Detail Jurnal


Judul : Pola Asuh Orang Tua terhadap Status Personal Hygiene pada Anak Prasekolah di RA Al-Hidayah Jombang
Pengarang : Semi Naim
Abstraksi : Keberhasilan anak prasekolah dalam meniti tugas perkembangannya tidak lepas dari bimbingan dan perhatian yang diberikan oleh keluarga, khususnya kedua orang tua. Fakta yang ditemukan terdapat beberapa hal yang menyebabkan anak yang tinggal bersama orang tuanya tidak mencapai tingkat kemampuan perawatan diri yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan status personal hygiene pada anak prasekolah di RA Al-Hidayah Pagotan Keplaksari Peterongan Jombang.Desain penelitian ini adalah korelasi-cross sectional. Populasi semua orang tua dan anak prasekolah di RA Al-Hidayah Pagotan Keplaksari Peterongan Jombang sebanyak 92 orang dengan teKnik Simple Random Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 75 orang. Variabel independen adalah pola asuh orang tua, sedangkan variabel dependent-nya adalah status personal hygiene pada anak prasekolah, pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan uji rank spearman. Berdasarkan hasil penelitian sebagian besar pola asuh orang tua adalah demokratis sebanyak 37 responden (49,3%), sebagian besar status personal hygiene pada anak prasekolah adalah baik sebanyak 37 responden (49,3%). Hasil uji rank spearman didapatkan ρ = 0,000 < 0,05 maka H1 diterima atau H0 ditolak artinya ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan status personal hygiene pada anak prasekolah di RA Al-Hidayah Dusun Pagotan Desa Keplaksari Peterongan Jombang. Untuk dapat membentuk kemandirian pada anak, diharapkan agar lebih meningkatkan sikap positif dalam mendidik dan menerapkan pola asuh yang tepat kepada anaknya dan juga memberikan semangat serta dorongan kepada putra- putrinya agar menggali potensi dan kemampuan diri.
Download File   Semi Naim

Judul : Nilai-Nilai Moral Cerita Anak Karya Ulfah Hafidzah: Kajian Struktural
Pengarang : Moh. Zainudin
Abstraksi : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unsur-unsur intrinsik yang membangun cerita anak karya Ulfah Hafidzah dan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan data berupa kata-kata, kalimat, atau pun dialog dalam cerita anak berjudul Terompet Meira karya Ulfah Hafidzah, yang dimuat dalam majalah Bobo 5 Januari 2017. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pembacaan secara cermat, pengkodean, dan pencatatan. Selanjutnya teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi: 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil dan pembahasan terhadap cerita anak karya Ulfah Hafidzah adalah, semua unsur intrinsik terpenuhi dan hubungan antara unsur intrinsik yang satu dengan yang lainnya sangat erat dan tidak bisa dipisahkan. Dalam cerita anak tersebut juga terdapat nilai-nilai moral, baik yang berhubungan dengan Allah, diri sendiri, sesama manusia, maupun dengan lingkungan.
Download File   Moh. Zainudin

Judul : Hubungan Kecerdasan Emosi dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Mata Ajar Bahasa Inggris Mahasiswa Semester II Prodi DIII Keperawatan Tahun Ajaran 2015–2016
Pengarang : Siswoto, Sylene
Abstraksi : Kecerdasan emosi merupakan kemampuan dan kesadaran seseorang untuk memahami dirinya dalam mengatur perasaan dan kecemasan, sedangkan motivasi berprestasi berarti dorongan dan keinginan untuk mencapai tujuan. Dalam kegiatan belajar mengajar mata kuliah Bahasa Inggris Prodi DIII Keperawatan terlihat bahwa mahasiswa yang memiliki motivasi yang tinggi maka memiliki prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang kurang motivasi dalam mempelajari Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Bahasa Inggris. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasar perhitungan korelasi variabel kecerdasan emosi terhadap prestasi belajar mahasiswa mengindikasikan tidak adanya hubungan di antara keduanya. Nilai variabel motivasi berprestasi dengan prestasi belajar diperoleh koefisien korelasi motivasi prestasi 0,623 dan p < 0,05 dan disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar. Setelah dilakukan analisis uji regresi linear berganda diperoleh R = 0,654 dan R 2 = 0,428 sehingga dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosi dan motivasi berprestasi secara simultan memengaruhi prestasi belajar sebesar 42,8%, sedangkan 57,2% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Download File   Siswoto, Sylene

Judul : Hubungan Kualitas Pelayanan Program BPJS dengan Tingkat Kepuasan Suami Pasien Bersalin di RSU Al-Islam H.M. Mawardi Krian Sidoarjo
Pengarang : Istianah
Abstraksi : Kualitas pelayanan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam usaha menciptakan kepuasan yang dirasakan oleh pasien selaku pengguna jasa pelayanan rumah sakit. Salah satu cara menarik minat pelanggan di rumah sakit adalah dengan cara bekerja sama dengan penyedia layanan jasa seperti Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Berdasarkan hasil studi awal yang dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan kuesioner pada tanggal 16 sampai dengan tanggal 21 Maret 2016 di RSU Al-Islam H.M. Mawardi Krian Sidoarjo terhadap 10 suami pasien bersalin pengguna program BPJS, didapatkan 10 (100%) suami pasien bersalin yang menilai kualitas pelayanan program BPJS dalam kategori baik, 3 (30%) suami pasien bersalin mengatakan puas dengan program BPJS, dan 7 (70%) suami pasien bersalin mengatakan tidak puas dengan program BPJS. Untuk penilaian kualitas pelayanan dalam kategori cukup baik dan kurang baik tidak ada. Hal ini menunjukkan masih banyaknya suami pasien yang merasa tidak puas dengan adanya program BPJS meskipun kualitas pelayanannya dalam kategori baik. Desain penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik cross sectional dengan jumlah sampel 42 responden yaitu semua suami pasien bersalin yang mengantarkan istrinya bersalin di RSU Al-Islam H.M. Mawardi Krian Sidoarjo, metode pengambilan sampel dengan menggunakan Sampling Jenuh, alat ukur yang digunakan adalah lembar Angket, setelah itu diberikan nilai dengan tabulasi frekuensi yang di analisa dengan uji statistik Spearman. Dari hasil uji Korelasi Spearman didapatkan r s hitung = 40,32 Sedangkan r s tabel = 0,313 sehingga r s hitung > r atau 40,32 > 0,313 yang artinya bahwa H 0 ditolak dan H 1 s tabel diterima, berarti ada hubungan antara kualitas pelayanan program BPJS dengan tingkat kepuasan suami pasien bersalin di RSU Al-Islam H.M. Mawardi Krian Sidoarjo tahun 2016. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan ada hubungan antara kualitas pelayanan program BPJS dengan tingkat kepuasan suami pasien bersalin. Semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan semakin puas yang dirasakan oleh suami pasien bersalin. Oleh karena itu, peneliti memberikan informasi dan motivasi kepada suami pasien bersalin sebagai penanggung jawab biaya persalinan sehubungan dengan kebutuhan ekonomi yang meningkat agar lebih menaati kewajiban sebagai peserta BPJS sehingga kualitas pelayanan yang diberikan oleh BPJS dapat dirasakan lebih mudah oleh penggunanya.
Download File   Istianah

Judul : Gap Kualitas Pelayanan Peserta BPJS Pascakenaikan Tarif Premi BPJS di RSUD dr. Mohamad Soewandhie
Pengarang : Serlly Frida Drastyana
Abstraksi : BPJS Kesehatan mulai memberlakukan kenaikan tarif BPJS Kesehatan pada April 2016. Kenaikan iuran BPJS Kesehatan membuat ribuan peserta memilih turun kelas karena merasa tidak sanggup membayar iuran. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis gap kualitas pelayanan peserta BPJS pascakenaikan tarif premi BPJS di rawat inap RSUD dr. Mohamad Soewandhie tahun 2016. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan studi cross sectional. Penelitian dilaksanakan di RSUD dr. Mohamad Soewandhie Surabaya. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2016. Populasi adalah semua peserta BPJS di rawat inap RSUD dr. Mohamad Soewandhie Surabaya. Sampel adalah sebagian peserta BPJS di rawat inap RSUD dr. Mohamad Soewandhie Surabaya sebanyak 30 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis gap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gap kualitas pelayanan pada semua atribut < 0, berarti harapan pasien terhadap kualitas pelayanan lebih besar dibandingkan dengan persepsi kualitas pelayanan di rawat inap RSUD Dr. M. Soewandhie dan pasien merasa tidak puas. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah harapan pasien terhadap kualitas pelayanan lebih besar dibandingkan dengan persepsi kualitas pelayanan di rawat inap. BPJS perlu analisis kebutuhan dan keinginan peserta BPJS terhadap pelayanan kesehatan dan monitoring evaluasi secara berkala tentang kualitas pelayanan peserta BPJS pada setiap Instansi yang bekerja sama dengan BPJS
Download File   Serlly Frida Drastyana

Judul : Analisis terhadap Upaya Kepemilikan Jaminan Kesehatan di Wilayah Kecamatan Gubeng Kelurahan Mojo Surabaya
Pengarang : Muhadi
Abstraksi : Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) adalah jaminan berupa perlindungan kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan. Jaminan tersebut diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau bagi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) telah dibayarkan oleh pemerintah. Jumlah kepesertaan BPJS Kesehatan di Regional 7 Jawa Timur hingga November 2015 mencapai 21,4 juta orang dari total penduduk hampir 38 juta orang. Artinya, jumlah kepesertaan di wilayah ini telah mencapai 56,31%. Jumlah kepesertaan JKN di Jatim sampai dengan triwulan I 2016 sebanyak 22.622.049 peserta. Tujuan umum penelitian ini adalah analisis terhadap upaya kepemilikan jaminan kesehatan wilayah RW 02 Kelurahan Mojo Kecamatan Gubeng Surabaya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deksriptif analitik. Pendekatan waktu digunakan untuk penelitian ini menggunakan rancang bangun cross sectional study. Karakteristik umum responden di Wilayah RW 02 Kelurahan Mojo Kecamatan Gubeng Surabaya yaitu sebagian besar tamat pendidikan SLTA atau SMA, kebanyakan berprofesi sebagai karyawan swasta. Rata-rata responden berpenghasilan di Bawah UMR yaitu bawah Rp. 3.050.000,-. Masih Banyak Responden yang belum memiliki kartu jaminan kesehatan. Persepsi responden sebagian besar mendapatkan kerumitan ketika mendaftar menjadi peserta. Responden kebanyakan memilih alasan biaya sebagai pertimbangan utama. Sebagian besar risiko sakit tergolong kecil baik di lingkungan tempat tinggal maupun kerja.
Download File   Muhadi

Judul : Pengaruh E-filing dan Sosialisasi Perpajakan terhadap Kewajiban Penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi
Pengarang : Ahmad Idris
Abstraksi : Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adakah pengaruh layanan e-filing dan sosialisasi perpajakan terhadap kewajiban penyampaian SPT Orang Pribadi pada KPP Pratama Pare baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Sampelnya adalah wajib pajak orang pribadi sebanyak 398 orang menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan analisis determinasi diperoleh R Square sebesar 0,76 yang artinya persentase sumbangan pengaruh variabel e-filing dan variabel sosialisasi perpajakan terhadap variabel kewajiban penyampaian SPT OP sebesar 76%. Uji F diperoleh nilai 626,736 yang membuktikan adanya pengaruh bersama-sama antara e-filing dan sosialisasi perpajakan terhadap kewajiban penyampaian SPT OP. Berdasarkan uji t, pengaruh e-filing terhadap kewajiban penyampaian SPT OP secara parsial diperoleh nilai 8,872, sedangkan pengaruh sosialisasi perpajakan terhadap kewajiban penyampaian SPT OP secara parsial diperoleh nilai 10,313.
Download File   Ahmad Idris