Detail Jurnal


Judul : Urgensitas Investasi, Pertumbuhan Ekonomi terhadap Potensi Ekonomi dan Peluang Investasi di Kabupaten/Kota Se-Provinsi Jawa Timur (Kasus: Sektor Pertanian, Pertambangan Gas/Minyak, dan Pariwisata)
Pengarang : Didin Fatihudin
Abstraksi : Materi yang dibahas mengenai urgensitas investasi swasta terhadap potensi ekonomi dan peluang investasi di kabupaten/kota se Provinsi Jawa Timur kasus pada sektor pertanian, pertambangan gas/minyak, pariwisata. Penelitian ini dilakukan di 38 kabupaten/kota. Metode yang digunakan analisis deskriptif dengan data sekunder. Tujuan penelitian untuk memberikan informasi kepada pemerintah daerah kabupaten/kota tentang potensi ekonomi dan peluang investasi untuk pertumbuhan ekonomi. Telah diyakini pertumbuhan ekonomi akan meningkat bila tingkat invetasi swasta maupun belanja modal pemerintah juga meningkat. Banyak faktor mempengaruhi pertumbuhan ekonomi suatu kabupaten/kota, selain investasi, juga potensi sumber daya alam, tenaga kerja, akumulasi modal dan kemampuan mengelola. Dari persetujuan investasi ke realisasi investasi membutuhkan waktu. Investasi swasta berorientasi keuntungan. Pemerintah kabupaten/kota ke sektor publik. Investor swasta menginginkan kemudahan dalam perijinan, tepat waktu, biaya jelas, suku bunga rendah, subsidi tarif pajak dan ketersediaan infrastruktur seperti jalan, listrik, air, telepon. Oleh karena itu bila pemerintah kabupaten/kota mengharapkan investor datang ke daerahnya dan pertumbuhan ekonomi meningkat, maka tugas pemerintah kabupaten/ kota di Jawa Timur adalah menyediakan infrastruktur seperti yang dikehendaki oleh para investor tersebut. Dengan pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota meningkat, maka dengan sendirinya penerimaan pajak, retribusi dan pendapatan asli daerah kabupaten/kota di Jawa Timur juga akan meningkat. Penyerapan tenaga kerja meningkat. Pendidikan dan kesehatan semakin baik. Oleh karena itu investasi swasta itu penting bagi pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi daerah.
Download File   Didin Fatihudin

Judul : Analisis Pengetahuan Akuntansi dan Kepribadian Wirausaha terhadap Kinerja Manajerial pada Perusahaan Jasa (The Effect of Accounting Knowledge and Enterpreneur Behavior to Managerial Performance)
Pengarang : Lies Ernawati
Abstraksi : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pengetahuan akuntansi dan perilaku wirausaha terhadap kinerja manajerial. Penelitian ini menggunakan perusahaan jasa di Malang. Para performan manajerial diukur dengan menggunakan pengetahuan akuntansi dan perilaku pengusaha dengan data primer yang diperoleh dari quistionares. Metode purposive sampling menggunakan sebagian masyarakat untuk bertindak sampel untuk penelitian. Para analisis data dilakukan dengan analisis uji hipotesis regresi berganda itu melalui. Hasil penelitian perilaku, akuntansi pengetahuan dan pengusaha tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial. Jika tidak, penelitian menunjukkan bahwa akuntansi pengetahuan dan perilaku pengusaha sekaligus berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial dengan interval kepercayaan 95%.
Download File   Lies Ernawati

Judul : Pengaruh Dukungan Teknologi Informasi untuk Pengelolaan Pengetahuan terhadap Berbagai Pengetahuan pada Perbankan di Jawa Timur (Influence of Information Technology Support for KnowledgeManagement toward Knowledge Sharing on Banking in East Java)
Pengarang : Theresia Purbandari,Mujilan
Abstraksi : Penelitian ini bertujuan menguji dan membuktikan secara empiris bahwa dukungan teknologi informasi untuk pengelolaan pengetahuan berpengaruh terhadap berbagai pengetahuan. Objek penelitian ini adalah bank-bank umum yang ada di Jawa Timur. Unit analisis penelitian ini adalah manajer tingkat menengah yang terbiasa menggunakan teknologi informasi dan internet untuk berkomunikasi dengan manajer lain. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS versi 17. Hasil penelitian membuktikan bahwa dukungan teknologi informasi untuk pengelolaan pengetahuan berpengaruh terhadap berbagi pengetahuan.
Download File   Theresia Purbandari,Mujilan

Judul : Kajian Customer Relationship Marketing untuk Meningkatkan Loyalitas Customer (Study of Customer RelationshipMarketing to Increase Customer Loyalty)
Pengarang : Sandy Kurniajati
Abstraksi : Untuk mempertahankan pelanggan, rumah sakit perlu mempertahankan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan. Upaya untuk membuat pelanggan setia dapat dilakukan dengan metode CRM. Masalah dalam penelitian ini adalah loyalitas pelanggan rendah pada pasien rawat jalan Rumah Sakit Baptis Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merumuskan rekomendasi untuk menjadi pelanggan setia berencana untuk mengubah metode CRMdi Rumah Sakit Baptis Kediri Rawat Jalan. Desain penelitian adalah deskriptif. Jumlah responden adalah 97 responden. Sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Hasilnya ditemukan pada isu-isu strategis dari pelanggan setia adalah staf kurang bersahabat, informasi yang jelas, kualitas pelayanan yang baik, dan mahal. Selain itu, isu-isu strategis pada pelanggan yang tidak setia adalah petugas kurang ramah, informasi yang tidak jelas, waktu pelayanan yang lama, dan biaya mahal. Nilai Rumah Sakit Baptis di Kediri adalah keramahan, keluarga, informasi dari setiap tahap, mengeluarkan pasien dengan kesan yang mendalam, serta subsidi untuk pelanggan tidak mampu. Berdasarkan studi oleh peneliti disusun berdasarkan keunggulan layanan, program informasi dengan aktivitas pelanggan suara, layanan sistem antrian dengan menggunakan blok Sistem, Informasi Local Area Network, dan harga paket obat.
Download File   Sandy Kurniajati

Judul : Kajian Customer Relationship Management dan Customer Relationship Marketing untuk Meningkatkan Utilisasi Rawat Inap (Customer Relationship Management Assesment and Customer Relationship Marketing to Improve Inpatient Utilisation)
Pengarang : AriesWahyuningsih
Abstraksi : Customer RelationshipManagement mendukung perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan secara real time dan membangun hubungan dengan setiap pelanggan melalui penggunaan informasi pelanggan. Pelanggan Relationship Marketing adalah sebuah proses untuk mengelola informasi rinci tentang pelanggan individu dan semua titik pelanggan untuk mengelola informasi rinci dari setiap pelanggan. Desain penelitian ini adalah observasional dengan melakukan riset pasar. Responden adalah 60 pasien dan 15 karyawan Obstetri dan Ginekologi Ward di Kediri Rumah Sakit Baptis. Studi Manajemen Hubungan Pelanggan dan Pemasaran Customer Relationship dilakukan setelah hasil penelitian pasar diperoleh. Studi Customer Relationship Management meliputi tahap Acquire, Meningkatkan dan Mempertahankan sedangkan studi Pemasaran Customer Relationship termasuk tahapan Mengidentifikasi, Bedakan, Interact dan Customize. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki pengetahuan kurang tentang promosi Kediri Rumah Sakit Baptis dan persepsi tentang biaya mahal. Mereka juga merasa tidak puas terhadap fasilitas ruang tunggu dan prosedur administrasi. Rekomendasi yang diperoleh dari FGD dengan pihak manajemen tentang Customer Relationship Management dan Pemasaran Hubungan Pelanggan dengan pasien. Yang termasuk beberapa hal seperti: meningkatkan kompetensi sumber daya manusia, suatu hari perawatan tenaga kerja layanan, customer gathering.
Download File   AriesWahyuningsih

Judul : AnalisisDampak PerdaganganBebas dan Global pada Bergesernya Nilai Budaya, Prinsip dan Tujuan Koperasi (Analysis Impact of Free Trade and the Shifting Global Cultural Values, Principles and Objectives of Cooperative)
Pengarang : Ikhsan Rochmadi
Abstraksi : Usaha simpan pinjam merupakan salah satu usaha yang telah berakar dan dikenal secara luas oleh anggota koperasi dan masyarakat di Indonesia. Usaha ini adalah salah satu usaha lembaga keuangan non bank yang menghimpun dana dan menyalurkannya dari dan untuk anggota, calon anggota, koperasi lain dan anggotanya. tujuan koperasi adalah untuk mensejahterakan anggota apapun bentuk koperasinya karena dasar hukum yang dipakai adalah budaya gotong royong dan senasib sepenanggungan, dengan tidak meninggalkan prinsip dasar koperasi serta syarat yang harus dipenuhi. Berbagai persoalan yang berkembang mengenai keberadaan koperasi terutama koperasi simpan pinjam berkaitan dengan nilai budaya, prinsip dan azas yang dirasakan mulai bergeser bukan lagi koperasi sebagai soko gurunya ekonomi bangsa, bukan lagi koperasi sebagai organisasi masa kumpulan orang dan bukan lagi koperasi yang bertujuan mensejahterakan anggotanya. Fenomena yang terjadi adalah saat ini masih banyak ditemukan koperasi "hitam" yang beroperasi di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur yang sangat meresahkan masyarakat. Globalisasi ekonomi memberikan dampak yang kurang baik terhadap perkembangan dunia perkoperasian di Indonesia dan terjadi pergeseran prinsip,azas dan tujuan koperasi pergeseran ini terlihat dari tahun ketahun mengalami peningkatan pergeseran,Tahun 2009 sebesar 34,24%; Tahun 2010 sebesar 43,83 dan Tahun 2011 sebesar 44,74%.
Download File   Ikhsan Rochmadi

Judul : Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Permintaan Tenaga Listrik Konsumen Sektor Sosial PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (Analysis of Dependent Variabel for Demend Electricity of Social Sector PT Perusahaan Listrik Negara)
Pengarang : Aminullah Assagaf
Abstraksi : Peneilitian ini adalah menyangkut analisis permintaan listrik dan difokuskan pada sektor sosial dalam lingkungan PT. PLN Sebagai variabel tidak bebas atau dipengaruhi adalah permintaan listrik atau diukur dengan satuan KwH terjual, dan sebagai variabel bebas atau berpengaruh terdiri dari daya terpasang, tarif rata-rata dan tingkat penggunaan kapasitas per konsumen. Langkah pelaksanaan penelitian dan proses perhitungan yaitu mengunakan program SPSS dan jenis data yang digunakan adalah time series tahun 1995 sampai dengan 2007. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa tarif rata-rata dan tingkat penggunaan kapasitas berpengaruh positif, dan daya terpasang berpengaruh negative. Variabel tingkat penggunaan kapasitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap permintaan listrik sektor sosial tetapi daya terpasang dan tarif rata-rata memiliki pengaruh yang tidak segnifikan terhadap permintaan listrik sektor sosial. Manajemen PT. PLN telah memiliki kajian pertumbuhan terhadap variabel eksplanotari untuk mengambil keputusan terkait keseimbangan permintaan dan penawaran tenaga listrik yang dapat memuaskan konsumen.
Download File   Aminullah Assagaf