Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi
Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII


Penghargaan Anugerah Academic Leader Award

02 October, 2019

Academic Leader Award 2019

Academic Leader Award merupakan ajang apresiasi yang diberikan kepada rektor dan dosen yang sepanjang karirnya telah menghasilkan karya inovasi bidang pembelajaran, bidang penelitian dan publikasi ilmiah serta inovasi dalam bidang sains dan teknologi secara nasional dan internasional yang sangat bermanfaat bagi pembangunan nasional.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VII, Prof. Dr. Ir. Suprapto, DEA meraih penghargaan Anugerah Academic Leader Award pada kategori dosen dengan tugas tambahan sebagai Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Tahun 2019. 

Penghargaan tersebut memang pantas didapatkan oleh Prof. Dr. Ir. Suprapto, DEA selaku dosen Fakultas Teknik Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Walaupun saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VII tetapi secara konsisten bersama teman-teman kolega sejawatnya tetap aktif melakukan penelitian dan publikasi khusunya bidang akademik. Hal ini dibuktikan dengan jumlah penelitian yang didanai, publikasi internasional, serta indeks dan jumlah citasi.

Beberapa inovasi yang telah dilakukan sebagai dosen diantaranya yakni memberikan kontribusi berupa penghematan biaya produksi dalam industri karena inovasi teknologi absorbsi CO2 dapat menaikkan efisiensi kerja pabrik. Kemudian inovasi teknologi pembuatan Katalis Padat Berpromotor Ganda CaO/KI/O-Alumina yang digunakan untuk menghasilkan biodiesel.

Dalam perannya sebagai kepala LLDIKTI Wilayah 7, Prof. Dr. Ir. Suprapto selama masa jabatannya, telah melakukan beberapa inovasi. Beberapa diantaranya yakni Pusat Informasi Layanan Terpadu, Laman Website, Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi, Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) LLDIKTI Wilayah 7. Selain itu, juga berhasil menaikan prestasi dalam peningkatan PTS di Jawa Timur. Sebagai contoh yakni jumlah profesor diwilayah kerja naik dari 109 menjadi 148. Jumlah Doktor naik dari 1.144 menjadi 2.136, dan dibidang penelitian naik dari 666 menjadi 1.550. Disisi lain jumlah perguruan tinggi yang terakreditasi naik signifikan dari 133 menjadi 230. Sedangkan perguruan tinggi yang terdaftar dengan akreditasi turun dari 197 menjadi 89.

Adapun berikut daftar kategori penghargaan yang diberikan pada Malam Puncak Anugerah Academic Leader Award 2019:

1.Kategori Dosen sebagai Academic Leader

a. Dosen sebagai Academic Leader Bidang Kependidikan, dimenangkan oleh Prof. Dr. Didi Suryadi, M.Ed. dari  UPI dan yang menjadi runner up yakni Dr. Siti Irene Astuti D, M.Si dari UNY

b. Dosen sebagai Academic Leader Bidang Sosial Humaniora, dimenangkan oleh Mahfud Sholihin, Prof., M.Acc., Ph.D dari UGM dan yang menjadi runner up yakni Prof. Tirta Nugraha Mursitama, S.Sos., M.M., Ph.D. dari Binus University.

c. Dosen sebagai Academic Leader Bidang Seni Budaya, dimenangkan oleh Juju Masunah, M.Hum.,Ph.D. dari UPI dan yang menjadi runner up yakni Prof. Dr. Djatmika, M.A. dari UNS.

d. Dosen sebagai Academic Leader Bidang Sains, dimenangkan oleh Prof.Dr.Eng. Khairurrijal M.Si. dari ITB dan yang menjadi runner up yakni Prof. Dr. Drs.Darminto M.Sc dari ITS.

e. Dosen sebagai Academic Leader Bidang Teknologi, dimenangkan oleh Prof.Dr. Slamet Budijanto dari IPB dan yang menjadi runner up yakni Prof. Arief Budiman, D.Eng dari UGM.

f. Dosen sebagai Academic Leader Bidang Kemaritiman, yang dimenangkan oleh Prof. Dr. Ketut Buda Artana, S.T., M.Sc. dari ITS dan yang menjadi runner up yakni Prof. Dr. Muchlisin Z.A, S.Pi, M.Sc dari Unsyiah.

g. Dosen sebagai Academic Leader Bidang Pertanian, dimenangkan oleh Prof. Dr. Ir. Siti Subandiyah, M.Agr.Sc. dari UGM dan yang menjadi runner up yakni Prof. Dr. Enos Tangke Arung dari Unmul.

h. Dosen sebagai Academic Leader Bidang Kesehatan, dimenangkan oleh Prof.Dr. Daryono Hadi Tj. Apt., M.Sc.Eng. dari ITB dan yang menjadi runner up yakni Prof. Dr. Cita Rosita Sigit Prakoeswo dr.,Sp.KK(K),FINSDV dari Unair.

2. Kategori Dosen dengan Tugas Tambahan sebagai Pemimpin Perguruan Tinggi

a. Dosen dengan Tugas Tambahan Rektor PTN-BH, dimenangkan oleh Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng. dari UGM dan finalis Kedua yakni Dr. Arif Satria dari IPB.

b. Dosen dengan Tugas Tambahan Rektor PTN BLU, dimenangkan oleh Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc., DEA dari Unsrat dan finalis Kedua yakni Prof. Drs. H. Ganefri, M.Pd., Ph.D. dari UNP.

c. Dosen dengan Tugas Tambahan Rektor PTS, dimenangkan oleh Prof. Dr . Ir. Agustinus Purna Irawan, S.T., M.T. dari Untar dan finalis Kedua yakni Prof.Dr.H. Edi Setiadi,SH.,MH. Dari Unisba.

3. Kategori Pemimpin Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL-Dikti), dimenangkan oleh Dr. Ir Suprapto, DEA dari LL-Dikti Wilayah 7 Jawa Timur dan finalis Kedua yakni Dr. Ir. Illah Sailah, M.S dari LL-Dikti Wilayah 3 DKI Jakarta. Dengan bobot penilaian 60% dibidang akademik dan 40% penilaian sebagai Kepala LLDIKTI Wilayah 7.

 

Malam puncak Anugerah Academic Leader Award 2019 yang diadakan pada 1 Oktober 2019 di Hotel Harris Vertue Jakarta, Dirjen Sumber Daya Iptek Dikti, Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc., Ph.D menyatakan bahwa malam penganugerahan ini menjadi momentum istimewa. Sebab, hari pelaksanaannya bertepatan dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila. “Semoga yang kita kerjakan selalu sejalan dengan sila-sila yang ada di Pancasila,” imbuhnya.

Dia menyebut, banyak pihak memprediksi Indonesia akan menjadi negara paling hebat di bidang ekonomi dalam beberapa tahun mendatang. Namun, menurutnya semua itu tergantung pada SDM yang dimiliki Indonesia.

“Dan produksi SDM paling menentukan perguruan tinggi. Karena itu peran penting Academic Leader, adalah seorang dosen yang memiliki tugas tambahan yaitu memimpin perguruan tinggi. Harus inspiring, excellent dan bisa membawa gerbong inovasi perbaikan,” tandasnya.

 

 

Pengumuman

**Pengambilan Sertifikat Pendidik Peserta Sertifikasi Dosen Tahun 2019

*Pengambilan Sertifikat Pendidik Peserta Sertifikasi Dosen Tahun 2019

Sosialisasi Repositori Ilmiah Nasional

Materi Workshop Sidoarjo

Undangan Workshop Penilaian Capaian Kinerja dan Sasaran Kinerja Pegawai bagi Dosen Dpk di Lingkungan LLDIKTI VII Tahun 2019 (Angkatan II)

Penyampaian SK Pemutihan Tugas/Izin Belajar Dosen PNS Dpk di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VII

Monitoring dan Evaluasi Implementasi Permenristekdikti Nomor 42 Tahun 2016 tentang Tingkat Kesiapterapan Teknologi dan Permenristekdikti Nomor 9 Tahun 2018 tentang Akreditasi Jurnal Ilmiah

Berita

Workshop dan Verifikasi Data Kelembagaan menggunakan Aplikasi Online LLDIKTI Wilayah VII (19-10-2019)

Sabtu, (19/10/19) Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII melaksanakan Workshop dan Verifikasi Data Kelembagaan menggunakan Aplikasi Online di Lin…

Baca Selengkapnya

Penghargaan Anugerah Academic Leader Award (02-10-2019)

Academic Leader Award 2019

Academic Leader Award merupakan ajang apresiasi yang diberikan kepada rektor dan dosen yang sepanjang karirnya telah menghasilk…

Baca Selengkapnya