Detail Jurnal


Judul : Peningkatan Pemahaman Grafik Fungsi Trigonometri Siswa MA Darul Huda Sugihwaras melalui Penerapan Media Pembelajaran Program Maple
Pengarang : Ahmad Kholiqul Amin
Abstraksi : Penelitian ini diadakan dengan tujuan untuk mengetahui: 1) Apakah peningkatan pemahaman grafik fungsi trigonometri siswa dengan menerapkan media pembelajaran program maple lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran konvensional (tanpa bantuan program maple), 2) Bagaimana aktivitas dan ketuntasan belajar siswa dengan menerapkan media pembelajaran program maple. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu, sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI A dan XI B MA Darul Huda Sugihwaras Bojonegoro. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, observasi dan tes. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t independent, sebelum dilakukan uji hipotesis perlu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji keseimbangan. Hasil penelitian menunjukkan 1) Peningkatan pemahaman grafik fungsi trigonometri dengan menerapkan media pembelajaran program maple lebih baik daripada siswa dengan pendekatan konvensional (tanpa bantuan program maple), 2) Aktivitas dan ketuntasan belajar siswa dengan menerapkan media pembelajaran program maple lebih tinggi daripada siswa dengan pembelajaran konvensional (tanpa bantuan program maple)
Download File   Ahmad Kholiqul Amin

Judul : Mengukur Tingkat Perencanaan Partisipatif dalam Penyusunan RPJMD Kota Mojokerto
Pengarang : Ahmad Zainul Ihsan Arif
Abstraksi : Selama ini, kajian-kajian tentang pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) lebih banyak ditinjau dari perspektif administrasi publik. Kajian RPJMD dalam ranah politik kebijakan masih jarang ditemui. Untuk mengisi kekosongan kajian ini, penelitian ini membahas penyusunan RPJMD dari sisi analisis perencanaan partisipatif dalam penyusunan RPJMD 2014–2019 di Kota Mojokerto untuk mewujudkan good local governance. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif yang berusaha untuk menjelaskan bagaimana proses perencanaan partisipatif dibangun dalam rangka penyusunan RPJMD periode 2014-2019 Kota Mojokerto, serta faktor-faktor politik yang mempengaruhi proses perencanaan partisipatif. Permasalahan dan solusi tersebut di atas nantinya dapat dijadikan ukuran keberhasilan perencanaan parsitipatif dalam ranah desentralisasi di Indonesia.
Download File   Ahmad Zainul Ihsan Arif

Judul : Pengaruh Media Flashcard terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Prasekolah (Usia 5–6 Tahun) di TK PGRI Prunggahan Kulon Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban
Pengarang : Hamidatus Daris Sa’adah
Abstraksi : Kemampuan mengenal lambang bilangan merupakan salah satu tingkat pencapaian perkembangan kognitif pada anak usia dini yang perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Prasekolah (Usia 5–6 Tahun) Di TK PGRI Prunggahan Kulon Kec. Semanding Kab. Tuban Penelitian ini menggunakan “Pre Eksperimental Design” dengan tehnik “One Group Pre – Post Test Design”. Populasi adalah semua anak prasekolah (usia 5–6 tahun) sejumlah 52 anak dengan kemampuan mengenal lambang bilangan, sedangkan sampel sebanyak 27 orang yang diambil menggunakan teknik “Purposive Sampling”. Variabel independen dalam penelitian ini adalah media flashcard, sedangkan variabel dependen adalah kemampuan mengenal lambang bilangan. Instrumen yang digunakan adalah Kartu Flashcard dan Lembar Observasi Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. Analisis data menggunakan “uji wilcoxon” dengan taraf signifikan α = 0,05. Perangkat yang digunakan adalah SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikan peningkatan daya ingat didapatkan angka Z = –4,710 dan p= 0,000. Karena p = 0,000 < α = 0,05 maka, H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, pemberian media flashcard terbukti berpengaruh terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak prasekolah (usia 5–6 tahun) di TK PGRI Prunggahan Kulon Kec. Semanding Kab. Tuban. Penggunaan media dalam pembelajaran mengenal lambang bilangan yang tepat sangat diperlukan agar tidak merusak pola perkembangan anak, flashcard merupakan salah satu media untuk melatih otak kanan untuk mengingat gambar dan kata-kata, sehingga perbendaharaan kata dapat bertambah dan meningkat.
Download File   Hamidatus Daris Sa’adah

Judul : Deiksis dalam Rubrik Pendidikan dan Kebudayaan Surat Kabar Kompas Edisi 27 Juni 2011
Pengarang : Dian Purnama Sari
Abstraksi : Bahasa yang digunakan media cetak adalah bahasa tulis jurnalistik yang memiliki aturan-aturan tersendiri. Suatu wacana dalam media cetak disusun karena adanya suatu tujuan atau pesan yang ingin disampaikan. Kompas adalah salah satu media cetak yang menyoroti masalah pemerintahan dan perekonomian yang sedang berlangsung di Indonesia. Salah satu rubriknya, yaitu pendidikan dan kebudayaan. Di dalam rubrik ini terdapat deiksis yang memiliki fungsi untuk mengemas bahasa dan kalimat agar lebih efektif dan efisien. Deiksis ini terjadi karena adanya penggantian konteks. Selanjutnya, deiksis yang sering muncul di dalam rubrik ini berupa deiksis persona, deiksis ruang, deiksis waktu, dan deiksis wacana. Adapun deiksis sosial tidak ditemukan di dalam rubrik Pendidikan dan Kebudayaan karena sifat bahasa jurnalistik yang objektif dan netral.
Download File   Dian Purnama Sari

Judul : Peningkatan Keterampilan Menulis Diskripsi melalui Model Pembelajaran Kontekstual Tipe Cooperating Siswa Kelas X SMK PGRI 7 Surabaya
Pengarang : Fransisca Romana Sunarmi
Abstraksi : Di beberapa sekolah pembelajaran bahasa Indonesia tidaklah selalu menyenangkan, bahkan cenderung menjadi hal yang kurang penting, karena kurangnya minat belajar pada siswa sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Hal ini perlu menjadi perhatian kita semua khususnya para pendidik (guru). Dengan rumusan masalah: Bagaimana efektivitas pendekatan kontekstual cooperating dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada materi keterampilan menulis Diskripsi melalui laporan di kelas X SMK PGRI 7 Surabaya, penulis melakukan penelitian dengan tujuan mendiskripsikan proses pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan pendekatan kontekstual Cooperating. Selanjutnya supaya dapat mengetahui apakah pendekatan kontekstual tipe Cooperating dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada materi keterampilan menulis diskripsi, mampu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pendidik sebagai alternatif dalam pemilihan metode atau pendekatan dalam mengajar, bagi siswa bermanfaat meningkatkan minat dan hasil belajarnya, dan bagi penulis bermanfaat sebagai masukan yang positif dengan bertambahnya wawasan tentang berbagai pendekatan dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini digunakan metode Tes dan Observasi dengan subyek penelitian siswa kelas X SMK PGRI 7 Surabaya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual tipe Cooperating dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada materi keterampilan berbicara melalui laporan dapat meningkatkan keterampilan menulis diskripsi dengan menggunakan metode kontekstual tipe Cooperating untuk siswa kelas X SMK PGRI 7 Surabaya, hal ini dapat dilihat dari perbedaan pada siklus I dan siklus ke II yang pada siklus I ada siswa 7% yang masuk dalam kategori sangat baik. Pada kategori baik ada 35% dan pada kategori cukup ada 48%, dan sisa 10% yang masuk dalam kategori kurang dan sangat kurang. Dari kurang lebih 30 siswa yang mengikuti tes pada siklus I masih ada 9 siswa yang belum memenuhi KKM, sedangkan pada Siklus ke II seluruh siswa sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 7580 .
Download File   Fransisca Romana Sunarmi

Judul : Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Pembiasaan Siswa Berpikir Tingkat Tinggi
Pengarang : Eko Pujiati1, Endang Werdiningsih2, Anton Prayitno3
Abstraksi : Pembelajaran berbasis masalah merupakan metode pembelajaran yang mempunyai ciri menggunakan masalah nyata sebagai konteks bagi siswa untuk belajar berpikir kritis, keterampilan pemecahan masalah dan memperoleh pengetahuan mengenai esensi konsep, yang merupakan relevansi dari kemampuan berpikir tingkat tinggi. Pentingnya siswa untuk berpikir tingkat tinggi telah disemaikan pada kurikulum 2006, yaitu: (a) melatih cara berpikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan; (b) mengembangkan aktivitas kreatif yang melibatkan imajinasi, intuisi, dan penemuan; serta (c) mengembangkan kemampuan memecahkan masalah. Berdasarkan tujuan yang ingin dicapai, penelitian ini dirancang dengan pendekatan penelitian dan pengembangan (Borg & Gall, 1989) yaitu penelitian ditindaklanjuti dengan program pengembangan dengan tujuan untuk memperbaiki atau menyempurnakan kodisi objek yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh perangkat pembelajaran (LKS) berbasis masalah memuat komponen-komponen sebagai berikut: 1) Pengantar, 2) Aktivitas Kelompok, 3) Latihan, dan 4) Refleksi.
Download File   Eko Pujiati1, Endang Werdiningsih2, Anton Prayitno3

Judul : Lagu-lagu Mainan Anak: Sebuah Kajian Tagmemik
Pengarang : Sulistiyani, S.Pd. M.Pd1)
Abstraksi : Pada era globalisasi dan berkembangnya jaman sekarang ini semakin banyak anak-anak yang sudah tidak mengenal dan bahkan tidak pernah mengetahui lagu-lagu daerah yang sesuai dengan jiwa mereka. Anak-anak justru lebih mengenal lagu-lagu orang dewasa semacam lagu Lupa-lupa Ingat dari group band Kuburan, lagu Cari Jodoh dari group band Wali, lagu Ada Apa Denganmu dari group band Peterpan, Hampa Hatiku dari group band Ungu, dan lain sebagainya. Padahal dalam kaitannya dengan bahasa, terdapat perbedaan besar yang digunakan dalam syair lagu anak-anak dibandingkan dengan lagu-lagu orang dewasa. Perkembangan bahasa yang digunakan di industri musik saat ini dibandingkan dengan lagu anak-anak jaman dahulu memang sangat jauh berbeda. Apakah lagu anak-anak jaman dahulu, khususnya lagu-lagu mainan anak tidak dapat mengikuti perkembangan bahasa di masa kini, sehingga lagu-lagu yang rata-rata keseluruhannya masih murni memakai bahasa daerahnya tidak dapat diterima di kalangan masyarakat sekarang? Berdasarkan analisis di atas, dapat kita lihat bahwa lagu anak-anak jaman dahulu tidak terlalu memperhatikan syairnya, melainkan lebih memperhatikan kecocokan nada dan rima di akhir tiap kalimat. Kata-kata yang digunakan juga cenderung bukan bahasa Indonesia yang baik dan benar, seperti penggunaan kata turut pada kalimat atau larik pertama, pada kalimat atau larik kedua, dan seterusnya.
Download File   Sulistiyani, S.Pd. M.Pd1)

Judul : Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Mahasiswa pada Materi Virus
Pengarang : Supiana Dian Nurtjahyani1
Abstraksi : Mahasiswa cenderung merasa kesulitan dalam mempelajari materi virus karena sulit dilihat secara makroskopis yang berdampak pada hasil belajar dan aktivitas mahasiswa, sebagai dosen mata kuliah mikrobiologi harus selalu melakukan inovasi dalam proses pembelajaran. Pembelajaran berbasis masalah merupakan alternatif solusi masalah ini. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan hasil belajar dan aktivitas mahasiswa pada materi virus. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar yang semula 17,9% meningkat menjadi 78,6% dan aktivitas mahsiswa yang semula 3,5% menjadi 14,3%. Simpulan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas mahasiswa.
Download File   Supiana Dian Nurtjahyani1

Judul : Implementasi Online Learning Program (OLP) dengan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Pemahaman Matakuliah Biologi Umum pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya
Pengarang : Noviana Desiningrum, Wulan Trisnawaty
Abstraksi : Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa semester 1 program studi pendidikan matematika STKIP-BIM Surabaya tahun ajaran 2013/2014. Adapun tujuan dari penelitian ini antara lain: 1) Memperoleh data yang objektif tentang Implementasi Online Learning Program (OLP) dengan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia, 2) Memperoleh data yang objektif tentang kemampuan pemahaman Mahasiswa, 3) Memperoleh data ketuntasan belajar mahasiswa, 4) Memperoleh data yang objektif tentang Respons Mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas). Adapun hasil dari penelitian ini antara lain: dilihat dari kemampuan pemahaman mahasiswa terhadap pembelajaran OLP pada siklus I sebesar 60,2%, sedangkan pada siklus II sebesar 97% sehingga terjadi peningkatan persentase sebesar 36,8% dan pembelajaran dikatakan berhasil. Dilihat dari ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 68,5% sedangkan siklus II sebesar 80,5%, terjadi peningkatan sebesar 12%. Respon mahasiswa terhadap model pembelajaran Online Learning Program (OLP) berbasis multimedia termasuk kategori positif. Dari hal tersebut dapat dikatakan pembelajaran sudah berhasil untuk diterapkan kepada siswa.
Download File   Noviana Desiningrum, Wulan Trisnawaty

Judul : Prinsip Kehati-hatian dalam Pemberian Kredit dan Pembiayaan Berdasarkan Prinsip Syariah pada Lembaga Perbankan
Pengarang : Ratnaningsih
Abstraksi : Prinsip kehati-hatian merupakan salah satu asas penting yang wajib diterapkan atau dilaksanakan oleh bank dalam menjalankan kegiatan usahanya agar dapat mewujudkan perbankan yang sehat. Penerapan prinsip kehati-hatian sangat penting pula dalam kegiatan bank berupa pemberian kredit atau pembiayaan berdasarkan prinsip syariah hal ini dikarenakan bank menyalurkan kredit atau pembiayaan tersebut dari dana yang diperoleh dari masyarakat, agar kepercayaan masyarakat pada lembaga perbankan tetap terjaga. Ada beberapa ketentuan terkait pemberian kredit dan pembiayaan berdasarkan prinsip syariah yang harus dipenuhi sebagai asas perkreditan yang sehat yaitu adanya batas maksimum pemberian kredit, adanya jaminan, diterapkannya analisis kredit dengan menggunakan formula 5 C, 5 P dan 3 R.
Download File   Ratnaningsih

Judul : Implementasi Program Jamkesmas pada Rawat Jalan Tingkat Lanjutan di RSD. Dr. Haryoto
Pengarang : Nizma Yuraida
Abstraksi : Pembangunan kesehatan sebagai komitmen nasional yaitu untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis. Dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan yang dibiayai pemerintah melalui program Jamkesmas masih belum sesuai dengan harapan masyarakat, untuk itu diperlukan peningkatan pelayanan baik dalam segi administrasi maupun dari segi sumber daya manusianya. Metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan daya deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Dari penelitian diperoleh hasil bahwa belum tercukupinya tenaga yang melayani rawat jalan dan waktu pelayanan terbatas terjadi penumpukan pasien, oleh karenanya perlu peningkatan sesuai dengan kebutuhan pelayanan dan untuk memperlancar serta memenuhi harapan masyarakat.
Download File   Nizma Yuraida

Judul : Listening Strategy for Improving the Students Score in English Proficiency Test (EPT)
Pengarang : Elli Setiyo Wahyuni
Abstraksi : One of the English skills in English Proficiency Test is Listening. Listening section of EPT consists of Part A, B, and C. In part A, students listen to the short dialogue of two speakers on the recordings. Part B is long dialogue and Part C is short lecture. In order to perform well on the listening test, students learn the listening strategies, such as practices on idioms, implied meaning, emphasis, stress, and tone, sound discrimination, comparison, and specific content question. Mastering the listening strategy promotes the relevant technique for students in order to improve the listening score on the test. The students of Dentistry make significant progress on the score of listening section. The EPT preparation provides students with some practices on listening strategy. The benefit of using this strategy are (1) Recognizing the keywords of a dialogue (2) Interpreting the meaning of words (3) Understanding the detail information (4) Deciding the best answer for the question (5) Making conclusion from the topic of a dialogue. Applying the strategy of listening also affects the understanding of sentence expression and words meaning in Reading section. The understanding of the talk in English on the recordings creates the ability to comprehend the listening materials. As a result, the students of Dentistry improve their listening, structure, and reading skills on EPT.
Download File   Elli Setiyo Wahyuni

Judul : Implementasi Proses Pembelajaran Praktik Laboratorium Mata Kuliah Asuhan Kebidanan I (Kehamilan) Mahasiswa Semester II Program Studi D-III Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Jombang
Pengarang : Ardiyanti Hidayah
Abstraksi : Latar Belakang: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pembelajaran Praktik Laboratorium Asuhan Kehamilan Prodi D-III Kebidanan STIKES Husada Jombang meliputi (a) Proses Pembelajaran Praktik Laboratorium; (b) Metode Pembelajaran Laboratorium; (c) Pengaturan Jadwal; (d) Sarana dan Prasarana; (e) Sistem Evaluasi dan Pencapaian. (2) Kendala dan Cara mengatasi. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggali sebanyak mungkin fakta sesuai dengan fokus penelitian. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi melibatkan pengelola program, pembimbing pendidikan dan mahasiswa tingkat II Prodi D-III Kebidanan Stikes Husada Jombang. Teknik analisis data menggunakan metode perbandingan tetap. Keabsahan data diperoleh dengan perpanjangan waktu penelitian, ketekunan pengamatan, keterlibatan terus menerus, trianggulasi dan review informan kunci. Trianggulasi yang digunakan meliputi trianggulasi sumber, metode dan waktu. Hasil: Persiapan Pembelajaran Praktik Laboratorium Asuhan Kebidanan Kehamilan pada Prodi D-III Kebidanan Stikes Husada Jombang dilakukan beberapa tahap yaitu: (a) Penyusunan Jadwal berdasar silabi (b) Strategi dan Metode Pembelajaran menggunakan metode laboratorium bersama (d) Evaluasi belajar dengan response, penilaian afektif, penilaian kognitif dan penilaian psikomotor menggunakan checklist. Kesimpulan ; Pada penilaian praktik, aspek yang dinilai meliputi skills, sikap dan penguasaan materi untuk menilai indikator kegiatan yang dilakukan di laboratorium berdasarkan kompetensi yang sudah ada dalam bentuk checklist.
Download File   Ardiyanti Hidayah

Judul : Implementasi Proses Pembelajaran Demonstrasi untuk Meningkatkan Kompetensi Asuhan Persalinan Normal pada Mata Kuliah Asuhan Kebidanan II
Pengarang : Erieska Safitri Hendarti
Abstraksi : Latar Belakang: Pembelajaran demonstrasi merupakan pembelajaran yang dapat memperkuat teori-teori atau pengetahuan yang telah didapat peserta didik, sehingga memberikan kesempatan untuk mendapatkan kemampuan baik sikap, tingkah laku, pengetahuan dan keterampilan dasar profesional (Nursalam, 2007). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Implementasi proses pembelajaran demonstrasi (2) Kendala dan cara mengatasi (3) serta hasil evaluasi proses pembelajaran demonstrasi untuk meningkatkan kompetensi Asuhan Persalinan Normal pada mata kuliah Asuhan Kebidanan II. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan rancangan studi kasus dan bersifat deskriptif, yaitu menyajikan deskripsi lengkap dari suatu fenomena yang diamati dalam konteks yang nyata. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi melibatkan pengelola program, dosen pengampu, dan mahasiswa TA. 2011–2012 Prodi D-III Kebidanan di STIKES Husada Jombang. Teknik analisis data menggunakan Metode perbandingan tetap (constant comparative method) dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dan dalam penelitian ini validitas data diuji dengan cara trianggulasi yang meliputi trianggulasi sumber dan teknik. Hasil: penelitian ini menunjukkan bahwa; pelaksanaan pembelajaran asuhan kebidanan II di STIKES Husada Jombang dengan metode demonstrasi cukup efektif, karena terencana dengan baik dan sistematis, namun ada beberapa kendala antara lain kurangnya motivasi dan keaktifan mahasiswa atau malas, kurangnya waktu dan sarana prasarana. Dosen pengampu sudah melaksanakan hasil evaluasi dalam bentuk yang hampir sama yaitu pretest dan post test. Kesimpulan: Pencapaian kompetensi mahasiswa pada Asuhan Persalinan Normal di STIKES Husada Jombang sebagian besar kompeten, tetapi masih terdapat mahasiswa yang memiliki pencapaian kompetensi kurang, yang disebabkan oleh beberapa faktor antara lain adalah metode atau strategi pembelajaran, media pembelajaran dan sumber materi pembelajaran.
Download File   Erieska Safitri Hendarti

Judul : Hubungan Pelayanan Administrasi Akademik, Kinerja Dosen dengan Kepuasan Mahasiswa di Stikes Husada Jombang
Pengarang : Ike Kristiana
Abstraksi : Latar Belakang: Untuk meningkatkan mutu pelayanan dan kepuasan mahasiswa, maka universitas harus sungguh-sungguh dalam memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan mahasiswa serta selalu memperbaiki kekurangan yang ada. Salah satu perbaikan tersebut mungkin memperbaiki pelayanan administrasi akademik dan mutu pengajaran dosen yang mampu memenuhi tuntutan dan kepuasan para mahasiswa. Universitas harus selalu tanggap dan menerima secara terbuka setiap masukan baik saran maupun kritik yang bersifat membangun dari pihak internal, terutama mahasiswa. Dengan adanya masukan dari mahasiswa, pihak universitas dapat memperbaiki kekurangan dalam pelayanan administrasi akademik. Metode: Pada penelitian ini, menggunakan desain penelitian Observasional korelasional yaitu suatu penelitian untuk mempelajari dinamakan korelasi antara faktor-faktor dengan efek, dengan cara pendekatan, observasi atau pengumpulan data sekaligus pada suatu saat (point time approach). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Field research, yaitu melakukan penelitian langsung ke lapangan guna mengetahui permasalahan yang terjadi, sekaligus memperoleh data yang dikumpulkan dengan cara menggunakan Angket/kuesioner. Hasil: Menunjukkan bahwa F-hitung sebesar 3600,214. Sedangkan F-tabel dengan taraf signifikansi 95% atau tingkat kesalahan sebesar 5% dengan pembilang 2 dan penyebut 216 menunjukkan angka sebesar 0,000. Hal ini berarti F hitung (3600,214) > F tabel (3,04 ), artinya hipotesa nol (Ho) ditolak dan menerima hipotesis alternatif (Ha) dan variabel bebas Pelayanan Administrasi Akademik (X1) dan Kinerja Dosen (X2) secara bersama-sama mempunyai kontribusi yang sangat kuat terhadap Kepuasan Mahasiswa (Y). Kesimpulan: Secara simultan faktor-faktor Layanan Administrasi (X1) dan Kinerja Dosen (X2), secara bersama-sama (simultan) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa (Y), di STIKES Husada Jombang dapat diterima.
Download File   Ike Kristiana

Judul : Analisis Proses Pembelajaran Praktik Klinik Kebidanan untuk Mencapai Kompetensi Mahasiswa pada Asuhan Kebidanan Ibu Hamil
Pengarang : Rizazul Alwanunikmah
Abstraksi : Latar Belakang: Pembelajaran praktik klinik di lahan praktik lebih difokuskan ke arah penerapan pengetahuan, sikap dan keterampilan profesional dengan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk berpikir kritis selama melakukan asuhan. STIKES Husada Jombang menerapkan praktik klinik kebidanan untuk mempersiapkan bidan yang mampu memberikan pelayanan secara professional. Salah satu target kompetensi dalam praktik klinik kebidanan yang diselenggarakan oleh STIKES Husada Jombang adalah melaksanakan asuhan kebidanan pada ibu hamil. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui analisis proses pembelajaran praktik klinik kebidanan untuk mencapai kompetensi mahasiswa pada asuhan kebidanan ibu hamil. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data menggunakan informan, tempat penelitian dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, pengamatan dan dokumen. Uji keterpercayaan data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Hasil: Menunjukkan bahwa praktik klinik kebidanan berjalan dengan baik, pencapaian kompetensi mahasiswa ada yang baik dan ada yang kurang kompenten, kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran praktik klinik kebidanan untuk mencapai kompetensi mahasiswa pada asuhan kebidanan ibu hamil adalah kurang mendapat kesempatan melaksanakan asuhan kebidanan dan jumlah kehamilan yang tidak sesuai target dan praktik klinik kebidanan merupakan upaya pencapaian kompetensi pada asuhan kebidanan ibu hamil. Kesimpulan: Proses pembelajaran praktek klinik kebidanan dalam mencapai kompetensi mahasiswa pada asuhan kebidanan ibu hamil adalah sangat besar pengaruhnya sehingga praktek klinik kebidanan merupakan langkah dalam mencapai kompetensi mahasiswa pada asuhan kebidanan ibu hamil.
Download File   Rizazul Alwanunikmah

Judul : Increasing Students’ Vocabulary Through Listening Simple Song
Pengarang : Ninik Suryatiningsih
Abstraksi : This research was done in STKIP PGRI Pasuruan especially C Class in the second semester students. In this research, the researcher used classroom action research to find and collected the data. It was done in two cycles, each cycle has four steps: planning, acting, observing, and reflecting. There are two cycles in this research and there are two meetings every cycle. The researcher used different song in every cycle. It was done to train the students listening skill in finding the words and also to avoid students’ saturation. The result of this research showed that songs are appropriate for English teaching learning and quite effective to increase the students’ interest in learning English besides creating a joyful learning where every class should be. Finally, it can be concluded that through modern song in teaching English, it can increase the students’ listening skill. Furthermore, it can motivate students to learn another language besides their native language.
Download File   Ninik Suryatiningsih

Judul : Analisis Kesalahan Buku Siswa Matematika Kelas VII SMP/MTs Semester II Kurikulum 2013
Pengarang : Erik Valentino
Abstraksi : Penelitian ini adalah penelitian tentang analisis kesalahan konten buku. Kesalahan konten dalam hal ini adalah kesalahan berdasarkan pengungkapan objek matematika, yaitu fakta, konsep, prinsip, dan keterampilan. Analisis kesalahan ini bertujuan untuk memeriksa isi dokumen secara objektif dan sistematis. Hasil analisis kesalahan diharapkan bisa digunakan untuk memperbaiki konten buku siswa matematika Kelas VII SMP/MTs Semester II Kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Kemdikbud. Dari hasil penelitian didapatkan 9 kesalahan objek fakta, 12 kesalahan objek konsep, 9 kesalahan objek prinsip, dan 4 kesalahan objek keterampilan. Oleh karena itu, disarankan bagi guru dan siswa yang menggunakan buku tersebut dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai solusi perbaikan. Kemudian, diharapkan hasil penelitian ini akan memberikan sumbangsih dalam perbaikan konten buku siswa Kelas VII SMP/MTs Semester II yang diterbitkan oleh Kemdikbud.
Download File   Erik Valentino