perempuan dan anak. Perdagangan orang terjadi karena keadaan korban yang mudah ditipu dengan bujukan diajak bekerja dengan gaji tinggi dan fasilitas kerja lengkap. Korban mudah ditipu karena keadaan perekonomian di Indonesia yang susah dan lapangan pekerjaan yang sempit. Kurangnya sosialisasi Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang, sehingga banyak masyarakat yang tidak tahu caracara dan bahaya terjadinya perdagangan orang keadaan korban yang putus sekolah. Selain itu juga lemahnya penegakan hukum dengan pelaku perdagangan orang bebas dari sanksi pidana yang berat membuat pelaku tidak jera melakukan praktik perdagangan orang.
Download File   Dian Ety Mayasari

Judul : Aplikasi Fungsi Diferensial untuk Menentukan Laba Maksimum pada Home Industri Sandal Diadona di Waru Sidoarjo Application of Differencial Function to Determine Maximum Benefit at Diadona Sandal Home Industry in Waru Sidoarjo.
Pengarang : Muchayanah, Indra Iswahyuni
Abstraksi : Jumlah penduduk Indonesia berdasarkan sensus penduduk pada 2010 melebihi jumlah proyeksi nasional yaitu 237,6 juta dengan akselerasi pertumbuhan 1,49 warga per tahun. Pada kurang dari 50 tahun, total Warga Negara Indonesia akan meningkat dua kali atau sekitar 475 sampai 500 juta orang. Karena jumlah penduduk akan selalu meningkat, ada AIS kebutuhan lapangan kerja lebih banyak untuk menangani peningkatan angka pengangguran. Industri rumah tangga saat ini adalah pilihan untuk membuka lapangan kerja (http://ketrampilanhomeindustri. Blogspot.com). Industri rumah tangga umumnya berasal dari bisnis keluarga yang secara otomatis menyebar dan menjadi cara hidup banyak orang, salah satunya adalah Diadona sandal home industri yang berlokasi di Waru Sidoarjo. Diadona industri rumah sandal saat menentukan manfaat dengan menggunakan cara biasa. Industri rumah tangga akan mengetahui keuntungan pada saat barang mereka sudah habis terjual. Yang besar pendapatan dari masing-masing industri akan ditentukan oleh jumlah dan harga barang. Namun, dari jumlah harga barang yang sudah ditentukan, masih belum mampu mencapai keuntungan maksimal. Dengan pendekatan diferensial fungsi, maka akan dapat menentukan barang yang akan diproduksi dan penentuan harga jual barang dengan baik, sehingga akan ada keuntungan maksimal. Berdasarkan hasil analisis yang menggunakan fungsi differentia, dapat disimpulkan bahwa Diadona home industry sandal akan memperoleh keuntungan maksimal dalam satu produksi untuk dapat menghasilkan barang yang total skor 33,54 dengan harga jual Rp244.100, 00 untuk setiap skor.
Download File   Muchayanah, Indra Iswahyuni

Judul : Upaya Peningkatan Daya Saing UKM dengan Hak Merek (An Efforts to Improve the Competitiveness of Small and Medium Enterprises with the Right Trademark)
Pengarang : Agnes Pasaribu
Abstraksi : Hukum Merek yang diatur dalam Undang-Undang Merek No. 15 Tahun 2001, ditetapkan selain untuk memberikan perlindungan terhadap konsumen dalam hal kualitas produk barang atau jasa, juga memiliki peranan guna mewujudkan daya kompetitif dari perusahaan yang bersangkutan. Hal ini tentu berlaku pula untuk UKM. Namun, kalau dicermati hingga kini munculnya UKM yang mampu mempunyai daya kompetitif yang tinggi dengan usaha-usaha besar maupun usaha-usaha lainnya masih merupakan cita-cita saja. Patut disayangkan masih banyak pengusaha di Banyuwangi yang belum mendaftarkan mereknya atau memperpanjang hak atas mereknya karena kurang pengetahuan akan pentingnya hak atas merek.
Download File   Agnes Pasaribu

Judul : Keterwakilan Perempuan pada Lembaga Legislatif Women’s Representation in the Legislature
Pengarang : Ratnaningsih
Abstraksi : Bersamaan dengan bergulirnya era reformasi, perspektif feminisme berkembang di tengah masyarakat Indonesia dengan sangat pesat, bahkan berdirinya pusat studi wanita diberbagai Universitas Negeri maupun Swasta yang memperkenalkan berbagai kajian dan teori-teori feminisme. Seiring dengan itu muncul kesadaran akan pentingnya peran perempuan di lembaga politik. Keterwakilan perempuan di bidang politik harus ditingkatkan karena perempuan perlu ikut mengambil kebijakan menyelesaikan persoalan perempuan dengan menetapkan Undang-undang yang berpihak pada perempuan. Hal ini dikarenakan hanya perempuan yang memahami persoalan perempuan dengan lebih baik karena pengalaman hidupnya sebagai perempuan. Untuk itu partai politik sebagai institusi strategis di negara demokrasi yang bisa dijadikan alat untuk meningkatkan keterwakilan politik perempuan. Intervensi kebijakan affirmative yang lebih komprehensive di Undang-Undang Partai Politik dan Pemilu adalah capaian terbaru yang dihasilkan oleh gerakan perempuan Indonesia sejak tahun 2008.
Download File   Ratnaningsih

Judul : Pengaruh PLPG terhadap Kinerja Guru IPS Bersertifikasi pada SMP Negeri di Kabupaten Jember PLPG Influence on Performance IPS Certified Teacher in Junior High School in Jember
Pengarang : Indria Yuli Susanti,Yusman Isnaini
Abstraksi : Penelitian ini mempunyai untuk menguji dan menganalisi pengaruh Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) yang dilaksanakan pada tahun 2011 di Rayon 116 Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri bersertifikasi di Kabupaten Jember. Sampel penelitian ini adalah guru IPS yang bertugas di Sekolah Menengah Pertama Negeri yang mengikuti sertifikasi melalui jalur PLPG. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan SPSS versi 16.00 for Windows, ditemukan bahwa Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (X) Berpengaruh terhadap Kinerja (Y) Guru IPS Terpadu di Kabupaten Jember. Hal itu bisa dilihat dari subvariable dari PLPG yang terdiri atas Durasi Waktu (X1), Materi (X2) dan Metode (X3) berdasarkan hasil pengujian secara simultan ditemukan bahwa PLPG berpengaruh terhadap kinerja dengan persentase 41%, hal ini menunjukkan bahwa Pendidikan dan Latihan Profesi Guru mampu meningkatkan Kinerja Guru di mana mereka bekerja atau mengajar.
Download File   Indria Yuli Susanti,Yusman Isnaini

Judul : Studi tentang Tanggapan Masyarakat terhadap Upacara Adat Ider Bumi di Desa Kemiren Glagah Banyuwangi Study on Community Response to the Earth Ceremony Ider Village Glagah Kemiren Banyuwangi
Pengarang : Rochsun, Lilis Lestari
Abstraksi : Penelitian ini berbasis produk budaya komunitas masyarakat Using di desa Kemiren Kabupaten Banyuwangi. Salah satu produk budaya yang dimaksud adalah upacara adat ider bumi, di mana sebuah upacara adat yang diselenggarakan setiap tahun pada bulan Sawal (sebutan kalender Islam). Upacara adat ider bumi di desa Kemiren berdasarkan hasil beberapa penelitian dikaitkan dengan keberadaan danyang desa, yang bernama buyut Cili. Penyelenggaraan upacara adat ider bumi ini selanjutnya disinyalir menimbulkan tanggapan pro dan kontra bagi kalangan masyarakat desa Kemiren. Akan tetapi upacara adat ider bumi tetap saja dilaksanakan setiap tahun, bahkan sebagai sebuah agenda rutin kegiatan tahunan desa. Pertanyaannya adalah “Bagaimana tanggapan masyarakat terhadap upacara adat ider bumi di desa Kemiren kabupaten Banyuwangi?” Sejalan dengan pro dan kontra masyarakat terhadap upacara adat ider bumi, maka tujuan penelitian ini adalah, ingin mengetahui tanggapan masyarakat desa Kemiren terhadap upacara adat ider bumi. Hipotesisnya adalah, Masyarakat desa Kemiren kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi lebih suka terhadap penyelenggaraan upacara adat ider bumi. Desain penelitian, menggunakan penelitian survei dengan rancang bangun cross-cetional. Sementara teknik sampling didasarkan pada karakteristik masyarakat yang heterogen dan pemahaman masyarakat terhadap permasalahan, maka sampel diambil dengan cara porpusif sampling. Sumber data diperoleh dari sumber data primer. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode self-adminitered questionnaires. Menggunakan uji statistik non-parametrik uji Chi- kuadrat (2) diperoleh harga 2 hit = 16, dengan taraf signifikansi 5%, dengan dk = 1, maka 2 0,95(1) = 3,841. Berdasar pada kriteria, maka menolak hipotesis alternatif yang telah dibuat. Atas dasar analisis uji statistik tersebut maka dapat dikatakan masyarakat desa Kemiren lebih suka terhadap penyelenggaraan upacara adat ider bumi. Artinya, secara general berdasar konsep statistika non-parametrik bahwa masyarakat desa kemiren secara umum lebih menyukai pelaksanaan upacara adat ider bumi sebagai sebuah upacara tahunan.
Download File   Rochsun, Lilis Lestari

Judul : Faktor-Faktor Berpengaruh dalam Pelaksanaan Program Agropolitan di Kabupaten Tulungagung (Influential Factors in the Implementation Program in the District Tulungagung Agropolitan)
Pengarang : Ardhana Januar Mahardhani
Abstraksi : Konsep agropolitan dilaksanakan dalam rangka memberikan pemerataan pembangunan antara perdesaan dan perkotaan, konsep ini bersumber atas sumber daya perdesaan khususnya dalam bidang pertanian secara luas. Agropolitan mempunyai tujuan untuk pemberdayaan masyarakat lokal. Fokus dalam penelitian ini adalah apa yang menjadi faktor dalam pelaksanaan program agropolitan di Desa Geger Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan tipe penelitian adalah penelitian deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan program agropolitan ini terdapat faktor penghambat yaitu: (1) penguasaan teknologi masyarakat desa, (2) koordinasi antara pemerintah desa dan kelompok tani yang kurang, dan (3) ketersediaan tenaga medis bidang pertanian dan peternakan yang sangat minim. Sedangkan faktor pendukung di antaranya adalah: (1) masyarakat desa yang mempunyai keterampilan secara otodidak, (2) ketepatan pemberian dana dari pemerintah kepada masyarakat, dan (3) ketersediaan sarana prasarana yang lengkap. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksankan maka simpulan umum yang dapat disampaikan adalah dipilihnya Desa Geger sebagai Kota Tani Utama dalam pelaksanaan program agropolitan karena pemerintah daerah menganggap Desa Geger ini memiliki potensi baik secara kewilayahan, sumber daya manusia, maupun sarana prasarana. Saran yang dapat diberikan untuk pelaksanaan program ini lebih bersifat teknis terkait pada sarana prasarana, penambahan modal dari pihak swasta, dan penambahan tenaga medis di bidang pertanian dan peternakan.
Download File   Ardhana Januar Mahardhani