Detail Jurnal


Judul : Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Komitmen Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Pegawai PT. Pelindo Marine Surabaya
Pengarang : FX. Adi Purwanto
Abstraksi : Kecerdasan emosional mengajarkan tentang integritas, kejujuran, komitmen, visi, kreativitas, ketahanan mental kebijaksanaan dan penguasaan diri. Selain kecerdasan emosi hal lain yang tidak kalah penting yang harus dimiliki oleh pegawai adalah kecerdasan spiritual. Kecerdasan intelektual yang tinggi dan kecerdasan emosi yang baik belum sempurna tanpa kecerdasan spiritual. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan komitmen organisasi terhadap kepuasan kerja. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada pegawai Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Pasuruan berjumlah 96 pegawai. Penelitian ini menggunakan non probability sampling yaitu purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel sesuai dengan kriteria sampel yaitu Pegawai Negeri Sipil yang sudah dinilai kinerjanya berdasarkan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP). Untuk menjawab tujuan penelitian menggunakan analisis regresi liner berganda. Variabel bebas terdiri dari kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan komitmen organisasi dan variabel terikat adalah kepuasan kerja. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh secara serempak kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan komitmen organisasi terhadap kepuasan kerja sebesar 61,5%; (2) terdapat pengaruh secara parsial kecerdasan emosional terhadap kepuasan kerja sebesar 32,5%; (3) terdapat pengaruh secara parsial kecerdasan spiritual terhadap kepuasan kerja sebesar 44,6%; (4) (2) terdapat pengaruh secara parsial komitmen organisasi terhadap kepuasan kerja sebesar 27,0%; (5) kecerdasan spiritual berpengaruh dominan terhadap kepuasan kerja.
Download File   FX. Adi Purwanto

Judul : Analisis Matriks Boston Consulting Group (BCG) terhadap Kinerja Sekolah Tinggi dalam Upaya Menciptakan Keunggulan Bersaing di Lingkungan Kopertis Wilayah VII Jawa Timur
Pengarang : Novianto Eko Nugroho
Abstraksi : Pendidikan Tinggi adalah jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program diploma, program sarjana, program magister, program doktor, dan program profesi, serta program spesialis yang memiliki keunggulan masing-masing dengan strategi meliputi cost benefit, differentiation dan focus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui posisi tingkat pertumbuhan pasar pada perguruan tinggi khususnya Sekolah Tinggi berdasarkan market growth dan market share, menggunakan matriks BCG. Unit analisis adalah semua perguruan tinggi swasta yang termasuk dalam Kopertis Wilayah VII Jawa Timur, yang terdiri dari Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Akademi dan Politeknik. Objek analisis adalah jumlah penerimaan mahasiswa baru. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penulisan ini adalah dengan metode riset lapangan yang meliputi metode riset kepustakaan. Berdasarkan perhitungan matriks BCG untuk mengetahui pertumbuhan pangsa pasar (market growth) telah diketahui mengalami penurunan sebesar -20,57% dari tahun sebelumnya sebesar -13,34% menunjukkan pertumbuhan pangsa pasar Sekolah Tinggi tidak baik, sedangkan hasil perhitungan pangsa pasar relatif pada tahun 2015 didapat hasil sebesar 8,97 dan pada tahun 2016 didapat hasil sebesar 6,69 dan berdasarkan dari kedua hasil tersebut, maka dapat digambarkan bahwa posisi Sekolah Tinggi berada dalam kuadran III Sapi Perah (Cash Cows).
Download File   Novianto Eko Nugroho

Judul : Evaluasi Performa Ruang Kuliah di Kampus X
Pengarang : Mariana Wibowo1, Purnama E.D. Tedjokoesoemo2, Rebecca Soebagio3
Abstraksi : Dalam proses penilaian bangunan ramah lingkungan (green building assessment), proses Evaluasi Pasca Huni atau Post Occupancy Evaluation (POE) merupakan salah satu proses penilaian yang wajib dilakukan berkala. Pada tahun 2015, Kampus X membangun Gedung yang baru sebagai bagian pengembangan fisik kampus guna merespons tingkat okupansi dan peminatan yang semakin tinggi. Gedung yang baru merupakan gedung yang mengacu pada konsep bangunan ramah lingkungan dan akan menjadi salah satu landmark kota Surabaya. Sebagai fasilitas edukasi, ruang kelas merupakan fasilitas utama yang memegang peranan penting dalam proses belajar mengajar, oleh karena itu hasil evaluasi pasca huni yang dilakukan pada ruang kelas gedung yang lama sangat penting untuk dilakukan untuk menjadi acuan referensi pembangunan serta pengembangan fasilitas ruang kelas Gedung yang baru mendatang. Penelitian ini dilakukan dengan metode campuran yang mengolaborasikan metode penelitian kuantitatif dengan kualitatif dan melibatkan mahasiswa sebagai responden. Hasil evaluasi pasca huni ruang kelas untuk mahasiswa desain interior di gedung yang lama menunjukkan bahwa performa ruang kelas dipersepsikan baik oleh mahasiswa. Ruang kelas dengan kapasitas sedang memiliki performa keseluruhan yang lebih baik daripada ruang kelas kapasitas besar. Namun demikian, ada beberapa aspek yang harus diperbaiki yaitu aspek yang berhubungan dengan kebersihan, elemen pengisi ruang, kebisingan, dan suhu udara.
Download File   Mariana Wibowo1, Purnama E.D. Tedjokoesoemo2, Rebecca Soebagio3

Judul : Hubungan antara Status Gizi dengan Kebugaran Jasmani pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Jombang
Pengarang : Nur Iffah
Abstraksi : Status gizi adalah ukuran keadaan gizi seseorang, kecukupan gizi yang diperoleh dari zat-zat makanan sehari-hari. Kebugaran Jasmani adalah kondisi tubuh seseorang yang melakukan aktivitas sehari-hari tanpa merasakan lelah yang berarti, sehingga masih bisa melakukan aktivitas-aktivitas yang lain dengan kondisi tubuh yang tetap stabil. Peserta didik kelas VII SMPN 1 Jombang banyak yang mengalami kelelahan dan mengantuk setelah melakukan pelajaran Penjaskes. Peserta didik mengatakan belum mengetahui status gizi dan kebugaran jasmani mereka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara status gizi siswa usia 1316 tahun dengan kebugaran jasmani pada siswa kelas VII SMPN 1 Jombang. Berdasarkan jenisnya, penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Dalam penelitian ini sampel diambil secara random sampling atau disebut sampel acak. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 1 Jombang berjumlah 320 peserta didik terdiri dari 10 kelas yang di-random menjadi 2 kelas dengan jumlah 64 peserta didik. Pengambilan data menggunakan tes dan pengukuran. Untuk mengukur status gizi peneliti menggunakan pengukuran antropometri yaitu Indeks Masa Tubuh (IMT) dan recall 24 jam. Untuk mengukur kebugaran jasmani peneliti menggunakan Multistage Fitness Test. Dari hasil perhitungan korelasi product-moment r = -0,437, jadi terdapat hubungan sedang antara status gizi peserta didik usia 1316 tahun dengan kebugaran jasmani siswa kelas VII SMPN 1 Jombang tahun pelajaran 2016/2017, dari hasil perhitungan korelasi spearman , jadi terdapat hubungan mendekati sempurna antara status gizi peserta didik usia 1316 tahun dengan kebugaran jasmani siswa kelas VII SMPN 1 Jombang tahun pelajaran 2016/2017, dari rumus koefisien determinasi terdapat hubungan sebesar 19,00% antara status gizi peserta didik usia 1316 tahun dengan kebugaran jasmani siswa kelas VII SMPN 1 Jombang tahun pelajaran 2016/2017 dan hasil perhitungan kebermaknaan koefisien korelasi dengan taraf signifikan 5% thitung (3,822) ttabel (2,000) maka H0 ditolak atau H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara status gizi peserta didik usia 1316 tahun dengan kebugaran jasmani siswa kelas VII SMPN 1 Jombang tahun pelajaran 2016/2017.
Download File   Nur Iffah

Judul : The Observed Benefits of Learner-Learner Interaction During Task Completion
Pengarang : Priska Pramastiwi
Abstraksi : Karena interaksi sosial berdampak terhadap pembelajaran, sistem pengelolaan kelas (lingkungan yang kompetitif, kooperatif atau individualistik) telah banyak diteliti. Meskipun peserta didik dapat kehilangan minat untuk bersaing dan kurang mampu mengatur strategi belajar pribadi, lingkungan belajar kolaboratif telah terbukti dapat mempengaruhi kinerja secara positif. Di samping pembelajaran kooperatif, yang merupakan kerja kelompok terstruktur didorong oleh interdependensi positif dan akuntabilitas individu, interaksi antarpelajar juga mendasari pembelajaran kolaboratif, sebuah pendekatan dialogis yang didasarkan pada prinsip scaffolding dan zone of proximal development. Meskipun berbeda dalam aplikasi di dalam kelas, kedua teknik pembelajaran yang mengutamakan interaksi ini membawa manfaat tak tertandingi, yaitu kemajuan kognitif, alur pemikiran higher-order, sikap belajar positif, dorongan motivasi, dinamika kelas yang positif dan kepercayaan diri. Berasal dari kerangka teoretis pembelajaran kooperatif dan kolaboratif, yang menganjurkan interaksi sosial, makalah ini menyajikan keuntungan utama interaksi antarpelajar dalam akuisisi bahasa, khususnya dalam pertukaran informasi dan pembentukan lingkungan belajar afektif, berdasarkan analisis percakapan dua pelajar bahasa Inggris dalam aktivitas belajar.
Download File   Priska Pramastiwi

Judul : Keterbukaan Keuangan Partai Politik terhadap Praktik Pencucian Uang dari Hasil Tindak Pidana Korupsi
Pengarang : Denny Arinanda Kurnia
Abstraksi : Pemilu adalah sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang diselenggarakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Pelaksanaan pemilu memiliki banyak dinamika, antara lain biaya perahu politik yang mahal, dana kampanye yang mahal untuk politik pencitraan, ongkos konsultasi dan survei pemenangan yang mahal serta politik uang. Keterbukaan keuangan partai politik sangat penting di dalam pelaksanaan pemilu, karena banyak aliran hasil korupsi yang dipakai dalam pemilu. Akibatnya masyarakat tidak percaya kepada partai politik, atau sebagian masyarakat Indonesia mulai tidak lagi simpatik pada partai politik. Gagasan regulasi keterbukaan keuangan partai politik harus digagas dengan seksama di dalam rencana kodifikasi pemilu Indonesia. Ke depan Indonesia harus memiliki pengaturan dana kampanye atau dana politik yang transparan, akuntabel, serta memiliki sanksi yang tegas dan mengikat para pihak yang terlibat, sehingga masyarakat kembali percaya lagi kepada partai politik, dan yakin partai politik tempat menyalurkan aspirasi mereka dalam pemberian hak dalam pemilu.
Download File   Denny Arinanda Kurnia

Judul : Implementasi Konsep Beautiful Blend pada Interior Esther House of Beauty Surabaya
Pengarang : Janice Salim
Abstraksi : Esther House of Beauty adalah salah satu klinik kecantikan asal Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1994. Klinik perawatan kecantikan ini didirikan oleh dr. Esther Pertiwi dengan visi Harmony Treatment for True Beauty. Tetapi sayangnya ada beberapa faktor yang menjadi kendala bagi klinik kecantikan ini untuk dapat berkembang dan lebih dikenal oleh masyarakat luas. Salah satunya ialah tidak adanya karakteristik yang cukup menonjol untuk dapat bersaing dengan brand-brand klinik kecantikan lainnya. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mempromosikan Esther House of Beauty ialah dengan membuat suatu branding pada interior klinik kecantikan ini, dengan menonjolkan nilai kebudayaan lokal sebagai daya tarik utamanya. Artikel ini merupakan hasil perancangan penulis untuk menjawab kebutuhan tersebut. Ruang komersial yang dirancang menempati eksisting di salah satu tenant Mall Ciputra World Surabaya yang terletak strategis di pusat kota dan merupakan salah satu mall terbesar di Surabaya. Konsep desain yang diterapkan pada perancangan ini ialah Beautiful Blend, yang fokus pada keselarasan unsur alam, teknologi, dan nilai-nilai budaya. Ruang yang dirancang adalah resepsionis beserta area tunggu, area display produk, ruang konsultasi, ruang tindakan, ruang perawatan tubuh, ruang perawatan wajah, ruang perawatan rambut, pantry dan ruang terapis, serta ruang penyimpanan.
Download File   Janice Salim

Judul : Peran LPMD dan Proyeksi Anggaran dalam Program Kerja Desa Se-kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi
Pengarang : Andhika Wahyudiono
Abstraksi : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran LPMD dan proyeksi anggaran dalam program kerja desa Se-kecamatan Rogojampi melalui analisis regresi linier berganda untuk mengetahui hubungan antara tiga variable baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah LPMD dan proyeksi anggaran se-kecamatan Rogojampi terdiri dari 6 desa dengan jumlah penduduk Desa Rogojampi yaitu 104 dan sampel yang ditentukan 52 orang yang dipilih secara proporsional random sampling. Data analisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan LPMD dan proyeksi anggaran berpengaruh signifikan terhadap program kerja baik secara parsial maupun simultan. Pengaruh LPMD dan proyeksi anggaran terhadap program kerja desa sebesar 63% sedangkan sisanya 37% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Download File   Andhika Wahyudiono