Detail Jurnal


Judul : Pengaruh Pelayanan Prima terhadap Kepuasan Masyarakat Sejalan dengan Pemberian Penghargaan ISO 9001/2000 pada Dinas Perijinan Kota Malang (Prime Service Effects to Public Satisfaction in Accordance ISO 9001/2000 Award for Malang Licensy Office)
Pengarang : Sri Andriani
Abstraksi : Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris Pengaruh Pelayanan Prima terhadap Kepuasan Masyarakat sejalan dengan Pemberian penghargaan ISO 9001/2000 Pada Dinas perijinan Kota Malang. Data dikumpulkan dari 315 Responden masyarakat kota malang yang memanfaatkan pelayanan pada dinas perijinan Kota Malang, sedangkan data yang dapat dianalisa sebanyak 270 responden dengan menggunakan metode pengambilan sampel stratified random sampling. hipotesis dianalisis dengan menggunakan alat analisis multiple regression. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan dan pengaruh yang signifikan baik secara parsial ataupun secara bersama-sama pelayanan prima yang diberikan pegawai dinas perijinan Kota Malang yang diukur dengan Keandalan (Reliability), Ketanggapan (Responsivenes), Keyakinan (Assurance),Empati (Emphaty), Berwujud (Tangible) terhadap kepuasan masyarakat Kota Malang sejalan diberikannya penghargaan ISO 9001/2000 pada Kantor Dinas Perijinan Kota Malang
Download File   Sri Andriani

Judul : Model Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Ekonomi Lokal (Studi pada UKM Pengrajin di Kota Malang) (Public Emprovement Model Through Local Economic Development Craftman UKM Study at Malang City)
Pengarang : Syarif Hidayatullah, Thomas Djaka SBW
Abstraksi : Penelitian dilaksanakan di 5 kecamatan Kota Malang selama bulan April 2009 sampai pertengahan Juli 2009 dan dalam penelitian ini di khususkan pada UKM pengrajin sebagai responden. Penelitian ini dilakukan dengan teknik analisis Analisis deskriptif, dengan variabel penelitian antara lain profil usaha, tingkat keberhasilan serta karakteristik pemilik UMKM khususnya pengrajin di Kota Malang, adapun sampel penelitian ini berjumlah 40 responden. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa secara ekonomi UKM memiliki kontribusi yang nyata bagi ekonomi keluarga dan hal ini tidak berarti UKM berjalan mulus, berbagai permasalahan juga banyak di hadapi oleh UKM dalam menjalankan usahanya. Beragamnya permasalahan UKM secara eksternal tidak terlepas dari berbagai masalah yang sedang melilit perekonomian kita secara makro dan masih lemahnya komitmen pemerintah daerah dalam pengembangan UKM. Selama ini program pengembangan UKM yang sebatas program, tanpa keberlanjutan yang nantinya dapat membantu kemandirian UKM tersebut.
Download File   Syarif Hidayatullah, Thomas Djaka SBW

Judul : Mekanisme Good Corporate Governance, Konservatisme Akuntansi dan Kinerja Perusahaan (Good Corporate Governance Mechanism, Accounting Conservatism, and Corporate Performance)
Pengarang : Yustrida Bernawati, Leli Asfianti
Abstraksi : Krisis perbankan di Indonesia yang dimulai akhir tahun 1997 bukan semata-mata diakibatkan oleh krisis ekonomi, tetapi juga diakibatkan oleh belum dilaksakannya good corporate governance dan etika yang melandasinya. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan tujuan untuk menguji pengaruh mekanisme good corporate governance terhadap konservatisme akuntansi dan kinerja perusahaan. Sampel sebanyak 21 perusahaan perbankan selama periode 2006–2009. Data sekunder diuji menggunakan regresi berganda dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme good corporate governance tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap konservatisme akuntansi, mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan. Tidak ditemukan pengaruh tidak langsung mekanisme good corporate governance melalui konservatisme akuntansi terhadap kinerja perusahaan.
Download File   Yustrida Bernawati, Leli Asfianti

Judul : Mekanisme Good Corporate Governance, Konservatisme Akuntansi dan Kinerja Perusahaan (Good Corporate Governance Mechanism, Accounting Conservatism, and Corporate Performance)
Pengarang : Yustrida Bernawati, Leli Asfianti
Abstraksi : Krisis perbankan di Indonesia yang dimulai akhir tahun 1997 bukan semata-mata diakibatkan oleh krisis ekonomi, tetapi juga diakibatkan oleh belum dilaksakannya good corporate governance dan etika yang melandasinya. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan tujuan untuk menguji pengaruh mekanisme good corporate governance terhadap konservatisme akuntansi dan kinerja perusahaan. Sampel sebanyak 21 perusahaan perbankan selama periode 2006–2009. Data sekunder diuji menggunakan regresi berganda dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme good corporate governance tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap konservatisme akuntansi, mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan. Tidak ditemukan pengaruh tidak langsung mekanisme good corporate governance melalui konservatisme akuntansi terhadap kinerja perusahaan.
Download File   Yustrida Bernawati, Leli Asfianti

Judul : Pengaruh Perilaku Pembelian Hedonic dan Ultilitarian terhadap Store loyalty di Matahari Department Store Surabaya (The Influence of Hedonic and Ultilitarian Buying Behavior on Store Loyalty of Matahari Department Store in Surabaya)
Pengarang : Hj. Musriha
Abstraksi : Studi ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Perilaku pembelian Hedonic dan Ultilitarian terhadap Store loyalty di Matahari Department Store Surabaya. Studi ini menggunakan variabel bebas yaitu Perilaku pembelian Hedonic dan Ultilitarian serta variabel terikat Store loyalty konsumen. Studi ini termasuk dalam jenis penelitian survei yang digunakan untuk maksud penjelasan atau confirmatory, atau disebut juga penelitian untuk pengujian hipotesis yaitu untuk menjelaskan pengaruh antarvariabel atau hubungan kausal antarvariabel melalui pengujian hipotesis. Data diperoleh melalui penyebaran dan pengumpulan kembali kuesioner dan kemudian dianalisis dengan menggunakan model analisis regresi logistik. Dari pembahasan dan pengujian pengaruh perilaku pembelian Hedonic dan Ultilitarian terhadap Store loyalty di Matahari Department Store Surabaya, ternyata perilaku pembelian hedonic memberikan pengaruh yang signifikan terhadap store loyalty konsumen Matahari Departemen store di Surabaya. Perilaku pembelian utilitarian berpengaruh tidak signifikan terhadap store loyalty konsumen Matahari Departemen Store di Surabaya.
Download File   Hj. Musriha

Judul : Analisis Kontribusi Penerimaan Retribusi Pasar terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Pamekasan” (Retribution Revenue Contribution Analysis of Market Revenue (PAD) at Pamekasan District Revenue Office)
Pengarang : R. Agoes Kamaroellah
Abstraksi : Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskripsi pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Pamekasan dengan judul “Analisis Kontribusi Penerimaan Retribusi Pasar terhadap Pendapatan Asli Daerah pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Pamekasan”. Menganalisis penerimaan retribusi terhadap efektivitas pendapatan daerah yang diterapkan pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Pamekasan dengan berpedoman pada Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 dan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2000 tentang Retribusi Pasar. Tahap-tahap analisis yang digunakan oleh penulis dalam penelitian adalah: (1) mengidentifikasi aktivitas-aktivitas penerimaan retribusi pasar. (2) analisis efektivitas (3) analisis pertumbuhan (4) analisis kontribusi. Hasil penelitian pada dinas pendapatan daerah kabupaten Pamekasan menunjukkan (1) aktivitas-aktivitas penerimaan retribusi pasar pada dinas pendapatan daerah kabupaten pamekasan sudah cukup efektif (2) kontribusi retribusi pasar terhadap pendapatan daerah dari tahun 2002 sampai tahun 2006 mengalami peningkatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah aktivitas-aktivitas penerimaan retribusi pasar pada dinas pendapatan daerah kabupaten Pamekasan sudah cukup efektif.
Download File   R. Agoes Kamaroellah

Judul : Analisis Efisiensi Perdagangan Komoditas Kedelai Edamame di Kabupaten Jember (Edamame Soybean Trade Commodity Efficiency Analysis in Jember Province)
Pengarang : Didik Pudjo Musmedi
Abstraksi : Penelitian ini bertujuan untuk menentukan: (a) pola administrasi institusi dan bisnis/pemasaran komoditas kedelai edamame dalam rangka meningkatkan ekspor non-migas, dan (b) struktur pasar komoditas kedelai edamame karena nilai tukar berkurang. Berdasarkan analisis diperoleh hasil sebagai berikut: (a) Biaya hanya 45,33 persen dari petani, di mana keuntungan petani sebesar 31,18 persen dari harga FOB. Mengurangi Kedelai Edamame akuisisi petani karena ketidakstabilan nilai tukar rupiah terhadap dolar, serta pengaruh perubahan iklim global menyebabkan penurunan kualitas kedelai Edamame, (b) memperoleh margin keuntungan terbesar profit margin 34,69 persen eksportir dengan dari harga FOB dan pedagang mendapatkan manfaat Rasio biaya terbesar, yaitu sebesar 10,54, dan (c) Kedelai Edamame sebagian besar diekspor, sehingga dengan penurunan nilai tukar rupiah menyebabkan harga kedelai Edamame meningkat. Harga kedelai edamame secara nominal rata-rata meningkat hampir 100 persen. Pada tahun 2007 rata-rata per kg Rp.9000, sampai dengan Rp.16.500, pada tahun 2006. Petani kedelai edamame ‘pendapatan, menggunakan rata-rata produktivitas petani pendapatan pada tahun 2006 sebesar Rp.11.070.000, - dan pada tahun 2007 pendapatan petani sebesar Rp.18.810.000, - Untuk mengembangkan usahatani kedelai edamame dan melihat peran besar terhadap perekonomian kedelai edamame Kabupaten Jember, perlu untuk meningkatkan produktivitas kedelai Edamame dengan pinjaman, untuk mengelola pertanian yang lebih intensif dan kebutuhan untuk konseling, terutama dalam meningkatkan produktivitas kedelai edamame.
Download File   Didik Pudjo Musmedi