Detail Jurnal


Judul : Importance - Performance Analysis (IPA) untuk Mengukur Kualitas Layanan Jasa. (Importance-Performance Analysis (IPA) to Measure the Quality of the Service)
Pengarang : Estik Hari Prastiwi
Abstraksi : Hand Phone sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Pelayanan purna jual yang baik untuk suatu produk HP akan membuat konsumen menilai kualitas produk HP tersebut juga baik. Metode IPA (Importance- Performance Analysis) sebagai alat untuk mengukur kualitas layanan jasa ini merupakan Gap antara Tingkat kepentingan dan Tingkat kinerja. Hasil penelitian dengan metode IPA ditunjukkan dengan Matrik Importance-Performance, di mana kinerja (performance) dari kelima dimensi yaitu: Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy sudah memenuhi tingkat kepentingan konsumen (Importance). Hal tersebut karena jumlah atribut masing- masing dimensi kualitas paling banyak menempati kuadran C di mana tingkat kepentingan dan kinerja berada di posisi sama tingginya, sehingga atribut layanan yang berada pada kuadran C dinilai aman dan harus dipertahankan kinerjanya. Dengan demikian kualitas layanan dari Service Centre HP LG sudah memuaskan harapan konsumen.
Download File   Estik Hari Prastiwi

Judul : Pengaplikasian Integrated Marketing Communication pada Peningkatan Penjualan Ekspor Perusahaan Manufaktur. (Application of Integrated Marketing Communication on Advancing the Manufactures Export Sales)
Pengarang : Aurora Pritasani Kamarga
Abstraksi : Kegiatan ekspor disadari sebagai salah satu pendorong kemajuan sebuah perusahaan. Banyak perusahaan yang mulai melakukan kegiatan ekspor untuk meningkatkan penjualan serta brand awareness dari produk yang mereka miliki. Upaya meningkatkan penjualan tersebut diiringi dengan melakukan berbagai strategi pemasaran seperti iklan dan pameran. Namun, masih banyak perusahaan yang melakukan berbagai strategi pemasaran dengan tidak saling terintergasi sehingga perusahaan tersebut kurang optimal dalam mencapai target peningkatan penjualan.
Download File   Aurora Pritasani Kamarga

Judul : Konsep Keterikatan Karyawan (Employee Engagement) untuk Pengurangan Resiko Pengkhianatan Karyawan di Perusahaan Jasa. (The Concept of Employee Engagement for Employee Betrayal Risk Reduction in Service Companies)
Pengarang : Donny Susilo
Abstraksi : Permasalahan yang sering dihadapi oleh perusahaan jasa adalah rentannya pengkhianatan karyawan pemegang sumber daya kunci yang dapat dijual kepada konsumen. Masalah ini sangat serius untuk dipikirkan solusinya karena akan dapat mempengaruhi kinerja karyawan lain dan meningkatkan biaya rekrutmen karyawan baru yang besar. Dengan adanya konsep employee engagement, karyawan kini sebagai salah satu komponen penting yang terlibat secara proaktif dalam mengembangkan perusahaan, perusahaan harus memberi kesempatan sebanyak-banyaknya kepada karyawan untuk mengetahui dan turut menyumbangkan pikiran untuk masalah-masalah yang dihadapi perusahaan. Kedepannya diharapkan bahwa konsep ini dapat diterapkan di sekolah-sekolah sehingga kualitas pendidikan dapat ditingkatkan lewat semangat para gurunya yang murni berasal dari motivasi dalam diri.
Download File   Donny Susilo

Judul : Pengaruh International Financial Reporting Standart (IFRS) terhadap Akuisisi Perusahaan Asuransi Asing di Indonesia. (The Impact of International Financial Reporting Standard (IFRS) on Foreign Insurance Company Acquisition in Indonesia)
Pengarang : Donny Susilo
Abstraksi : Dengan adanya penerapan standar akuntansi Internasional IFRS di Indonesia pada tahun 2012, terjadi peningkatan jumlah akuisisi perusahaan di Indonesia oleh perusahaan asing secara besar-besaran. Akuisisi oleh perusahaan asing ini tentunya merupakan fenomena unik yang patut kita pelajari karena akan dapat membawa suatu perubahan yang berdampak positif bagi Indonesia, dengan studi literature kami mencoba mengupas kasus 7 perusahaan asing asuransi yang berbondong-bondong datang untuk melakukan investasi asing besar-besaran di Indonesia pada tahun 2010 kemarin. Dari hasil penelitian ditemukan kesimpulan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut tertarik untuk melakukan akuisisi karena Indonesia masih akan dan belum menerapkan IFRS sehingga nilai akuisisi murah karena kewajiban perhitungan dengan asaa nilai wajar seperti yang ditetapkan oleh IFRS belum diberlakukan, sedangkan pada 2012, IFRS sudah akan diterapkan sehingga perusahaan asing tidak mengalamai kesulitan karena adanya kesamaan standar akuntansi di induk dan anak perusahaan. Pemerintah menyambut baik akuisisi asing dan penerapan IFRS karena selain mengembangkan usaha di Indonesia, juga dapat memaksimalkan penerimaan pajak karena di IFRS metode penyatuan kepentingan (pooling of interest) sudah dihilangkan.
Download File   Donny Susilo

Judul : Faktor-faktor yang Mempengaruhi Audit Delay (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang List di Bei). (Factors Affecting Audit Delay (Empirical Study Manufacturing Company List in Bei))
Pengarang : David Efendi, Indah Tri Utami
Abstraksi : Audit delay adalah rentang waktu penyelesaian pelaksanaan audit laporan keuangan tahunan. Penyebab audit delay adalah: Profitabilitas, Solvabilitas, Ukuran Perusahaan, Kualitas Auditor, dan Opini Auditor. Rumusan masalah penelitian: (1) Bagaimanakah pengaruh Profitabilitas terhadap Audit Delay?, (2) Bagaimanakah pengaruh Solvabilitas terhadap Audit Delay?, (3) Bagaimanakah pengaruh Ukuran Perusahaan terhadap Audit Delay?, (4) Bagaimanakah pengaruh Kualitas Auditor terhadap Audit Delay?, (5) Bagaimanakah pengaruh Opini Auditor terhadap Audit Delay? Dan (6) Bagaimanakah pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, Ukuran Perusahaan, Kualitas Auditor, dan Opini Auditor terhadap Audit Delay? Penelitian ini bertujuan membuktikan secara empiris pengaruh: (1) Profitabilitas terhadap Audit Delay, (2) Solvabilitas terhadap Audit Delay, (3) Ukuran Perusahaan terhadap Audit Delay, (4) Kualitas Auditor terhadap Audit Delay, (5) Opini Auditor terhadap Audit Delay, dan (6) Profitabilitas, Solvabilitas, Ukuran Perusahaan, Kualitas Auditor, dan Opini Auditor terhadap Audit Delay. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan Manufaktur yang list di Bursa Efek Indonesia yang mengeluarkan laporan keuangan auditan tahun 2007-2010. Teknik analisis data yang digunakan adalah: statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis regresi. Secara parsial variabel yang mempengaruhi audit delay adalah: profitabilitas, solvabilitas dan ukuran perusahaan. Analisis regresi ganda menunjukkan secara simultan variabel independen berpengaruh terhadap audit delay. penelitian selanjutnya dapat menggunakan lebih banyak variabel lain.
Download File   David Efendi, Indah Tri Utami

Judul : Analisis Pengaruh Collateral Asset, Debt to Equity Ratio, Kepemilikan Institusional, dan Investment Opportunity Set (IOS) terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. (Analysis of Effect of Collateral Assets, Debt to Equity Ratio Institutional Ownership and Investment Opportunity Set (IOS) on the Dividend Policy Registered Manufacturing Company on the Stock Exchange)
Pengarang : Intan Immanuela
Abstraksi : Tujuan Penelitian ini adalah untuk menemukan bukti empiris pengaruh dari collateral asset, debt to equity ratio, kepemilikan institusioanal,ukuran perusahaan, dan set kesempatan investasi (IOS) terhadap dividend payout ratio pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Penelitian ini menggunakan laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2008-2010. Data penelitian diperoleh dari www.idx.co.id. and Indonesian Capital Market Directory (ICMD). Penelitian ini menggunakan metoda analisis regresi berganda. Hasil penelitian adalah collateral asset, debt to equity ratio, kepemilikan institusioanal,ukuran perusahaan, dan set kesempatan investasi (IOS) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap dividend payout ratio.
Download File   Intan Immanuela

Judul : Pengaruh Budaya Organisasi, Kemampuan Individu, Gaya Kepemimpinan dan Motivasi terhadap Prestasi Kerja Pembina Tebu Rakyat Intensifikasi. (Effect of Organizational Culture, Individual Ability, Leadership Styles and Motivation Toward Achievement Working People Sugarcane Intensification of Trustees)
Pengarang : Fathorrahman, Darpujiyanto
Abstraksi : Industri gula di Indonesia saat ini sedang dalam kondisi yang memerlukan perhatian khusus, Hal ini disebabkan karena produksi gula yang dihasilkan terus mengalami penurunan. Penyebab utamanya karena kualitas dan kuantitas tebu menurun. Peran pembina tebu rakyat intensifikasi sangat penting dalam menentukan kualitas dan kuantitas produksi tebu. Penelitian ini difokuskan pada pengaruh motivasi kerja, kemampuan individu, gaya kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap prestasi kerja. Penelitian ini mengambil 100 responden pembina tebu rakyat intensifikasi. Temuan dari hasil penelitian adalah bahwa prestasi kerja karyawan sangat dipengaruhi oleh motivasi kerja dan kemampuan individu. Pengaruhnya signifikan dan mempunyai hubungan positif. Gaya kepemimpinan dan budaya organisasi berpengaruh negatif terhadap prestasi kerja karyawan. Untuk meningkatkan prestasi kerja pembina tebu rakyat intensifikasi diperlukan antara lain: 1). Meningkatkan kemampuan individu khususnya kemampuan teknik dan kemampuan manajerial, 2). Meningkatkan motivasi kerja khususnya pada peningkatan semangat kerja dan menciptakan suasana kerja yang menyenangkan, 3). Meningkatkan atau merubah gaya kepemimpinan khususnya pada sensitivitas, orientasi hubungan dan orientasi tugas agar dapat meningkatkan prestasi kerja, dan 4). Memperbaiki budaya organisasi yang terdiri dari kemitraan atau kerja sama, keterbukaan dan disiplin kerja.
Download File   Fathorrahman, Darpujiyanto

Judul : Analisis Deskriptif Faktor-faktor Pendorong Voluntary Delisting pada PT Aqua Golden Mississippi, Tbk. (Descriptive Analysis of Factors Drivers in Voluntary Delisting PT Aqua Golden Mississippi, Tbk)
Pengarang : Novi Darmayanti
Abstraksi : Pada dasarnya go publik merupakan proses untuk meningkatkan partisipasi masyarakat permanen pembentukan modal, mengklaim adanya transparansi dan pengungkapan yang wajib dilakukan oleh perusahaan. Adapun tujuan dari go publik PT Aqua Golden Mississippi, Tbk yang memperoleh modal dari masyarakat dengan menjual surat berharga pada harga mahal karena dengan membagi kepemilikan dengan masyarakat yang dilakukan terlalu besar, modal besar masih dapat diperoleh. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data diperoleh bahwa faktor yang mempengaruhi PT Aqua Golden Mississippi, Tbk misalnya faktor pertama, yang berkaitan dengan jumlah pemegang saham. Faktor kedua, berkaitan dengan persentase kepemilikan saham. Ketiga faktor, untuk berhubungan dengan kinerja perusahaan. Dilihat dari analisis rasio keuangan, diperoleh bahwa kinerja PT Aqua yang baik, karena nilai perusahaan likuiditas yang rendah, hal itu berarti perusahaan dapat membayar kewajibannya dalam jangka pendek. Faktor terakhir yang berkaitan dengan biaya, perusahaan meaning of yang bisa menghemat biaya yang harus dibayar atau ditanggung, seperti biaya pencatatan, pelaporan transaksi, hukum, dan biaya lain yang relevan.
Download File   Novi Darmayanti

Judul : Pengaruh Intensitas Pemakaian Internet terhadap Penggunaan Internet untuk Berbelanja Online yang Dimoderasi oleh Consumer Innovativeness di Surabaya. (Intensity of Internet Use Influence the Use of Internet for Shopping Online Moderated by Consumer Innovativeness in Surabaya)
Pengarang : Musriha, Gilang R.
Abstraksi : Internet saat ini merupakan sebuah media yang banyak bermanfaat bagi kehidupan masyarakat, khususnya dalam dunia informasi. Penggunaan internet di indonesia yang meningkat secara drastis selama beberapa tahun terakhir, merupakan peluang bagi perusahaan untuk memperluas pasar di dunia internet. Kesuksesan dari komersialisasi internet tergantung dari apakah pengguna internet yang sudah ada juga menggunakan media internet untuk melakukan online shopping. Oleh karena itu, Perusahaan perlu memahami karakteristik konsumen yang dapat mempengaruhi penggunaan internet secara umum menjadi penggunaan internet secara komersial (online shopping). Berdasarkan fenomena tersebut, dirumuskan dalam dua pertanyaan, Apakah internet usage mempunyai pengaruh terhadap adopsi online shopping pada pengguna di Surabaya? Apakah consumer innovativeness mempunyai pengaruh terhadap adopsi online shopping pada pengguna di Surabaya? Sampel berjumlah 150 pengguna internet di Surabaya diambil untuk mengetahui pengaruh internet usage dan consumer innovativeness terhadap adopsi online shopping melalui media internet. Dengan menggunakan teknik analisis regresi logistik, hasil penelitian menunjukkan bahwa internet usage tidak berpengaruh signifikan terhadap adopsi online shopping dan consumer innovativeness berpengaruh signifikan terhadap adopsi online shopping.
Download File   Musriha, Gilang R.