Detail Jurnal


Judul : Kepuasan Kalangan Dunia Usaha terhadap Manajemen Pelayanan Publik (Studi Kasus di Pemerintah Kota Kediri) (Business World Satisfaction for Public Service Management (Case Study of Government of Kediri)
Pengarang : Ulul Albab
Abstraksi : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikan persepsi (penilaian) masyarakat kalangan dunia usaha – sebagai pengguna layanan publik – terhadap kualitas pelayanan yang dilakukan oleh Pemkot Kediri. Jumlah pengusaha yang diteliti adalah 318 orang, meliputi; 75,8% toko eceran, 5,7% dagang, 2,5% jasa, 0,6% manufaktur, dan 15,4% lain-lain. Jenis pelayanan publik yang dimintakan tanggapan adalah: Pelayanan Administrasi Dasar (meliputi pelayanan pengurusan ijin IMB, izin usaha, ijin lingkungan, pembayaran pajak dan retribusi); Pelayanan Infrastuktur Dasar dan Utility (meliputi infrastruktur dan lingkungan umum, manajemen transportasi dan lalu lintas, pelayanan umum); dan sejumlah pertanyaan umum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak semua layanan publik yang disediakan dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat kalangan dunia usaha. Mereka yang memanfaatkan layanan pada umumnya menyatakan puas. Tingkat kepuasan mereka terhadap pelayanan publik yang disediakan berkisar antara 70% sampai dengan 100%. Penelitian ini merekomendasikan agar penyedia layanan publik lebih aktif mensosialisasikan semua jenis layanan yang disediakan. Sehingga dengan demikian akan tercipta kondisi yang lebih baik, baik bagi kalangan dunia usaha itu sendiri, maupun bagi kalangan Pemerintah Daerah yang bersangkutan.
Download File   Ulul Albab

Judul : Perlindungan Hukum terhadap Perempuan dari Kekerasan dalam Rumah Tangga di Kabupaten Lumajang (Legal Protection of Women Victims of Domestic Violence)
Pengarang : Ratnaningsih
Abstraksi : Perlindungan hukum terhadap perempuan korban kekerasan dalam rumah tangga menjadi perhatian tersendiri, karena banyaknya kekerasan dalam rumah tangga dengan korban perempuan. Penelitian ini mengkaji perlindungan hukum yang diberikan kepada perempuan korban kekerasan dalam rumah tangga di Kabupaten Lumajang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persoalan pandangan patriakhi dan kurangnya sosialisasi KDRT merupakan penyebab utama tingginya tindak kekerasan dalam rumah tangga.
Download File   Ratnaningsih

Judul : Metode Kooperatif dalam Pembelajaran Sastra (Penggunaan Model Jigsaw pada Kelas Pengantar Ilmu sastra) (Literature Cooperative Learning Methods (Jigsaw Model Application in Humanities Conveyor Class)
Pengarang : Rida Wahyuningrum
Abstraksi : Metode Kooperatif adalah salah satu strategi pengajaran yang menekankan pada aktivitas pelajar. Strategi ini bertujuan untuk mengoptimalkan pencapaian para murid, yang ditunjukkan dengan kerjasama tim untuk mencapai kesepakatan sasaran pembelajaran. Poin penting dari strategi ini adalah partisipasi grup, aturan permainan, usaha tim, dan sasaran pembelajaran yang akan dicapai. Di antara model-model yang ada di Metode Kooperatif, Jigsaw adalah salah satu yang populer. Model ini membagi kelas menjadi beberapa tim, masing-masing terdiri dari 6 anggota. Setiap anggota tim bertanggung jawab untuk tugas yang diberikan dan mengajarkan tugas yang sudah diembannya. Cara ini dikenal sebagai tim ahli. Jurnal ini akan menjabarkan aplikasi Jigsaw pada pembelajaran puisi-puisi berbahasa Inggris dalam pengenalan Pembelajaran Sastra.
Download File   Rida Wahyuningrum

Judul : Stres Kerja dan Kompensasi dapat Berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai Bagian Gamma Rays Kantor Bea Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Perak Surabaya (Work Stress and Compensation Be Able to Influence Toward Employee Performance in Gamma Rays Division of Middle Type Customs Office in Customs Tanjung Perak Surabaya)
Pengarang : Eddy Yunus, Irsan Komar
Abstraksi : Tujuan penelitian untuk mempelajari seberapa besar pengaruh stres kerja dan kompensasi terhadap kinerja pegawai, secara simultas maupun parsial, sekaligus menentukan pengaruh yang paling kuat. Metode penelitian kuantitatif dengan populasi pegawai Bagian Gamma Rays, sample 60 orang, dan teknik analisis data menggunakan Regresi Linear Berganda. Hasilnya bahwa: stres kerja dan kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, sedang variabel yang berpengaruh dominan adalah stres kerja. Agar pimpinan melalui pemeliharaan stres kerja dan kompensasi yang diberikan kepada pegawai, dengan meningkatkan kondisi kerja diharapkan karyawan merasa aman, tenang, dan nyaman di tempat kerja.
Download File   Eddy Yunus, Irsan Komar

Judul : Metacognition dan Multirepresentasion in Mathematic Learning Metakognisi dan Multi Reprensentasi dalam Pembelajaran Matematika
Pengarang : Much. Zainul Arifin
Abstraksi : Pemahaman matematika adalah representasi mental dan merupakan bagian dari jaringan representasi. Pemahaman, selalu terkait dengan kesiapan siswa, yaitu kesiapan untuk mampu mencerna pelajaran yang sangat bergantung pada perkembangan kognisinya yang dapat ditingkatkan mencapai batas optimal dengan pengayaan melalui pengalaman. Selain faktor kesiapan, tingkat pemahaman dapat ditentukan oleh sejumlah pengaitan. Suatu ide-ide matematika, prosedur atau fakta dapat dipahami sepenuhnya jika hubungan yang ada dalam jaringan representasi, lebih kuat atau lebih banyak keterkaitannya. Iiini menunjukkan bahwa dalam pemahaman matematika tidak semata-mata terbatas pada keterkaitan objek-objek matematika, tetapi juga pemahaman penggunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari.
Download File   Much. Zainul Arifin

Judul : Pengaruh Kekuatan Persaingan Industri Pendidikan Tinggi terhadap Strategi Bersaing Program S1 Manajemen Pada PTS (Higher Education Industry Influence to Competitive Strategy of S1 Management Program on Private Higher Education)
Pengarang : Arijo Isnoer Narjono
Abstraksi : Perubahan-perubahan di dalam lingkungan industri sejak tahun 1997 telah memberi pengaruh yang besar pada perkembangan perguruan tinggi swasta (PTS) di kota Malang – Jawa Timur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kekuatan persaingan industri pendidikan tinggi yang meliputi ancaman pendatang baru, ancaman program SI Non Manajemen, kekuatan tawar-menawar mahasiswa, kekuatan tawar-menawar pemasok, dan persaingan di antara penyelenggara yang telah ada, berpengaruh terhadap strategi bersaing program S1 Manajemen pada PTS di Kota Malang. (2) Ancaman masuknya penyelenggara baru harus dicermati secara tajam agar tidak mengganggu strategi bersaing yang ada.
Download File   Arijo Isnoer Narjono

Judul : Alumni Pesantren dan Isu Terorisme (Terorism Issue and Alumny of Islamic Boarding School)
Pengarang : M. Agus Syukron, Muh. Bahruddin
Abstraksi : Maraknya aksi terorisme di Indonesia yang melibatkan alumni pesantren adalah sebuah fonomena menarik untuk dikaji. Dengan menggunakan kategori pesantren tradisional modern, peneliti memilih pendekatan interaksionisme simbolik untuk mengkaji pengalaman hidup para informan (responden). Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode quota sampling yakni dengan menelaah orang-orang yang merepresentasikan kategori-kategori partisipasi yang berbeda. Dengan menggunakan metode penelitian yang bersifat kualitatif, peneliti melakukan observasi dan wawancara secara mendalam kepada 15 (lima belas) informan yang tersebar di wilayah Jawa Timur dengan kategori pendidikan lulusan SMA, mahasiswa, dan sarjana. Penelitian ini menghasilkan dua kategori pemikiran dan perilaku alumni pesantren yaitu pola Moderat Religius dan Moderat Nasionalis. Kedua pemikiran tersebut mengedepankan sikap toleransi setiap menghadapi persoalan apa pun di masyarakat. Mereka menentang aksi kekerasan dalam bentuk apa pun dan dengan alasan apa pun, termasuk aksi bom bunuh diri dengan mengatasnamakan jihad. Bedanya, pola Moderat Religius menggunakan dasar agama yang kokoh, sedangkan Moderat Nasionalis menggunakan dasar budaya bangsa yang mengedepankan norma dan adat setempat.
Download File   M. Agus Syukron, Muh. Bahruddin

Judul : Kapasitas Kebijakan Pengarusutamaan Gender dalam Konteks Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Jember (Studi Kasus di Desa Jelbuk Kecamatan Jelbuk dan Desa Sabrang Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember) (Capacity of Gender Mainstreaming Policy in Context Election of Head Countryside in Jember (Case Study in Countryside of Jelbuk District of Jelbuk and Countryside of Sabrang District of Ambulu)
Pengarang : H. Supardi
Abstraksi : Tujuan penelitian adalah mengevaluasi Kapasitas kebijakan Pengarusutamaan Gender dengan cara menilai penyertaan laki-laki dan perempuan dalam organisi penyelenggara Pemilihan Kepala Desa, serta menggambarkan faktor-faktor yang memengaruhi Kapasitas Kebijakan Pengarusutamaan gender dalam proses Pilkades di Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data skunder diperoleh dari Bagian Pemerintahan Desa Sekretariat Kabupaten Jember, Kantor camat Jelbuk, Kantor Desa Jelbuk, Kantor Camat Ambulu dan Kantor Desa Sabrang. Data primer diperoleh dengan wawancara mendalam, sedangkan banyaknya informan ditentukan dengan teknik snowball. Analisis data berproses secara induksi-interpretasi-konseptualisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dari 166 Pemilihan Kepala Desa telah melibatkan 7.228 orang dengan proporsi, perempuan 640 orang (9%), laki-laki mencapai 6.588 (91%). Dalam hal pengurus inti, dari jumlah 1.251 orang, 1.184 (95%) di antaranya adalah laki-laki, sedangkan 67 (5%) adalah perempuan. Dengan proporsi tersebut menggambarkan adanya kesenjangan gender yang amat lebar (keterlibatan perempuan kurang dari 10%), dapat disimpulkan bahwa kapasitas kebijakan pengarusutamaan Gender dalam konteks Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Jember terbilang buruk. Faktor-faktor yang diduga sebagai penyebabnya adalah: rendahnya pemahaman para penyelenggara Pilkades terhadap kesetaraan gender yang dipicu oleh tidak adanya pasal yang secara khusus dan jelas mengatur tentang kesetaraan gender; persepsi para penyelenggara Pilkades yang cenderung bias gender, patriarkis; dan mekanisme rekruitmen penyelenggara Pemilihan Kepala Desa yang melalui penunjukan sehingga menutup akses bagi masyarakat luas (termasuk perempuan) untuk terlibat di dalamnya.
Download File   H. Supardi

Judul : Cultural Reflection in Rhetoric and Linguistic Features as Found in the English and Indonesian Essays Written by the English Undergraduate Students of IKIP Budi Utomo Malang (Refleksi Budaya dalam Fitur Retorika dan Bahasa yang Terdapat dalam Karangan Esai Bahasa Inggris dan Indonesia yang Ditulis oleh Mahasiswa Bahasa Inggris IKIP Budi Utomo Malang)
Pengarang : Marsuki
Abstraksi : The different background of culture and especially thought patterns affect students’ language especially their written works as Edward Sapir and Benjamin L. Wholf argued in their two popular theories, namely linguistic relativity and linguistic determinism. The general objectives of the study are to find out and describe to what extent the cultural reflection in rhetoric and linguistic features as found in the English and Indonesian essays written by the English undergraduate students of IKIP Budi Utomo Malang shows similarities and differences. The specific objectives of the study are to compare and contrast (1) the rhetorical features developed and organized, (2) the coherence reflected, and (3) the sentence complexity found in the English and Indonesian essays written by the English undergraduate students of IKIP Budi Utomo Malang. This study belongs to a qualitative research which refers to words, sentences, expressions, meanings and symbols of the English and Indonesian essays containing cultural reflection in rhetoric and linguistic features of the English and Indonesian essays which arouse similarities and differences as the data. There are eleven students who include the subject of the research chosen on the basis of the certain criteria and the key instrument of the study is the researcher himself. Based on the research findings, both of the essays have similarities and differences among the students in the following ways. First, in the development and organization of the rhetorical features it is found that both of the essays have introduction, body or content, and conclusion with similar and different ways of writing. Second, in terms of the reflection of coherence, it is found that the students’ essays are classified into ‘being coherent’ and ‘being coherent enough’. Third, in the sentence complexities, it is found that the essays contain four different types of sentences: simple sentences, compound sentences, complex sentences, and compound-complex sentences with similarities and differences among the students. As a whole many of the English undergraduate students of IKIP Budi Utomo Malang have not still achieved the good criteria of writing especially in English academically, and some of them have done it. Unlike their English essays, many of their Indonesian essays are rhetorically, grammatically, and coherently better than the English essays. The students express their ideas more easily and progressively than the English essays. None of the students write the English and Indonesian essays excellently.
Download File   Marsuki

Judul : Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Keefektifan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Sampang (The Influence of Emotional Intelligence to the Leadership Effectiveness of the State Elementary School’s Headmaster in Sampang Regency)
Pengarang : M. Amirusi
Abstraksi : Tujuan penelitian: (1) mengetahui tingkat kecerdasan emosional dan keefektifan kepemimpinan kepala sekolah dasar negeri di Kabupaten Sampang; (2) menganalisis seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional (kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial) secara parsial dan simultan terhadap keefektifan kepemimpinan kepala sekolah dasar negeri di Kabupaten Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan berjenis penelitian korelasional. Populasi penelitian ini seluruh kepala sekolah dasar negeri di Kabupaten Sampang yang berjumlah 559 orang, sedangkan jumlah sampel penelitian 41 kepala sekolah yang diambil dari 3 kecamatan yang mewakili seluruh populasi dengan teknik sampling menggunakan area proporsional random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis menggunakan uji statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil analisis menunjukkan: (1) tingkat kecerdasan emosional dan tingkat keefektifan kepemimpinan kepala sekolah dasar negeri di Kabupaten Sampang rata-rata berkategori tinggi; (2) kesadaran diri dan pengaturan diri secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keefektifan kepemimpinan kepala sekolah; (3) motivasi, empati, dan keterampilan sosial secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keefektifan kepemimpinan kepala sekolah, dan (4) kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keefektifan kepemimpinan kepala sekolah dasar negeri di Kabupaten Sampang.
Download File   M. Amirusi