Detail Jurnal


Judul : Analisis Pengaruh Faktor-faktor Pengawasan terhadap Kedisiplinan untuk Peningkatan Produktivitas Kerja Karyawan di PT Trans Moshi-Moshi Surabaya (Analysis of Influence Factors for Control of Improving Productivity Discipline Employees in PT Trans Moshi-Moshi in Surabaya)
Pengarang : Hary Frianto Rachmatul Ullah
Abstraksi : Dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase dan teknik analisis regresi sederhana dengan menggunakan program statistik SPSS. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Disiplin (Y) sebagai variabel terikat dan Pengawasan (X) sebagai variabel bebas dengan indikator sebagai berikut: (1) Ukuran atau standart pekerjaan, (2) Penilaian pekerjaan, (3) Perbandingan hasil pekerjaan dengan ukuran atau standart pekerjaan, (4) Perbaikan atas penyimpangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengawasan mempunyai pengaruh terhadap disiplin kerja pegawai.
Download File   Hary Frianto Rachmatul Ullah

Judul : Pelaku dan Peristiwa (Dari G30S/PKI sampai Supersemar) Mengkritisi Upaya Pelurusan Fakta Sejarah (Actors and Events (from G30S/PKI to Supersemar) Criticising the Rectification Effort Historical Facts)
Pengarang : Surahono
Abstraksi : Surat perintah 11 Maret 1966 atau sering disebut “Supersemar”, berisi surat perintah Presiden Soekarno kepada Letjen Soeharto (Pangkonstrad), untuk mengambil langkah penting mengatasi Negara yang sedang bahaya, akibat terjadinya kudeta PKI pada tahun 1965, atau disebut G30S/PKI. Lahirnya Supersemar menjadi tonggak sejarah lahirnya pemerintahan Orde Baru di Indonesia. Kegagalan kudeta PKI dimanfaatkan oleh Letjen Soeharto, untuk segera mengambil langkah-langkah kongrit mewujudkan tuntutan rakyat “Tritura”, yaitu pembubaran PKI, perbaikan ekonomi nasional dan membersihkan kabinet dari unsure-unsur komunis. Konfrontasi tentang “Supersemar” dipicu oleh berita hilangnya naskah Supersemar asli (tidak tersimpan di Arsip Nasional Republik Indonesia). Sedang yang beredar saat ini ada empat versi naskah Supersemar yang saling berbeda, sehingga sulit memilih mana naskah yang sah. Hal ini terjadi karena cara memperbanyak naskah saat itu dengan cara diketik ulang aau distensil. Kesaksian pelaku G30S/PKI terdapat beberapa macam, tetapi disimpulkan bahwa PKI adalah sebagai dalang kudeta tersebut, sehingga dalam setiap penulisan harus G30S/PKI bukan G30S saja. Hal ini merupakan upaya pelurusan fakta sejarah, agar kemudian hari tidak terjadi penyesatan sejarah pada generasi yang akan datang.
Download File   Surahono

Judul : Analisis Pengaruh Faktor-faktor Kedisiplinan terhadap Prestasi Kerja Pekerja Operasional pada PT Trimarina Jaya di Surabaya (Analysis of Factors Influence of Achievement Disciplinary Operations Employees Working PT Trimarina Jaya in Surabaya)
Pengarang : Ony Kurniawati
Abstraksi : Dalam penelitian ini menggunakan analisis secara kuantitaf. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Regresi Linier Berganda dengan menggunakan OLS (Ordinary Least Squares). Variabel yang digunakan adalah Prestasi Kerja (Y) sebagai variabel terikat dan Kedisiplinan (X) sebagai variabel bebas dengan indikator sebagai berikut: Ancaman (X1), ketegasan terhadap pelaksanaan kedisiplinan (X2), Tujuan dan kemampuan (X3), keteladanan pimpinan (X4). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Secara simultan keempat indikator dari variabel kedisiplinan mempunyai pengaruh terhadap Prestasi Kerja. (2) Pengujian secara parsial menunjukkan ketegasan dalam pelaksanaan kedisiplinan mempunyai pengaruh dominan terhadap Prestasi Kerja.
Download File   Ony Kurniawati

Judul : CALL: Material Development Strategies and Student Autonomy Learning (CALL: Strategi Pengembangan Bahan dan Pembelajaran Mahasiswa Mandiri)
Pengarang : Rica S. Wuryaningrum
Abstraksi : Bahasa pembelajaran pembangunan didukung banyak dengan perkembangan teknologi tidak bisa disangkal. Melalui Komputer Belajar Bahasa Assisted, baik guru dan peserta didik dapat meningkatkan kemampuan berbahasa mereka dan juga mengajar dan kegiatan belajar. Untuk guru, ada beberapa aspek yang perlu mereka ketahui ketika mereka mengembangkan bahan seperti bagaimana mengembangkan bahan yang efektif, bagaimana menghadapi ‘teknologi rendah’ siswa yang tidak familiar dengan komputer menggunakan dan juga bagaimana untuk memvariasikan kegiatan untuk menghindari kebosanan siswa. Keberhasilan siswa dalam menerapkan CALL (Computer Assisted Language Learning) untuk meningkatkan pembelajaran bahasa mereka juga ditentukan oleh faktor-faktor ini, dan belajar menggunakan alat ini dapat meningkatkan belajar mereka otonomi EFL.
Download File   Rica S. Wuryaningrum

Judul : Tolkien’s Artificial Language in Lord of the Ring the Movie ‘The Fellowship of the Ring’ (Bahasa Buatan Tolkien dalam Film Lord of the Ring the Movie ‘The Fellowship of the Ring’)
Pengarang : Rica S. Wuryaningrum
Abstraksi : Ketika film ini, Lord of The Ring, “The Fellowship of the Ring” pertama diluncurkan, perhatian publik terfokus pada hal itu bukan hanya karena efek yang besar dan tindakan yang dilakukan oleh aktor dan aktris, tapi lebih ke cerita dan pesan moral implisit yang ditampilkan dalam film. Namun, bagi ahli bahasa, film ini memiliki sesuatu yang lebih menarik dari yang di atas, karena dalam beberapa adegan, ia melakukan ‘bahasa asing’ yang diciptakan oleh penulis novel, J.R.R. Tolkien. Dia menciptakan sebuah bahasa buatan yang digunakan dalam film, yang cenderung a posteriori bukan a priori, berarti bahwa bahasa ini berasal dalam beberapa cara dari bahasa yang ada, dan mereka telah dibangun oleh ahli bahasa, ahli logika, imam dll (Trask, 1999: 21). Meskipun, bahasa Tolkien tidak begitu populer sebagai bahasa buatan lainnya, masih menarik untuk mengetahui bagaimana Tolkien menciptakan bahasa tersebut dilengkapi dengan tata bahasa dan kosakata yang luas dalam film.
Download File   Rica S. Wuryaningrum

Judul : Hubungan Pola Pengasuhan Ibu dengan Keterampilan Sosial Anak Usia 6 Tahun di TK ABA Kabupaten Jombang (The Relationship between Mothers’ Parenting Style and Six Years Old Children’s Social Skill in Jombang Residency)
Pengarang : Pujiani, Oedojo Soedirham, Windhu Purnomo
Abstraksi : Akhir masa kanak-kanak adalah masa usia sekolah dengan tugas perkembangan utama adalah sosialisasi. Keterampilan anak-anak adalah faktor penting untuk memulai dan memiliki hubungan sosial yang positif dengan masyarakat mereka. Keterampilan sosial yang rendah dapat menyebabkan gangguan perilaku anak. Menurut sebuah studi oleh Kazdin (dalam Carr, 2001) ini menunjukkan bahwa lebih dari 50% anak-anak 4–5 tahun telah menunjukkan gejala gangguan perilaku eksternal yang dapat berkembang menjadi gangguan perilaku permanen. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara pola asuh ibu dan keterampilan sosial anak-anak usia enam tahun di Kabupaten Jombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analitik observasional dengan desain studi cross sectional. Penelitian ini berlokasi di TK ABA di Kabupaten Jombang. Subjek penelitian adalah ibu yang memiliki anak yang belajar di TK ABA di Kabupaten Jombang dan anak itu sudah berusia enam tahun. Jumlah sampel adalah 63 orang. Sampel dikumpulkan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data dilakukan melalui analisis regresi linier ganda dengan ρ = 0,05 dan CI 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum semakin tinggi pola asuh ibu semakin tinggi pula keterampilan sosial anak-anak usia enam tahun. Kesimpulan: pada umumnya pola asuh ibu yang lebih tinggi menghasilkan keterampilan sosial yang baik bagi anak-anak enam tahun. Secara tidak langsung pendidikan ibu dan profesi adalah positif berhubungan dengan keterampilan sosial anak melalui pengasuhan ibu.
Download File   Pujiani, Oedojo Soedirham, Windhu Purnomo

Judul : Perlindungan Hukum terhadap Nasabah Penyimpan Dana oleh Lembaga Penjamin Simpanan (Legal Protection of Deposits Coustomers to Pass Deposit Guaranty Program by Deposit Guaranty Institution)
Pengarang : Ratnaningsih
Abstraksi : Pada prinsipnya pembentukan Lembaga Penjamin Simpanan untuk mencegah bank runs, turunnya kepercayaan deposan serta dapat meminimalkan krisis pada bank. Upaya yang dilakukan Pemerintah sesuai amanat UU No. 10 Tahun 1998, maka dibentuk Lembaga Penjamin Simpanan berdasarkan atas Undang-Undang No. 24 Tahun 2004 tentang Lembaga Penjamin Simpanan. Ada 2 pembahasan untuk menjawab rumusan permasalahan dalam penulisan artikel ini yang pertama tentang urgensi perlindungan hukum terhadap nasabah penyimpan dana pada lembaga perbankan, dan perbaikan pengaturan lembaga penjamin simpanan agar dapat memberikan perlindungan hukum kepada nasabah penyimpan dana. Penulisan ini menggunakan tipe penulisan hukum yuridis normatif. Latar Belakang lahirnya Undang-Undang No. 24 Tahun 2004 tentang LPS karena didasari urgensi perlindungan hukum terhadap nasabah penyimpan dana pada lembaga perbankan diperlukan sebagai upaya menjaga kepercayaan masyarakat terhadap bank, sebagai upaya menghindari financial distress, dan urgensi yang terpenting adalah untuk upaya menjaga stabilitas ekonomi nasional, secara khusus untuk menjaga gejolak moneter dan menekan tingkat inflasi. Pengaturan Undang-Undang No. 24 Tahun 2004 tentang Lembaga Penjamin Simpanan kurang dapat memberikan perlindungan hukum terhadap nasabah penyimpan dana apabila bank mengalami kegagalan. Dengan adanya persyaratan bahwa simpanan tersebut tercatat di bank, dan nasabah tidak menerima bunga diatas nilai simpanan yang dijamin.
Download File   Ratnaningsih

Judul : Analisis Hukum tentang Jamsostek di Kabupaten Tulungagung (Analysis of Law on Jamsostek in the District Tulungagung)
Pengarang : Djoko Heroe Soewono
Abstraksi : Pembangunan nasional dalam rangka pemanfaatan tenaga kerja (buruh) harus khawatir tentang kemakmuran, terutama perlindungan bagi tenaga kerja dan/atau pekerja dan juga mereka keluarga, dan memberikan ketenangan merasa pekerjaan dan kepastian untuk melanjutkan penerimaan produksi keluarga sebagai pengganti dalam satu sepenuhnya beberapa hilang sepenuhnya dari produksi. Hukum asuransi pekerjaan diperkirakan memberikan jaminan perlindungan hukum bagi program asuransi peserta pekerjaan itu. Konstruksi hukum asuransi pekerjaan adalah membuat kenaikan kontradiktif, baik di domain abstrak atau menyesal, yang dapat memengaruhi kepentingan pekerja merugikan. Karena itu, perlu asuransi recontruct hukum keberadaan pekerjaan dan lembaga yang mengangkat pejabat negara sipil, terutama dalam domain fungsional dan demi hukum atau penegakan hukum dan kepastian hukum.
Download File   Djoko Heroe Soewono

Judul : How Speech Act Applied in Daily Life; The Revelation of Mark Sway’s Characteristics in Grisham’s the Client by Using Act Theory (Bagaimana Speech Act Digunakan dalam Kehidupan Keseharian; Mengkaji Karakteristik Mark Sway dalam Penggunaan Grisham dengan Menggunakan Teori Speech Act)
Pengarang : Endah Nur Tjendani
Abstraksi : Kurangnya kesempatan dalam menggunakan bahasa Inggris menimbulkan celah komunikasi antara penutur bahasa Indonesia dan bahasa Inggris pada pengucapan mereka. Speech act yang digunakan oleh penutur asli pada pengucapannya menghasilkan pemahaman yang sulit. Situasi ini bisa menimbulkan persoalan sosial dan psikologis, kehilangan makna dalam bahasa Inggris, rasa malu, dan bingung. Selanjutnya adalah penting bagi mahasiswa memahami speech act secara teori dan praktiknya, sehingga kajian iini berjudul “Mengkaji Karakteristik Mark Sway dalam Penggunaan Grisham dengan Menggunakan Teori Speech Act.” Penelitian ini bertujuan untuk menemukan karakteristik Mark Sway dalam penggunaan Grisham berdasarkan pada teori Speech Act, yang kemudian digunakan untuk penerapan komunikasi aktif. Pendekatan yang digunakan adalah rancangan kualitatif milik Day, dengan data pengucapan yang terkumpul dibagi menjadi 3 macam karakter. Sumber data adalah dokumen dengan analisa Speech Act oleh Austin dengan prosedur; menemukan locutionary act (makna literal) dalam pengucapan, menemukan illocutionary act (makna contextual) dan data perlucotionary act, selanjutny temuan karakter yang ada dalam Mark Sway berasal dari data locutionary act, illocutionary act, dan perlocutionary act. Ditemukan bahwa karakter pengucapan yang digunakan oleh Mark adalah santun, cerdas, berani, dewasa, dan lelaki egois. Temuan ini adalah sangat penting untuk mahasiswa bahwa makna dalam bahasa yang digunakan komunikasi tidak hanya mempunyai makna tersirat saja, tetapi juga yang tersurat (makan literal dan contextual) yang juga biasa digunakan dalam keseharian.
Download File   Endah Nur Tjendani

Judul : Beban Pembuktian Terbalik Tindak Pidana Korupsi dalam Perspektif Juridis Sosiologis (Crime of Evidence Charges of Corruption on Backward Juridical Sociological Perspective)
Pengarang : Harry Murti
Abstraksi : Pada dasarnya pembangunan diarahkan untuk memajukan dan meningkatkan kehidupan masyarakat, sedang pembangunan non-phisik diarahkan untuk melahirkan manusia yang berkualitas dan diharapkan secara berkesinambungan meneruskan cita-cita bangsa, menjaga kedaulatan negara, menciptakan keadilan dan kemakmuran bagi seluruh rakyat, bukan sebaliknya menciptakan keresahan di kalangan rakyat dan membahayakan pembangunan sosial-ekonomi, sendi kehidupan bangsa, serta negara. Penggerogotan keuangan negara melalui korupsi dapat menghacurkan cita bangsa, karena itu perlunya pemberantasan tindak pidana korupsi melalui penciptaan perundang-undangan yang bersifat extra ordinary, dengan menjunjung rasa keadilan, kepastian hukum, penegakan hukum, memperhatikan hak asasi manusia. Harapan ini dalam tingkat implementasi belum mencapai apa yang dicitakan rakyat. Konstruksi undang-undang yang diterbitkan para penguasa masih tumpang tindih dan penormaan yang kabur, kontradiktif-interpretatif, di samping warna kepentingan, berujung ketidakpastian hukum, untuk itu perlunya pencermatan dalam setiap pembuatan undang-undang, dengan asas kehati-hatian, hak asasi manusia, kepastian hukum dan keadilan.
Download File   Harry Murti