Detail Jurnal


Judul : Program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Melalui Pendirian Unit Bank Sampah di Kota Malang
Pengarang : Erni Susana dan Junianto Tjahyo Darsono
Abstraksi : Banyak keluarga di tengah warga masyarakat yang belum melakukan kegiatan pengelolaan sampah. Pengelolaan sampah dimaksudkan agar sampah tidak membahayakan bagi kesehatan serta tidak mencemari lingkungan hidup dan memberikan manfaat bagi manusia (memiliki nilai manfaat dan ekonomi). Tujuan kegiatan pengelolaan sampah melalui pendirian Unit Bank Sampah adalah agar setiap keluarga di tengah warga masyarakat dapat memahami dan menyadari arti penting gerakan pengelolaan sampah agar lingkungan menjadi bersih, sehat serta mendapatkan nilai ekonomis dari kegiatan pengelolaan sampah (pengumpulan, pemilahan, dan penjualan sampah yang hasilnya dapat ditabung di Bank Sampah). Menggunakan metode pendekatan dengan mengadakan penyuluhan, pelatihan dan praktek pengelolaan sampah pada ibu-ibu pengurus PKK dan pendirian Unit Bank Sampah berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah dan Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pelaksanaan Reduce, Reuse, dan Recycle Melalui Bank Sampah. Hasil implementasi pemberdayaan perempuan melalui pengelolaan sampah dapat mengubah pola pandang keluarga di tengah warga masyarakat yang langsung membuang sampah begitu saja di bak sampah. Pengelolaan sampah melalui pendirian Unit Bank Sampah, lingkungan menjadi bersih, sehat serta meningkatkan kesejahteraan keluarga. Kata Kunci: Program PKK, pengelolaan sampah, unit bank sampah.
Download File   Erni Susana dan Junianto Tjahyo Darsono

Judul : Praktik Manajemen Laba dan Nilai Perusahaan dengan Kualitas Audit Sebagai Variabel Pemoderasi
Pengarang : Defia Nurbatin dan Marindha Yoellistya
Abstraksi : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari manajemen laba riil dan akrual terhadap nilai perusahaan dengan kualitas audit sebagai variabel pemoderasi. Manajemen laba riil dan akrual dengan menggunakan indikator arus kas, biaya diskresioner dan biaya produksi sedangkan untuk kualitas audit menggunakan proksi reputasi audit dilihat dari besarnya KAP dengan metode dummy dalam perhitungannya. Bila perusahaan menggunakan big 4 memiliki skor 1 dan non big 4 memiliki skor 0, sedangkan nilai perusahaan menggunakan indikator Tobins’Q. Sampel yang digunakan adalah perusahaan Non-Keuangan yang terdaftar di BEI (Bursa efek Indonesia). Dengan menggunakan kriteria purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 33 perusahaan Non-Keuangan yang melakukan IPO (Initial Public Offering) dengan periode pengamatan 2005—2010. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana untuk hipotesis pertama dan hipotesis kedua menggunakan regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa ada pengaruh antara manajemen laba riil dan akrual terhadap nilai perusahaan. Begitu juga dengan manajemen laba riil dan akrual memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan saat kualitas audit sebagai variabel pemoderasi tetapi kualitas audit tidak dapat memperkuat atau memperlemah hubungan antara manajemen laba riil dan akrual terhadap nilai perusahaan. Kata kunci: Manajemen laba riil dan akrual, kualitas audit dan nilai perusahaan.
Download File   Defia Nurbatin dan Marindha Yoellistya

Judul : Analisis Kepercayaan Konsumen dalam Belanja Online di Bukalapak.Com Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM)
Pengarang : F.X. Adi Purwanto
Abstraksi : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tingkat kepercayaan konsumen dalam belanja online dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah variabel persepsi kemudahan pengunaan, persepsi manfaat dan karakteristik dan kualitas website berpengaruh positif terhadap variabel belanja online. Pengumpulan data primer dilakukan melalui kuesioner yang dibagikan kepada masyarakat yang memenuhi karakteristik responden yaitu sebanyak 150 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sample yaitu judgement sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji F, semua variabel yang memengaruhi tingkat kepercayaan konsumen secara serempak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap belanja online. Berdasarkan hasil uji t, setiap variabel secara individual berpengaruh positif terhadap belanja online. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,191 yang berarti 19,1% variabel dari belanja online dipengaruhi oleh variabel persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat dan karakteristik dan kualitas website, sedangkan sisanya sebesar 80,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Persepsi Kemudahan Pengunaan, Persepsi Manfaat Dan Karakteristik, Kualitas Website dan Belanja Online.
Download File   F.X. Adi Purwanto

Judul : The Accounting Treatment of Costs of Acquisition and Depreciation Fixed Assets As Well As The Influence of The Financial Statements
Pengarang : Novi Darmayanti
Abstraksi : This research aims to find out about the accounting treatment of costs of acquisition and Depresiation fixed assets as well as the Influnce of the financial statements at CV. Bintang Mas Lamongan. CV. Bintang Mas has relative large fixed assets and has a long economic life that requires treatment of these assets. Depreciation rates are too high in CV. Bintang Mas indicate that financial statements be unnatural, so companies need to conduct a reassessment of the imposition of fixed asset depreciation and the cost for the acquisition of fixed assets are ready to be used. This type of research used in this research is quantitative descriptive research method with a case study approach, which is located in the Desa Parengan, Kecamatan maduran, Kabupaten Lamongan. This study uses secondary data from the report list of tangible fixed assets, balance sheet and profit and loss statements CV. Bintang Mas in 2012 to 2014. The results of this study indicate that the calculation of depreciation and costs of acquisition of fixed assets in accordance with Indonesian Accounting Standard may affect the company’s income.
Download File   Novi Darmayanti

Judul : Analisis Usaha dan Strategi Pemasaran pada UKM Pengupas Kulit Singkong di Kabupaten Malang
Pengarang : Purnomo dan Sahala Manulu
Abstraksi : Penelitian ini dibuat dengan tujuan Untuk mengetahui strategi pemasaran dengan metode gerilya (Guerrilla Marketing) yang diterapkan pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam memasarkan produk-produknya serta untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan UKM pengupas kulit singkong di Kepanjen Malang berdasarkan analisis SWOT. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah strategi pemasaran gerilya yang dilakukan UKM pengupas kulit singkong dan strategi pemasaran yang dilakukan UKM pengupas kulit singkong berdasarkan analisis SWOT. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif sebagai dasar dalam melakukan penulisan. Penelitian kualitatif adalah penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif.. Dari hasil penelitian didapat bahwa Strategi pemasaran gerilya khususnya pemasaran produk singkong meliputi beberapa strategi, yakni strategi jemput bola, membangun jaringan, memberikan service excellent, dan memberikan kualitas produk yang memuaskan untuk meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan, sehingga pelanggan yang ada tidak akan lari dari UKM yang lain.
Download File   Purnomo dan Sahala Manulu

Judul : Analisa Kesiapan PT Jasa Raharja (Persero) Menghadapi Pencabutan Monopoli Pasar Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas
Pengarang : Supriadi
Abstraksi : Iklim bisnis di Indonesia dan di dunia pada umumnya ditandai dengan kecenderungan liberalisasi pasar. Bahkan negara-negara yang pada masa lalu menerapkan pasar yang dikontrol ketat oleh pemerintah pun kini telah menjadikan pasar bebas sebagai ciri pengelolaan ekonominya. Kecenderungan seperti ini di antaranya ditandai dengan pelepasan kepemilikan badan usaha milik negara kepada masyarakat secara luas. Sebagai perusahaan milik pemerintah, PT Jasa Raharja yang hingga kini masih menjadi perusahaan asuransi kecelakaan dengan pasar monopoli juga harus bersiap untuk menghadapi kemungkinan pencabutan hak monopoli. Artikel ini akan mencoba menganalisis kesiapan PT Jasa Raharja (Persero) dalam menghadapi pencabutan monopoli pasar asuransi kecelakaan lalu lintas dengan kerangka persaingan masa depan Hamel-Prahalad. Hasil analisa menunjukkan bahwa PT Jasa Raharja (Persero) kurang siap dalam menghadapi kemungkinan pencabutan monopoli pasar asuransi kecelakaan. Secara detail, PT Jasa Raharja (Persero) siap pada dua poin yaitu fokus pembangunan keunggulan perusahaan dan penyusunan transformation agenda perusahaan tetapi tidak siap dalam lima poin dalam kerangka analisis Hamel Prahalad yaitu sudut pandang masa depan, isu bisnis, pandangan pesaing, kekuatan perusahaan dan pemanfaatan waktu luang personil perusahaan.
Download File   Supriadi

Judul : Analisis Pengaruh Fluktuasi Harga Sayuran, Modal Usaha terhadap Pendapatan Pedagang Sayur Keliling di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun 2015
Pengarang : Indria Yuli Susanti
Abstraksi : Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh fluktuasi harga sayuran dan modal usaha terhadap pendapatan pedagang sayur keliling di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Sampel dalam penelitian ini adalah pedagang sayur keliling yang ada di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember sebanyak 70 orang. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS versi 17.0 for windows ditemukan hasil bahwa fluktuasi harga sayuran (X1) dan modal usaha (X2) berpengaruh positif terhadap tingkat pendapatan pedagang sayur keliling (Y). Menurut hasil perhitungan Koefisien Determinasi (R2) sebesar 18%. Hal ini menunjukkan bahwa fluktuasi harga sayuran dan modal usaha terhadap pendapatan pedagang sayur keliling mempunyai pengaruh yang rendah.
Download File   Indria Yuli Susanti

Judul : Indikator-Indikator yang Berpengaruh terhadap Kemitraan Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Pemerintah, Swasta dan Perguruan Tinggi Untuk Meningkatkan Daya Saing UKM di Kabupaten Sidoarjo
Pengarang : Wiwik Sulistiyowati1, Rifda Abadiyah2, Atikha Sidhi C3, Udi Subakti C4, Bambang Syairuddin5
Abstraksi : Pertumbuhan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berkembang pesat, sehingga diperlukan suatu pengelolaan yang baik mengingat peran UKM sangat penting bagi perekonomian Indonesia. Program kemitraan Usaha Kecil bertujuan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri melalui dukungan terhadap modal serta pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) yang professional dan trampil agar dapat mendukung pemasaran dan kelanjutan usaha di masa depan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui indikator-indikator yang berpengaruh terhadap kemitraan pelaku UKM dengan pemerintah, swasta, dan perguruan tinggi. Metode yang digunakan adalah mix method, yaitu dengan cara menyebarkan angket dan kemudian dianalisa tingkat validasi dan reliabilitas serta mengetahui nilai tertinggi indikator yang mempunyai tingkat kemitraan bagi pelaku UKM. Dari penelitian dihasilkan bahwa indikator yang mempunyai nilai tertinggi mengenai kemitraan pelaku UKM dengan pemerintah swasta, dan perguruan tinggi terdapat pada variabel aturan dan kebijakan pada atribut ke-12, yaitu adanya kebijakan dalam kemudahan perijinan usaha bagi UKM dengan nilai sebesar 1,51, kemudian pada variabel manajemen usaha untuk atribut ke-2, yaitu adanya pelatihan untuk peningkatan pengetahuan mengenai konsumen dengan nilai sebesar 1,42.
Download File   Wiwik Sulistiyowati1, Rifda Abadiyah2, Atikha Sidhi C3, Udi Subakti C4, Bambang Syairuddin5

Judul : Pengaruh LDR, CAR, NPL, BOPO, ROA, dan DPK terhadap Kredit pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Kabupaten Magetan (Periode Pengamatan Tahun 2008 2014)
Pengarang : Moh Sofyan
Abstraksi : Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena tingginya penyaluran kredit BPR di Kabupaten Magetan yang ditunjukkan dengan peningkatan LDR. Oleh karena itu perlu dilakukan pengujian faktor - faktor yang memengaruhi Kredit BPR, yang meliputi LDR, CAR, NPL, BOPO, ROA, dan DPK. Penelitian ini menggunakan 5 BPR Di Kabupaten Magetan yang terdaftar di Bank Indonesia sebagai satu unit Objek penelitian, dengan periode penelitian dari Januari 2008 April 2014 (76 bulan). Metode Least Square digunakan untuk menganalisa data dengan bantuan software Eviews Versi 8. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa LDR, CAR, NPL, BOPO, ROA, dan DPK berpengaruh secara bersama-sama terhadap Kredit BPR sebesar 99,39%. Secara Parsial pengaruh LDR terhadap Kredit BPR sebesar 1,45%, pengaruh NPL terhadap Kredit BPR sebesar 1,57%, pengaruh DPK terhadap Kredit BPR sebesar 121,54%. Sedangkan CAR, BOPO, dan ROA tidak berpengaruh secara parsial terhadap Kredit BPR. Untuk meningkatkan Kredit, BPR harus melakukan penghimpunan dana secara optimal, mengoptimalkan kegunaan sumber daya finansial (modal) yang dimiliki, dan memiliki manajemen perkreditan yang baik agar NPL tetap berada dalam tingkat yang rendah dan dalam batas yang disyaratkan oleh Bank Indonesia.
Download File   Moh Sofyan

Judul : Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di Smart Cafe Kawasan Kampus Kabupaten Jember Tahun 2015
Pengarang : Suwarso
Abstraksi : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dengan indikator bukti fisik, keandalan, jaminan, daya tanggap dan empati terhadap kepuasan pelanggan smart cafe. Rancangan penelitian ini merupakan explanatory research dengan metode sampel proportional random sampling. Sampel diambil adalah 200 pelanggan Smart Cafe.Hasil pengujian regresi dengan menggunakan batas signifikansi 0,1. Variabel bukti fisik tidak terdapat pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Variabel kehandalan ada pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Variabel Jaminan terdapat pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Variabel daya tanggap terdapat pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Variabel empati tidak terdapat pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen.
Download File   Suwarso

Judul : Pengaruh Menjamurnya Usaha Kafe terhadap Pendapatan dan Perkembangan Usaha Pedagang Kaki Lima di Kawasan Kampus Kabupaten Jember
Pengarang : Nursyamsida Tohari, Nike Norma Epriliyana, Suwarso
Abstraksi : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh menjamurnya usaha kafe terhadap pendapatan dan perkembangan usaha Pedagang Kaki Lima di Kawasan Kampus Kabupaten Jember. Variabel eksogen yaitu Manajemen Usaha Kafe (X); variabel intervening yaitu Pendapatan PKL (Z); dan variabel endogen yaitu Perkembangan usaha (Y). Sampel berjumlah 100 responden. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan observasi. Analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen usaha kafe tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan Pedagang Kaki Lima yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi 0,067 dan tingkat signifikansi 0,948. Manajemen usaha kafe tidak berpengaruh signifikan terhadap perkembangan usaha Pedagang Kaki Lima yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi 0,821 dan tingkat signifikansi 0,086. Sedangkan pendapatan Pedagang Kaki Lima berpengaruh signifikan terhadap Perkembangan usaha Pedagang Kaki Lima yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi 0,493 dan tingkat signifikansi 0, 028.
Download File   Nursyamsida Tohari, Nike Norma Epriliyana, Suwarso

Judul : IbM Usaha Ekonomi Kreatif Anak Muda Kota Malang
Pengarang : Wiwin Purnomowati dan Solehoddin
Abstraksi : Kota Malang berpotensi menyusul lima kota yang menjadi ikon kota ekonomi kreatif, yakni Bandung, Bali, Solo, Jogjakarta dan Jakarta. Kota Malang mempunyai banyak usaha kreatif yang berpotensi tinggi serta layak dikembangkan. Dengan pengembangan industri kreatif tersebut, Kota Malang tidak hanya dikenal sebagai kota pariwisata maupun pendidikan, tapi juga layak menjadi ikon Kota Ekonomi Kreatif. Usaha kreatif yang menjadi mitra IbM adalah usaha Mirror Advertising yang beralamat di Jl. Sukarno Hatta 01 Malang dan usaha sepatu pak Mardayanto di Jl. Candi Telaga Wangi 28 Malang. Mirror Advertising adalah usaha desain dan cetak media periklanan dalam bentuk Banner, Brosur, Poster, Kartu Nama, logo , desain website serta servis produk elektronik dalam bentuk laptop, kamera digital dan kamera DSLR. Sedangkan usaha pak Yanto bergerak di bidang produksi sepatu dan servis sepatu/tas. Usaha sepatu pak Yanto memiliki masalah kekurangan tenaga kerja trampil serta mesin servis sepatu, sedangkan Mirror advertising memiliki masalah kekurangan peralatan desain dan pasar yang masih terbatas. Dari diskusi dengan kedua UKM mitra diputuskan untuk menambah tenaga kerja trampil dan alat produksi di pak Yanto, menambah alat produksi di Mirror serta pelatihan manajemen usaha. Tim IbM juga mempromosikan kedua usaha mitra ini melalui media sosial (whatsapp dan facebook), pameran maupun word of mouth.
Download File   Wiwin Purnomowati dan Solehoddin