Detail Jurnal


Judul : Pengaruh Faktor-Faktor Keuangan terhadap Kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuangan Berbasis Sak Etap pada Koperasi Wanita Kota Malang
Pengarang : Ema Sulisnaningrum, Bambang Hadi Prabowo
Abstraksi : Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh faktor-faktor keuangan yang terdiri dari Debt to total assets, Current Ratio, ukuran koperasi, Net Profit Margin, Status Koperasi dan umur perusahaan secara simultan maupun partial terhadap tingkat kelengkapan pengungkapan laporan keuangan berbasis Standar Akuntansi Keuangan (SAK) Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (ETAP) pada Koperasi Wanita Kota Malang, serta mencari yang paling dominan mempengaruhi. Hasil penelitian, Faktor-faktor Keuangan yang terdiri dari Debt to total assets, Current Ratio, ukuran Koperasi, Net Profit Margin, dan umur koperasi secara simultan berpengaruh positif terhadap tingkat kelengkapan pengungkapan laporan keuangan berbasis Standar Akuntansi Keuangan (SAK) Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (ETAP) pada Koperasi Wanita Kota Malang. Secara partial yang berpengaruh Debt to total assets dan umur Koperasi, untuk Current Ratio, ukuran Koperasi, Net Profit Margin, tidak berpengaruh. Debt to total assets merupakan variabel paling dominan. Dengan nilai koefsien yang paling tinggi yaitu sebesar 0,154.
Download File   Ema Sulisnaningrum, Bambang Hadi Prabowo

Judul : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Dividend Payout Ratio
Pengarang : Novi Darmayanti, Siti Nur Kusniawati
Abstraksi : Dividend Payout Ratio merupakan persentase besarnya dividen yang akan dibayarkankan perusahaan dari total laba yang diperoleh perusahaan kepada pemegang saham. Para pemegang saham yang menanamkan modalnya bertujuan untuk memperoleh pendapatan atau keuntungan. Bagi pihak perusahaan harus dapat mengambil suatu keputusan atau kebijakan dalam membayar dividen kepada pemegang saham atau menahannya untuk diinvestasikan kembali. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh ROE,CR dan DER terhadap DPR pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI dari tahun 2010–2014. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksplanatori dengan teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling. Sebanyak 16 perusahaan manufaktur yang digunakan sebagai sampel perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Data uji yang digunakan adalah uji normalitas, uji (t), uji (f), dan koefisien determinasi. Bedasarkan hasil pengujian yang dilakukan dapat diketahui bahwa: ROE berpengaruh positif terhadap DPR, CR tidak berpengaruh terhadap DPR, DER berpengaruh negatif terhadap DPR.
Download File   Novi Darmayanti, Siti Nur Kusniawati

Judul : Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa & Inovasi Meningkatkan Kepuasan Konsumen dan Kinerja Pemasaran pada Daya Tarik Wisata Jatim Park II Kota Batu
Pengarang : Eva Desembrianita, Setyawan Sukim Adianto
Abstraksi : Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh strategi bauran pemasaran jasa dan Inovasi terhadap kepuasan konsumen dan Kinerja Pemasaran Jatim Park II Kota Batu. Populasi penelitian seluruh konsumen wisata yang mengunjungi Jatim Park II di Kota Batu, sampel penelitian menggunakan simple random sampling sejumlah 98 responden. Uji analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) PLS ver 3.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model penelitian dapat diterima dengan goodness of fit, yaitu Rē variabel kepuasan konsumen 26,4% , Kinerja Pemasaran 44,92%, validitas konvergen > 0,70; validitas diskriminan nilai cross loading mengindikasikan valid; Composite reliability > 0,8; AVE > 0,5; √ AVE > 0,5, Cronbachs Alpha > 0,6. Hasil uji hipotesis menjelaskan bahwa: 1) Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Kepuasan Konsumen positif dan signifikan. 2) Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kinera Pemasaran dengan mediasi Kepuasan Konsumen signifikan. 3) Pengaruh Inovasi Terhadap Kepuasan Konsumen signifikan. 4) Pengaruh Inovasi Terhadap Kinerja Pemasaran dengan mediasi kepuasan Konsumen signifikan dan 5) Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Kinerja Pemasaran signifikan. Secara umum kesimpulan dari hasil pengujian model yang diterapkan pada Jatim Park II di Kota Batu menunjukkan bahwa kepuasan konsumen dapat dicapai melalui bauran pemasaran jasa dan inovasi, kepuasan konsumen yang dihasilkan perusahaan dapat meningkatkan kinerja pemasaran.
Download File   Eva Desembrianita, Setyawan Sukim Adianto

Judul : Kecerdasan Emosional dan Kesehatan Kerja Dampaknya terhadap Kinerja Karyawan
Pengarang : Dinda Fatmah
Abstraksi : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional dan kesehatan kerja baik secara parsial maupun simultan terhadap kinerja karyawan. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah karyawan CV. Percetakan Fajar Mojokerto, dengan populasi sebanyak 80 karyawan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data digunakan analisis regresi dengan bantuan program SPSS 16 For Windows. Berdasarkan hasil analisis regresi, diketahui bahwa kecerdasan emosional dan kesehatan kerja berpengaruh secara parsial terhadap kinerja karyawan. Dan diketahui juga bahwa kecerdasan emosional dan kesehatan kerja berpengaruh secara simultan terhadap kinerja karyawan. Kecerdasan emosional memiliki pengaruh dominan terhadap kinerja karyawan. Sehubungan hal ini maka, kepada pihak perusahaan perlu memberikan tambahan pelatihan pengembangan diri khususnya untuk kecerdasan emosional dan tetap memelihara kesehatan kerja karyawan guna meningkatkan kinerja karyawan dan membangun produktivitas kerja yang baik, dan untuk peneliti mendatang agar bisa menambah variable selain variable yang diteliti dalam penelitian ini sehingga hasil penelitian selanjutnya bisa menyempurnakan penelitian ini dalam rangka meningkatkan kinerja karyawan.
Download File   Dinda Fatmah

Judul : Analisis Kelayakan Usaha Kerajinan Daur Ulang Limbah Sampah Bahan Kaca di Kota Malang
Pengarang : Rudy Setiawan, Purnomo
Abstraksi : Penduduk kota Malang pada tahun 2016 mencapai sekitar Tiga juta jiwa. Terkait juga pertambahan penduduk dan pola konsumsi masyarakat di kota Malang telah menghasilkan sampah anorganik dan organik dari aktivitas mereka sebesar 350 ton per hari. Besarnya volume sampah tersebut tiap hari menjadi masalah yang serius.S ementara di sejumlah sarana prasarana penampung sampah tersebut sudah melebihi kapasitas. Studi kelayakan usaha diperlukan untuk melihat sebuah gambaran mengenai layak atau tidaklayaknya suatu usaha yang akan dijalankan, Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah usaha Industri Kecil Menengah (IKM) kerajinan daur ulang sampah bahan kaca kota Malang layak untuk dijalankan atau tidak. Penelitian ini menggunakan data primer, yaitu hasil survei dan wawancara. Analisis kelayakan usaha dilakukan dengan pendekatan NPV (net present value), IRR (internal rate of return) dan payback periods. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa usaha kerajinan daur ulang sampah bahan kaca di kota Malang adalah feasible (layak), baik dari sisi NPV, IRR, maupun payback periods.
Download File   Rudy Setiawan, Purnomo

Judul : Sistem Penganggaran Pelaksanaan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Swasta di Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto (Study tentang Sistem Penganggaran di Madrasah Ibtidaiyah Irsyadul Ummah)
Pengarang : Imam Baidlowi
Abstraksi : Fokus penelitian ini adalah pada sistem penganggaran pelaksanaan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta yang ada pada Madrasah Ibtidaiyah “Irsyadudul Ummah” Desa Balongsari Kecamatan Gedeg. Permasalahan penelitian ini adalah mengidentifikasikan adanya sistem penganggaran pelaksanaan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta, mengingat adanya ketentuan dari Pemerintah bahwa dilembaga pendidikan tingkat dasar tidak menarik Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP). Tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui apakah terjadi perubahan Sistem penganggaran Madrasah Ibtidaiyah Swasta “Irsyadul Ummah” setelah Keputusan Pementah Republik Indonesia adanya ketetapan tentang biaya pelaksanaan pendidikan dasar di tanggung oleh pemerintah. Kedua untuk mengetahui apakah terjadi perubahan anggaran pelaksanaan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Ibtidaiyah “Irsyadul Ummah” Kabupaten Mojokerto.. Ketiga untuk mengetahui apakah terjadi perubahan Kwaliatas lulusan dari para siswa/siswi Madrasah Ibtidaiyah “Irsyadul Ummah” Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sitem penganggaran sekolah telah berubah teriring dengan adanya Bantuan Operasinal Sekolah (BOS) dari Pemerintah. Akibatnya, banyak terjadi perubahan bagi penganggaran yang diikuti oleh tata perubahan pertanggung jawaban anggaran Madrasah. Kalau sebelum adanya BOS dan, semua anggaran pembiayaan pendidikan Madrasah Ibtidaiyah “Irsyadul Ummah” berasal dari Sumbangan Pelaksanaan Pendidikan (SPP) dan sumbangan lain serta dari Pengurus Madrasah (Yayasan), yang pertanggungjawabannya tidak begitu ketat. Dengan adanya BOS Tunjungan Profesi Pendidik (TPP) maka harus meningkatkan sistem kinerja yang profesional agar Madrasah dan para guru mendapatkan BOS dan TPP. Dari kondisi tersebut secara langsung telah mempengaruhi pelaksanaan pendidikan
Download File   Imam Baidlowi

Judul : Smart Mangrove, IbM Pantai Timur Surabaya untuk Mendukung Konservasi Mangrove
Pengarang : Sri Hariani Eko Wulandari, Bambang Hariadi
Abstraksi : Kegiatan Pengabdian Bagi Masyarakat ini bertujuan untuk membantu Kelompok Tani Bintang Timur dan Mangrove Information Center sebagai sukarelawan Mangrove untuk membangun kesadaran masyarakat akan pelestarian alam. Solusinya adalah melalui aplikasi SMART MANGROVE sehingga menjadi satu media elektronik yang berisi kumpulan materi, yang dapat dipelajari berulang kali setelah sampai di rumah. Metode yang akan digunakan untuk membantu kelompok tani mangrove dalam mengedukasi masyarakat: (1) Memberi Pelatihan yang akan diberikan meliputi Pelatihan pengetahuan dasar komputer, Pelatihan dasar-dasar Teknologi Informasi, Pengenalan internet, Pelatihan Aplikasi Smart Mangrove mangrove (2) Pelibatan mitra dalam kegiatan untuk menjaga sustainability program untuk tetap melakukan konservasi mangrove dengan melibatkan peran partisipatif masyarakat. Edukasi dilakukan melalui paket aplikasi SMART Mangrove merupakan media edukasi dan informasi mulai dari kerusakan mangrove yang telah terjadi, dampak kerusakan, dan upaya penyelamatannya. Tahapan kegiatan adalah a) melakukan observasi pendahuluan ke Ekowisata Mangrove di Pamurbaya, untuk mengetahui macam informasi yang akan disampaikan di Aplikasi Pembelajaran SMART MANGROVE, b) Identifikasi Masalah melalui studi pustaka dan studi lapangan untuk menunjang pembuatan aplikasi, c) Pengumpulan data yang berhubungan, seperti kondisi real Pamurbaya, kerusakan yang terjadi, kebutuhan ideal pantai, kebutuhan pelestarian alam dan lain-lain, d) Menganalisis dan mendesain aplikasi SMART MANGROVE. Luarannya adalah Aplikasi SMART Mangrove sebagai media untuk mendukung pemahaman pentingnya konservasi mangrove, Pelatihan TIK: Modul pelatihan TIK, Pelatihan Operasionalisasi CD Pembelajaran, Artikel ilmiah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang akan dimasukkan dalam jurnal ilmiah.
Download File   Sri Hariani Eko Wulandari, Bambang Hariadi