Detail Jurnal


Judul : Analisis Dimensi Kualitas Pelayanan Mutu terhadap Kinerja Pegawai di RS Nur Wachid Jombang
Pengarang : Lailatus Saadah
Abstraksi : Pada era globalisasi persaingan pelayanan terhadap masyarakat semakin tajam, Untuk dapat memperoleh keunggulan daya saing dalam skala global, unit layanan dituntut mampu memberikan pelayanan dengan baik dalam waktu yang singkat. Hal ini dijadikan tolok ukur untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Rumah sakit swasta yang ada di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan tentang variabel kehandalan (X1), daya tanggap (X2), jaminan (X3), empati (X4), dan bukti langsung (X5) dan kinerja pegawai. 2) Untuk menganalisis sejauh mana pengaruh kehandalan (X1), daya tanggap (X2), jaminan (X3), empati (X4), dan bukti langsung (X5) terhadap kinerja pegawai pada RS Nur Wachid Jombang. 3) Untuk mengetahui variabel mana yang dominan di antara variable tersebut terhadap kinerja pegawai pada RS Nur Wachid Jombang. Dalam penelitian ini responden yang berasal dari jumlah pasien rawat inap maka pengambilan sampel dilakukan dengan melihat rata-rata jumlah pasien per bulan sebesar 165 pasien maka pengambilan sampel dihitung dengan menggunakan tabel nomogram Harry King dengan tingkat kesalahan 5%. Jadi responden yang akan dijadikan sampel sebesar 108 pasien. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa variabel kehandalan (X1), daya tanggap (X2), jaminan (X3), empati (X4), dan bukti langsung (X5) dan kinerja pegawai berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada RS Nur Wachid Jombang pada taraf nyata 5% dengan dibuktikan nilai Fhitung sebesar 37.569 dan nilai F tabel sebesar 2,44 sehingga hipotesis I dapat terbukti dan teruji. Sedangkan variabel Kehandalan (X1) dengan koefisien regresi sebesar 0,456 mempunyai pengaruh yang paling besar (dominan) terhadap kinerja pegawai. Besarnya R2 sebesar 0,819 yang menunjukkan bahwa variabel bebas memberikan kontribusi sebesar 81,9% terhadap kinerja pegawai dan sisanya 17,1% dipengaruhi faktor lain yang tidak termasuk dalam model penelitian ini.
Download File   Lailatus Saadah

Judul : Pengaruh Budaya Organisasi, Pelatihan, Kompensasi dan Motivasi Kerja, terhadap Kinerja Pegawai di Departemen Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Probolinggo
Pengarang : Musriha
Abstraksi : Latar Belakang: Penelitian ini mengkaji dampak budaya organisasi, pelatihan, kompensasi dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan Perindustrian dan Departemen Perdagangan di Kabupaten Probolinggo. Dalam kondisi lingkungan yang cepat berubah terutama di bidang teknologi, organisasi harus memperhatikan sumber daya manusia karena hal tersebut berpengaruh terhadap perkembangan dan keberadaan organisasi, terutama dalam peningkatan kualitas SDM. Dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat, jika organisasi tidak memperhatikan pengupahan dan pelatihan karyawan, maka organisasi akan mengalami kesulitan dalam menghadapi kemungkinan yang akan terjadi, sehingga kelangsungan hidup organisasi akan terganggu baik ke dalam maupun keluar. Untuk mengatasi masalah rendahnya kualitas sumber daya manusia perlu kesadaran dari pemimpin untuk memberi perhatian yang lebih baik pada sumber daya manusia untuk mendapatkan kesuksesan dalam jangka panjang. Dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia dapat melalui program pelatihan dan keterampilan, baik secara fisik, spiritual maupun moral serta pemberian motivasi, pengupahan. Metode: Penelitian ini dilakukan pada karyawan Departemen Perindustrian dan Perdagangan di Kabupaten Probolinggo, karena karyawan pada organisasi tersebut memiliki potensi untuk ditingkatkan posisinya. Teknik analisis pengujian hipotesis adalah menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil: Hasil penelitian empiris menunjukkan bahwa dari tiga (3) hipotesis yang diajukan, maka dapat disimpulkan bahwa tiga (3) hipotesis tersebut semua ber pengaruh signifikan baik secara parsial maupun simultan.
Download File   Musriha

Judul : Keterkaitan Kinerja Sosial Perusahaan dengan Kinerja Keuangan Perusahaan
Pengarang : Vivi Ariyani
Abstraksi : Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris tentang keterkaitan kinerja sosial perusahaan dengan kinerja keuangan perusahaan di Indonesia. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yang berjumlah 49 perusahaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi dengan bantuan program SPSS. Untuk menguji hipotesis digunakan empat model persamaan. Hasil temuan memperlihatkan bahwa kinerja keuangan perusahaan berpengaruh terhadap kinerja sosial perusahaan. Dalam hal ini memiliki sumber daya yang berlebih dapat membuat perusahaan menginvestasikan sumber daya berlebih tersebut bagi kinerja sosial perusahaan. Sedangkan kinerja sosial perusahaan tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan. Hal ini diduga disebabkan perbedaan budaya di mancanegara dan di Indonesia yang telah mempraktikkan tanggung jawab sosial pada setiap perusahaan pada suatu negara.
Download File   Vivi Ariyani

Judul : Analisis Perbaikan untuk Peningkatan Kualitas Layanan Kesehatan melalui Integrasi Lean Six Sigma
Pengarang : Hana Catur Wahyuni (1), Wiwik Sulistiyowati (2)
Abstraksi : Kesehatan merupakan faktor penting dalam kehidupan manusia sehingga perlu peningkatan kualitas layanan kesehatan untuk meningkatkan kualitas hidup. Artikel ini membahas peningkatan kualitas layanan kesehatan dengan metode Lean Six Sigma, melalui tahapan define, measure, analyze, improve dan control. Lean untuk mengidentifikasi jenis waste (pemborosan) selama proses pelayanan yang dilakukan pada tahapan define. Hasil penelitian menunjukkan waste yang terjadi selama proses pelayanan adalah waiting (waktu tunggu) dan defect (keluhan pasien) dengan nilai sigma 3,8, sehingga untuk menuju kesempurnaan (sigma 6) perlu tindakan perbaikan.
Download File   Hana Catur Wahyuni (1), Wiwik Sulistiyowati (2)

Judul : Peningkatan Usaha Rokok Kesehatan Silokarang Melalui Kegiatan Produksi dan Pemasaran
Pengarang : Suwarso, Andri Mardi Susanto, Nursyamsida Tohari, Hari Budi Lestari
Abstraksi : Kegiatan Pengabdian Masyarakat dalam bentuk ceramah, pelatihan dan pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat dalam bidang produksi dan pemasaran melalui modernisasi peralatan dan strategi promosi yang tepat. Usaha rokok silokarang merupakan usaha yang dijalankan sejak tahun 1922. Saat ini, usaha rokok silokarang merupakan salah satu mata pencaharian untuk menopang perekonomian masyarakat Desa Dadapan Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi. Rendahnya kualitas peralatan dan proses pemasaran yang tidak maksimal merupakan kendala yang dihadapi masyarakat dalam mengembangkan usaha rokok silokarang. Keterbatasan bidang produksi dan pemasaran membuat masyarakat sulit untuk pengembangan usaha dan mempertahankan kelangsungan hidup usaha rokok silokarang.
Download File   Suwarso, Andri Mardi Susanto, Nursyamsida Tohari, Hari Budi Lestari

Judul : Kajian Finansial Usaha Pariwisata Alam di KPH Lawu Ds BKPH Sooko
Pengarang : Anang Susanto
Abstraksi : Penurunan potensi kayu dan non-kayu terobosan yang diperlukan untuk pendapatan baru. Peluang potensial berada di bawah tanaman tegaan pengembangan dan ekowisata. Tujuan penelitian untuk: mengetahui Kelayakan usaha pengadaan fasilitas pariwisata alam pada kawasan hutan produksi, permasalahan yang terjadi di masyarakat sekitar kawasan disebabkan imbasnya krisis ekonomi yang berkepanjangan, analisis kelayakan Present Value Bersih (NPV), Benefit Cost Ratio (BCR), Internal Rate of Return (IRR), Break Event Point (BEP) dan Payback Period (PBP). Tingkat bunga nilai BCR 13% dari 2,3 diperoleh untuk penyediaan toilet. Sementara 3,1 dan 3,7 Kecepatan pendapatan untuk Break event point (BEP) proyek MCK pada tahun ke-5, untuk toko/warung BEP tahun ke-4 Sedangkan untuk pengelolaan air terjun pada tahun ke-5. Pay back period (PBP) jangka waktu pengembalian proyek untuk MCK selama 4 tahun, toko warung selama 3 tahun dan pengelolaan air terjun selama 3 tahun.
Download File   Anang Susanto

Judul : Desain Sistem Informasi Kearsipan (Studi Kasus di Politeknik UBAYA)
Pengarang : Barnard
Abstraksi : Politeknik UBAYA menerapkan pengelolaan arsip secara Sentralisasi, sehingga arsip-arsip yang dikelola sangat beragam dan jumlahnya banyak. Sebuah dokumen yang masuk adakalanya harus melalui disposisi berbagai pihak sebelum ditindaklanjuti. Terkadang tindak lanjut atas dokumen menjadi terlambat, karena lamanya proses disposisi dan petugas tidak memiliki sarana untuk memonitor keberadaan dokumen tersebut. Selain itu, lamanya waktu untuk menemukan kembali dokumen yang telah diarsip berakibat pada lamanya tanggapan yang harusnya diberikan terkait dengan dokumen tersebut. Permasalahan lain yang harus diperhatikan adalah perlunya ruang penyimpanan arsip sesuai standar dan dapat menampung volume arsip yang semakin banyak. Membangun sistem informasi kearsipan merupakan sarana yang dapat dijadikan solusi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam penanganan arsip. Membangun sebuah sistem informasi harus diawali dengan melakukan proses analisis dan desain terhadap aliran data dan aliran proses bisnis. Hasil dari proses ini berupa Data Flow Diagram (DFD). Setiap sistem informasi memerlukan database untuk menyimpan data. Data yang tersimpan dapat diambil oleh sistem dan hasil pengolahannya disimpan kembali dalam database. Dalam membangun sistem database terlebih dahulu dilakukan proses desain database yang akan digunakan oleh sistem informasi. Proses desain database dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan Entity Relationship (ER) Diagram, sehingga apabila diimplementasikan dihasilkan sebuah penyimpan data yang bekerja secara efektif dan efisien.
Download File   Barnard